Siti Sriyatun

Lahir dan menetap di Rembang, 14 September 1973. Alumni S1 IKIP Negeri Semarang Jurusan Pendidikan Matematika tahun 1997dan S2 Universitas Negeri Semarang (UNNE...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rekam Layar (Video) dengan Faststone Capture 9.4

Rekam Layar (Video) dengan Faststone Capture 9.4

#TantanganGurusiana (Hari ke 232)

Untuk keperluan pembelajaran daring, guru akan memerlukan sarana yang dapat memerjelas keterangan yang diberikan pada siswa. Salah satunya yaitu dengan membuat video. Misalnya guru akan merekam apa yang sudah dikerjakan, yaitu pembelajaran dengan Powerpoint.  Rekaman tersebut dapat diberikan kepada siswa untuk dipelajari. Hal itu dilakukan untuk lebih mengefektifkan dalam bekerja. Tanpa banyak waktu kita bisa menampilkan rekaman hasil yang kita inginkan.

Pengambilan rekaman layar biasanya dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan dari komputer. Fasilitas itu adalah record pada Powerpoint untuk Windows 10 dan seterusnya. Untuk Windows di bawahnya memerlukan aplikasi.

Ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mengambil rekam layar dengan mempunyai kelebihan. Aplikasi tersebut adalah Faststone Capture. Aplikasi ini hanya memiliki 3,5 MB, jadi sangat kecil sekali. Untuk mendownload aplikasi ini tidak memerlukan waktu yang lama. Setelah mendownload aplikasi ini bisa dilanjut dengan menginstallnya.

Setelah terinstal kemudian aplikasi tersebut bisa diklik. Selanjutnya akan muncul fitur-fitur yang ada pada aplikasi tersebut yang merupakan kelebihannya. Ada 7  fitur  untuk mengambil gambar dan 1 fitur untuk merekan layar. Untuk merekam layar tinggal diklik Screen Recorder. Setelah diklik langkah selanjutnya adalh

1.       Setting,

Ada 5 pilihan untuk wilayah yang akan direkam, yaitu window/object, rectangular region, fixed-size region, full screen without taskbar, full screen. Bisa memilih rectangular region jika menginginkan daerah yang terekam tidak semua yang ada di layar, hanya sebagian. Jika semua yang di layar dengan tanpa taskbar berarti memilih full screen without taskbar.

2.       Record audio

Ada 3 pilihan yaitu microphone, speaker (what you hear), dan microphone + speakers. Silakan dipilih sesuai yang dikehendaki. Jika menginginkan suara yang di luar dan di dalam komputer bisa terekam berarti bisa memilih microphone + speakers. Namun jika hanya menginginkan suara yang di luar berarti memilih microphone. Sebaliknya jika hanya suara yang ada di dalam komputer berarti memilih speakers.

3.       Klik record

Pra atau kesiapan untuk merekam, muncul rekapan kualitas video dan audio.

4.       Klik start

Memulai untuk merekam. Ada kendalinya yaitu bar yang berwarna kuning. Ada waktu yang menunjukkan selama rekaman. Juga ada tombol stop.

5.       Klik stop

klik stop jika dirasa sudah selesai untuk merekam. Muncul resume, save, dan discard. Resume jika ingin melanjutkan merekam. Save untuk menyimpan, video akan tersimpan di document dan berjenis windows media video. Setelah disimpan, video langsung bisa dilihat. Jika  diklik discard maka rekaman akan hilang.

Berikut contoh rekaman layar dengan Faststone Capture dapat dilihat pada link ini. 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post