Sitti Rahma

Lahir di Bone, 19 Nopember 1974, Tamat SMA thun 1993 di iSMA Neg 2 Watampone, kemudian melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri, UNHA...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru...Bijaklah Bijaklah gunakan Aplikasi (......Bag 2)

Guru...Bijaklah Bijaklah gunakan Aplikasi (......Bag 2)

Guru, Bijaklah Gunakan Aplikasi

Beragam aplikasi yang diluncurkan oleh provider dapat di gunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh, seolah saling berebutan mengambil hati bagi penggunanya. Masing-masing dengan deskripsi kelebihannya. Guru hendaklah bijak untuk memilih. Ada hal yang perlu kita ingat dalam menggunakan aplikasi yang tujuannya untuk membelajarkan siswa dengan jarak jauh. Pertama, perlu mengidentifikasi siswa terutama latar belakang keluarganya, kemampuan ekonominya. Apalah artinya aplikasi yang terbaru, terbaik, ter update, namun siswa tidak mampu menggapaianya. Kemampuan perangkat Hp nya yang tidak memungkinkan untuk di jangkau siswa, akan menyisakan kepedihan yang tidak pernah kita tau. Dari satu sisi , siswa ingin belajar jarak jauh, namun apa daya perangkat yang tak mampu di gapainya. Perlu kita empati dalam situasi seperti ini, kalau mengharuskan penggunaan aplikasi yg terupdate dengan alasan simple, lengkap, perlu memberi ruang tersendiri bagi siswa yang kurang mampu, misalkan, mengelompokkan siswa yg kurang mampu untuk memberi pelayanan dengan perangkat yang mudah mereka jangkau dengan waktu yang berbeda. Akan tetapi hal ini menimbulkan pula dilema bagi guru, terutama meluangkan waktu untuk mereka. Artinya kita siapkan waktu dan energy yang ekstra, bahkan bentuk pengadministrasian lagi yang di buat mungkin saja berbeda.

Perlu kita pahami, dalam diri guru, selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswanya, kendalanya sekarang dalam pembelajaran jarak jauh, ketika ingin membelajarkan siswa dengan menggunakan aplikasi yang mampu kita terjadi interaksi,namun disisi lain,sebahagian siswa mampu penggunaannya karena kemampuan memory hp siswa tidak terjangkau . Ibarat buah malakama. Apalah artinya ketika aplikasi yang kita gunakan tidak mampu mencapai spec dari perangkat siswa, justru tujuan pembelajaran yang kita harapkan jauh darui target pencapaian.

# MarikiMenulis

# SatuHariSatuTulisan

#Tantangan Hari Ke-3

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju, Bu. Sesuaikan dengan kondisi siswa saja.

03 Aug
Balas

iyye pak... kita mesti empati dengan kondisi siswa pak

03 Aug

Kenapa tebal semua

02 Aug
Balas

thanks bunda..kritikanx.. syvtdk perhatikan di laptopku

02 Aug

Kuncinya memang agar tidak memberatkan siswa. Target kurikulum yang penting materi esensialnya saja, tak perlu muluk-muluk. Salam literasi, sukses selalu.

02 Aug
Balas

Trimakasih hadirnya pak. salam literasi

02 Aug



search

New Post