Siwi Andrayani

(Literasi Goresan Qolbu) Santri wati PONPES BAROKAH DARURROHMAN Mahasiswa STAIHAS ( sekolah tinggi agama islam haji agus salim ) Pengajar di MI I...

Selengkapnya
Navigasi Web
BISMILLAH

BISMILLAH

by : siwi andrayani

kata bismillah memang kalimat yang sangat sederhana namun Masi banyak di antara kita yang selalu lupa untuk mengucapkan bismillah ketika memulai melakukan sesuatu yang baik.

Tentu saja ketika kita melakukan kebaikan tanpa di awali dengan bismillah itu kurang sempurna .

Di pagi hari Minggu yang sangat ku nantikan ini, karena setelah satu pekan harus bulak balik untuk mengajar serta di barengi dengan di laksanakan nya UTS di daring di kampus ku ,

sebelum melakukan kegiatan yang lain , di mulai dengan solat subuh berjamaah dan setelah itu langsung mengikuti pengajian yang di pimpin langsung oleh pemimpin atau pengasuh pesantren .

Pengajian kali ini membahas tentang hukum-hukum bacaan basmalah dalam solat .

HUKUM-HUKUM BASMALLAH

Apakah bismillah itu bagian dari Alquran dan fatiha

Ada 5 ,

4 dalil nakli ke 5 dalil akal atau rasio .

Imam Malik,imam Hanafi, dalam kitab rowaiul bayan.

*. Hukum ke 2 apa hukum membaca basmalah di dalam solat .

Ada beberapa pendapat yang berbeda dari para ahli ilmu fiqih di dalam masalah membaca basmalah di dalam solat , atas beberapa pendapat

1.Pendapat imam Syafi'i

Orangyang solat wajib membaca basmalah ,saat solat Zahar membaca dengan keras ,saat solat sir atau lirih maka membaca basmalah dengan lirih atau dengan perlahan .

.2.pendapat imam Malik :

-Melarang membaca basmalah di dalam solat wajib ,baik itu solat Zahar maupun solat sir .

- tidak membaca basmalah di awal Fatihah

- basmalah tidak di baca pada surat lain selain Fatihah .

- membolehkan baca basmalah pada solat Sunnah .

3. Pendapat imam abu Hanifah :

Orang yang solat membaca basmalah dengan di baca sir (lirih atau pelan ) . Ketika membaca surat Al Fatihah pada setiap rakaat solat dan di anggap baik jika membaca basmalah pada setiap surat .

4. Pendapat imam Ahmad bin Hambal :

Bismillah di baca sir ( lirih atau pelan ) dan tidak di Sunnah kan di baca Zahar atau keras yaitu pada basmallah .

Penyebab perbedaan pendapat adalah perbedaan pendapat tentang basmallah di dalam solat adalah yaitu perbedaan mereka terhadapat.Apakah bismillah itu awal dari fatiha atau awal dari setiap surat .Sehingga muncul nya perbedaan pendapat fatiha nya surat pendek nya pada setiap rakaat solat .

Itu semua ilmu yang aku dapatkan di pagi hari ini , mudah-mudahan bisa menambah ke khazanah ke ilmu kita semua .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post