Siti Sriyatun

Lahir dan menetap di Rembang, 14 September 1973. Alumni S1 IKIP Negeri Semarang Jurusan Pendidikan Matematika tahun 1997dan S2 Universitas Negeri Semarang (UNNE...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengambil Gambar Layar dengan Faststone Capture

Mengambil Gambar Layar dengan Faststone Capture

#TantanganGurusiana (Hari ke 231)

Untuk keperluan pekerjaan misalnya membuat Powerpoint sebagai sarana presentasi, biasanya kita mengambil gambar kemudian ditempel di Powerpoint tersebut. Hal itu dilakukan untuk lebih mengefektifkan dalam bekerja. Tanpa banyak waktu kita bisa menampilkan gambar hasil yang kita inginkan.

Pengambilan gambar biasanya dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan dari komputer. Fasilitas itu adalah Snipping dan Printscreen (PrtSc) yanga da di keyboard. Snipping digunakan untuk mengambil gambar sesuai keinginan kita dari layar komputer. Prtsc digunakan untuk mengambil semua gambar dari layar komputer.

Ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mengambil gambar layar dengan mempunyai kelebihan. Aplikasi tersebut adalah Faststone Capture. Aplikasi ini hanya memiliki 3,5 MB, jadi sangat kecil sekali. Untuk mendownload aplikasi ini tidak memerlukan waktu yang lama. Setelah mendownload aplikasi ini bisa dilanjut dengan menginstallnya.

Setelah terinstal kemudian aplikasi tersebut bisa diklik. Selanjutnya akan muncul fitur-fitur yang ada pada aplikasi tersebut yang merupakan kelebihannya. Ada 7 fitur untuk mengambil gambar. Ketujuh fitur tersebut disimbolkan dengan gambar yang berbeda-beda. Bisa dilihat pada gambar.

1. Capture Active Window (Alt+PrtSc)

Fitur ini digunakan untuk mengambil semua gambar yang ada di layar termasuk menu-menu yang ada di layar.

2. Capture Window/Object (Shift + PrtSc)

Fitur ini digunakan untuk mengambil semua gambar yang ada di layar kecuali menu-menu yang ada di layar

3. Capture Rectanguler Region (Ctrl +PrtSc)

Fitur ini digunakan untuk mengambil sebagian gambar sesuai yang diinginkan.

4. Capture Freehand Region (Ctrl + Shift + PrtSc0

Fitur ini digunakan untuk mengambil sebagian gambar yang berbentuk bebas sesuai yang diinginkan.

5. Capture Full Screen (PrtSc)

Fitur ini sama saja dengan fitur nomor 1

6. Capture Scrolling Window (Ctrl + Alt + PrtSc)

Fitur ini digunakan untuk mengambil gambar yang melebihi layar. Kita dapat mengambil gambar dengan menarik layar ke bawah atau ke atas sehingga semua bisa terambil.

7. Capture Fixed-Size Region (Ctrl + Shift + Alt + PrtSc)

Fitur ini digunakan untuk mengambil sebagian gambar dengan ukuran gambar yang sudah ditentukan.

Demikian 7 cara mengambil gambar sesuai keinginan kita dengan menggunakan aplikasi Faststone capture. Sebenarnya 7 fitur tersebut bisa dilakukan tanpa aplikasi ini, yaitu dengan menggunakan PrtSc dan menu lainnya. Namun tidak mudah untuk mengingat rangkaian dari beberapa menu tersebut. Dengan aplikasi ini kita tinggal memilih fitur-fitur tersebut tanpa harus ada menu yang lain.

Kelebihan aplikasi ini, dari gambar yang diambil kita bisa langsung mengeditnya. Misalnya memberi tambahan tulisan, gambar, garis, atau object lain. Selain itu juga bisa mengubah warna sesuai yang diinginkan. Selamat mencobaaa

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih ilmunya, Bu. Sangat bermanfaat. Salam sukses selalu.

28 Feb
Balas

Sama2 ibu. Salam sukses juga

28 Feb

Terima kasih infonya, Bu. Sangat bermanfaat. Salam sukses.

28 Feb
Balas

Sama2 ibu. Salam sukses juga

28 Feb

Kemarin baru dengar sekilas-sekilas ttg aplikasi ini. Besok saya diajari ya Bu.Mantap

27 Feb
Balas

ok

27 Feb

Salam literasi, mantap tulisannya buk

26 Feb
Balas

Salam literasi, terima kasih pak

26 Feb



search

New Post