Siti Suharni Simamora

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berbuat Baik Bermanfaat bagi Kesehatan

Berbuat Baik Bermanfaat bagi Kesehatan

Hidup bertetangga ataupun berkeluarga terkadang terjadi perselisihan dan saling iri, sehingga membuat seseorang bersikap tidak baik atau buruk sehingga berpengaruh dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Sikap kurang baik, secara tidak sadar akan memengaruhi hidup kita terutama psikis yang akhirnya berdampak buruk terhadap kesehatan.

Sebuah survei menyebutkan bahwa, perilaku sederhana ini ternyata tidak hanya bisa membantu orang lain, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan, yaitu dari masalah psikis hingga fisik termasuk kesehatan kardiovaskular dan sistem saraf.

Survei yang dilansir laman All Womens Talk menyebutkan bahwa, para relawan yang bekerja membantu orang lain, hidupnya lebih sederhana dan santai.

Beberapa alasan mengapa melakukan kebaikan adalah baik untuk kesehatan

1. Kesehatan emosional yang baik

Banyak penelitian menunjukkan bahwa, kebaikan membuat kita merasa lebih bahagia karena otak menghasikan dopamin, yaitu zat kimia yang berhubungan dengan pikiran positif. Setiap Anda melakukan perbuatan baik, Anda akan merasa baik, karena tubuh akan menghasilkan endorfin, yaitu zat kimia seperti morfin yang diproduksi sendiri oleh tubuh.

Endorfin memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, atau bahagia. Hormon diproduksi oleh sistem saraf pusat dan kelenjar hipofisis.

2. Kesehatan jantung terjaga

Tubuh akan memproduksi oksitoksin saat Anda berbuat baik atau melakukan kebaikan. Oksitoksin dikenal juga sebagai hormon cinta karena lonjakan terjadi ketika kita merasa jatuh cinta atau menyintai. Oksitosin bisa juga dikatakan sebagai hormon pelindung kardio atau sistem peredaran darah.

Kondisi tersebut juga menyebabkan pelepasan zat kimia yang disebut nitric oxide, yaitu zat kimia yang berfungsi melebarkan pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah dan peredaran darah lancar.

3. Membuat panjang umur

Banyak studi ilmiah yang menunjukkan fakta bahwa orang-orang yang baik, altruistic, dan penuh kasih, hidupnya lebih sehat dan lebih lama, serta menikmati kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

22 Juni 2021

#Tagur, 365-430 Hari

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi

22 Jun
Balas



search

New Post