Hamidah Ummu Alwan

Assalamua'alaikum teman-teman... Menoreh asa bergabung di gurusiana, agar dapat memberi dan menerima informasi untuk memperkaya pengetahuan, mengembangkan pote...

Selengkapnya
Navigasi Web
TOT Pendongkrak Semangat Menulis

TOT Pendongkrak Semangat Menulis

Mendongkrak semangat menulis, nyata tertancap dihati yang gersang. Gersang tanpa siraman motivasi mengembangkan potensi. Hadirnya IGI suatu organisasi guru yang terbungkus dalam Ikatan Guru Indonesia nampak sekali pengayoman yang ada didalamnya. Terbingkai flatform Sharing and Growing together yang sangat sarat makna dan bijaksana. Bagaimana tidak TOT kedua Trainer of Trainer Sagusaku dan Menemu Baling dengan tema “Guru Ingin Jadi Penulis Buku” adalah salah satu komitmen IGI yang terus meningkatkan kualitas guru Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan di Samarinda ini, tepatnya di SMK Negeri 17 berlangsung selama dua hari dari tanggal 12 sampai 13 Mei. Sangat mengugah selera para peserta TOT karena dua kanal sagusaku dan menemu baling menjadi satu.

Dihari pertama yang dibuka oleh Bapak Ir. H. Sigit Sigalayan,MP sebagai ketua IGI wilayah Kalimantan Timur, Acara di pandu oleh Bapak Suparno sebagai Pelatih Nasional Metode Menemu Baling juga merangkap master of ceremony. Dengan semangat memperkenalkan para coach yang akan membimbing kami selama dua hari. Yaitu Bapak Joko Wahyono, M.Pd . Beliau adalah penulis best seller dan pelatih nasional. Trainer kedua yaitu Ibu Masdiana Masdik master coach TK dan PAUD, Pelatih Nasional Sagusata dan Sagusaku. Ketiga Bapak Suparno Ghopar sebagai menemu baling. Dilengkapi pengantar oleh ibu Dwisari Harumingtyas ketua IGI Samarinda juga sebagai nyonya rumah. Keramahan beliau menambah kehangatan bagi kami yang baru bersemuka.

Peserta TOT dan Menemu Baling kali ini berjumlah 11 orang. Empat orang dari Kutai Kertanegara, Dua orang dari Kutai Timur . Lima orang selebihnya dari Samarinda. Walau jumlah kami tak banyak namun semangat 45 menyelimuti hati-hati kami untuk mengikuti kegiatan hingga selesai. Kegiatan berlangsung dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Nyonya rumah karena beliau seorang wanita maka kami menyebutnya nyonya rumah. Beliau menyediakan kudapan yang dibuat sendiri dari kantin sehat SMKN 17. Tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan, disediakan masih hangat-hangat. Terasa segarnya...

Tiba saatnya sesosok guru hebat pembawaan tenang memberikan jurus ampuh menulis buku best seller dan tips-tips rahasia cara membuat artikel yang menarik. Seperti judul buku best seller beliau yang berjudul “Jurus A.M.P.U.H Merebut Hati Murid”. Bapak Joko Wahyono mempunyai cara berbeda saat menulis. Dengan menerapkan menulis dengan hati, akan mudah mengalir dan menyentuh hati pembaca. Sebagaimana saat beliau merangkai kalimat pesan dalam buku yang saat ini menjadi best seller. Beliau mengatakan “ justru saat saya mencoba menulis sesuai kaidah malah sepi pembaca”. “Jadi apapun yang ingin ditulis ditulis saja, jangan difikirkan dulu tata bahasa dan ejaan”. “Jika hanya berpatokan pada cara itu maka tulisan tidak akan selesai”. Di tengah paparan, beliau memberikan pemanasan mengajak otak berfikir dengan memberikan pertanyaan “ Apa arti menulis?”, “Apakah menulis itu sulit?” Masing-masing peserta sibuk dengan cell phone, tab dan juga laptop yang sedari tadi siap untuk diajak menulis.

Kemudian beliau memberikan kami tips beberapa langkah mudah, cepat dan terbukti suskses menulis buku;

1) Menentukan Tema Tulisan

2) Menemukan Sumber Ide dan Gagasan Menulis

3) Memancing Pembaca dengan Judul yang Memesona

4) Mengoptimasi Tulisan dengan Ilustrasi Gambar

5) Menulis Cepat dengan Metode KILAT

6) Mempercantik Tulisan Anda

7) Rahasia Sukses Buku Best Seller

Penjelasan yang sangat tajam serta jelas membuat kami menganggukkan kepala tanda mengerti dan langsung ingin menulis. Akhir pertemuan pertama ini, kami diberi tugas untuk membuat artikel dengan menentukan tema tulisan sesuai minat dan keahlian masing-masing. Alhamdulillah secara tidak langsung, kami sudah memiliki satu tulisan artikel dengan judul yang memesona:

Ø 5 Jurus Jitu Memikat Hati Siswa by Yessi Helina

Ø Jurus Jitu Menyelamatkan Koran Dari Kiamat by Siti Maryam

Ø Siap menang Siap Kalah by Isnaini Fidhiatil Ulla

Ø Emak-Emak Berbisnis Puluhan Juta Sambil Berdaster by Ari Cahyani

Ø TERBUKTI! 9 Cara Jitu Menghindari PELAKOR by Sitti Hamidah

Ø Trik Sukses Bisnis Online by Inawati

Ø Tak Semanis Parasmu, Siti! By Setiyati

Ø Ibu Jangan Paksa Aku by Dwi Yeni

Ø Ngidam Sehat Bayi Sehat Ibu Selamat by Ernik

“Keren-kerenkan judulnya?” Kalau kita sendiri senang dengan judul, InshaAllah menuliskannya pun bisa lebih mudah. Jadi berawal dari yang dekat, mudah dan menyenangkan.

Hari kedua kami dikenalkan cara menulis yang berbeda. Menulis dengan mulut membaca dengan telinga. Yup, ini adalah sebuah aplikasi yang ditemukan oleh Bapak Mampuono. Pada kegiatan ini kami dibantu oleh Bapak Suparno Ghopar. Beliau adalah pelatih nasional Menemu Baling. Saat ini kami diperkenalkan dan dilatih cara menggunakannya. Berawal dari mendownload di playstore serta mensetting aplikasi pendukung. Semua jenis android bisa menggunakan aplikasi tersebut tapi disarankan lebih baik lagi jika menggunakan tab A8 dan A10.

Aplikasi ini sangat membantu seseorang yang ingin menulis tapi kesulitan mengatur waktu. Apalagi kalau harus duduk tegang depan laptop, ada sebagian orang mengatakan ini hal membosankan. Cocok juga seseorang yang suka berbicara sendiri namun susah menuliskannya. Nah, aplikasi ini sangat membantu masalah-masalah tersebut. Cukup dengan apa yang sedang kita bicarakan maka aplikasi itu langsung menuliskannya. “Hebat Kan?”. Jadi tidak menunggu waktu khusus untuk menuliskan ide-ide, artikel bahkan buku yang akan kita tulis.

Bukan hanya secara otomatis menulis apa yang kita katakan, namun aplikasi ini juga bisa membacakan hasil tulisan kita untuk mengoreksi atau mengedit tulisan yang dituliskan tadi. Hebatnya lagi berbagai bahasa dapat kita pilih, Bahasa Inggris, Jepang , Korea, Bahasa Arab dan masih banyak lagi pilihan bahasa yang bisa disetting untuk dibacakan tulisan atau artikel pada menemu baling yang berbentuk PDF. Alhamdulillah sangat membantu.

Selesai praktek menggunakan menemu baling, sesi terakhir dipandu Master coach PAUD Nasional, Pelatih Nasional Sagusata dan Sagusaku. Ibu Masdiana Masdik, bunda Diana panggilan kesayangannya. Dan saya memiliki panggilan tersendiri buat bunda yaitu kecil-kecil semut. Perawakan imut, energik dan produktifias. Dalam waktu dua bulan bisa melahirkan empat buku. “Wah hebat kan?”. Terbesit dihati “bagaimana beliau membidaninya?”

Kelas dibuka dengan bertanya “Apakah menulis itu sulit?”, sebagian menjawab ” ya” yang lain no comment. Paparan yang singkat beliau yaitu mendongkrak semangat menulis dengan slogan yang dipilih dari kata hati, hingga mengena dihati. Tercatat di otak kananku kalimat beliau “menulis dengan ikhlas untuk amal shaleh dan amal jariah. Pas sekali buat kami pemula yang penuh konsep dari “menulis itu sulit” dengan membuka mind set positif menjadi “menulis itu mudah”.

Paparan singkat sarat makna tak salah jika disebut master coach apalagi sudah membuat diriku mewek mengharu biru diiringi suara syahdu Hadad Alwi tembang lawasnya. Katanya hypnotherapy tetapi sayang saya tak menuntasknnya. Tak apalah yang penting beliau sudah membuatku lega melepas ego dan bekerja ikhlas. Berasa lega plong..plong..plong.. Terimakasih Bunda...

Inti paparan singkat beliau adalah membuka mind set para guru bahwa menulis itu mudah.

Sampailah pada simpulan.Kegiatan ini sangat membantu kami para guru pemula untuk menulis dengan bimbingan para guru hebat sebagai trainer. Ada yang membuka mind set positif, ada yang memberikan jurus jitu dan rahasia menulis buku best seller ditambah lagi dibantu dengan menemu baling menulis dengan mulut membaca dengan telinga. Super sekali!

Terimakasih kepada IGI yang sudah mengadakan kegiatan TOT Sagusaku dan Menemu Baling dan memberikan kami kesempatan untuk ikut andil didalamnya. Hingga mendongkrak semangat menulis kami yang mulai tertidur pulas. Semoga secepatnya kami bisa membidani dan melahirkan buku-buku best seller. Aamiin...

BY Sitti Hamidah ( SMK NEGERI 4 Samarinda )

Peserta TOT Sagusaku & Menemu Baling kedua

Kalimantan Timur

Silakan dishare untuk berbagi informasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap jiwa...

21 May
Balas

Jiwa mantap Jiwa senang Jiwa tenang Yang akan menghadirkan rasa ikhlas didalam hati disaat mengungkapkan isi hati... :)

21 May
Balas



search

New Post