Sitti Rahma

Lahir di Bone, 19 Nopember 1974, Tamat SMA thun 1993 di iSMA Neg 2 Watampone, kemudian melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri, UNHA...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wali Kelas untuk Peserta Didik Baru

Wali Kelas untuk Peserta Didik Baru

Mengawali aktivitas pembelajaran jarak jauh, tentu kesibukan kita padat. Seperti biasa rutinitas mempersiapkan administrasi guru, yang menjadi keperluan dasar dalam mengajar misalnya absensi, daftar nilai, Media yang pas dengan kondisi dan yang lainnya. Sebagai guru mata pelajaran yang sekaligus wali kelas peserta didik baru tentu banyak menyita waktu memperhatikan mereka. Bagaimana tidak, Masih terasa sulit beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sistem yang baru terlebih lagi metode belajar jarak jauh. Wali kelas menyiapkan segalanya apa yang diperlukan termasuk grup kelas untuk setiap maple. Memastikan semua mata pelajaran beserta gurunya terbentuk gruopnya. Ini hal paling urgen saat ini, karena segala aktivitas yang terkait pembelajaran dikomunikasikan dalam grup maple masing-masing. Apabila siswa sudah cukup bagus pengalaman mengelola grup mata pelajaran, wali kelas cukup memantau siapa- siapa lagi yang belum masuk. Bagaimana menghubungi orang tua atau keluarganya. Apabila siswa yang belum mahir membuat dan share link grup setiap mapel, maka walikelas harus lincah ambil alih agar tsemua bisa berjalan lancer. Diharapkan setiap gurup ata pelajaran mmSegela aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik baru cukup menyita waktu dan energi juga. Barangkali orang luar sana menganggap mudah dan santai karena semua bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah. Secara fisik mungkin betul, tapi secara non fisik sangat beban juga. Terkadang sudah diarahkan untuk komunikasi di grup saja apabila ada yang ingin di tanyakan, eehh malah lebih banyak gunakan chat pribadi. Tak kebayang cukup separuh saja harus melayani chatnya, bisa duduk berjam-jam depan laptop atau bercermin dilayar HP sampai pandangan jadi kabur rasanya. Hampir setiap menit tak pernh sepi dering notifikasi di HPku . Cek n ricek , bisa di pastikan daripeserta didik baru atau orang tuanya yng ikut berperan dalam membantu keperluan anak-anaknya. Mulai mempertanyayakan pakaian seragam, atribut, asesoris, dan lain-lainnya. Kesemuanya itu sudah dijelaskan dalam materi MPLS. Masih saja di pertanyakan. Bingung??..Pusing?? Pasti . Sebagai wali kelas harus tetap memberi pelayanan prima. Itulah fungsinya sebagai jembatan komunikasi antara orang tua siswa dan pihak sekolah.

Ini pengalaman unik dan menarik saat ini, yang tak pernah kita rasakan sebelumnya, tapi harus diakui, mampu meningkatkan keterampilan IT baik siswa maupun guru. Kreativitas guru terus di tingkatkan dalam memberi pelayanan pembelajaran siswa.

# MarikiMenulis

# SatuHariSatuTulisan

#Tantangan Hari Ke-5

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat menjalani aktivitas menjadi wali kelas, semoga Allah SWT memberikan kemudahan. Sudah saya follow ya Bu...

21 Jul
Balas

Alhamdulillah... trimkadoh mampirnya di gubukku. kehadiran ta memotivasiku

21 Jul



search

New Post