Slamet Yuliono

Belajar menuju jati diri yang dewasa...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Merawat Buku (2)
https://www.google.com/search?q=gambar+merawat+buku....

Tips Merawat Buku (2)

Tips Merawat Buku (2)

Oleh : Slamet Yuliono *)

DENGAN buku jelajahi dunia, sebagai bukti bahwa peran buku sebagai sumber utama ilmu sangat penting. Dan masih banyak ungkapan yang mengagungkan buku, seperti: “Kenalkan Buku Pada Anak Sejak Dini Karena pada Diri Anak Buku Merangsang Anak untuk Maju”; “Ucapkan Selamat dan Ungkapan Rasa Duka dengan Buku”. Bahkan, buku bisa dikatagorikan sebagai salah satu sumber utama pengembangan pemahaman dan penalaran manusia menuju pada bangsa yang beradab.

Begitu besar dan pentingnya (kharismatiknya) benda bernama buku, meskipun kini sudah banyak perangkat (alat) canggih berupa kepingan-kepingan CD atau yang sejenisnya sebagai pengganti buku, dan tinggal membuka komputer untuk mempelajarinya. Ternyata fungsi buku masih belum tergantikan, oleh berbagai alat tercanggih sekalipun. Terutama bila dilihat dari sifat kemadiriannya.

Dengan buku orang tidak harus menyediakan berbagai sarana pendamping, misalnya listrik, baterei maupun komputer. Cukup dengan diselipkan dalam tas, saku atau kantong, kita bisa bawa buku itu kemana kita mau, dan bisa dibuka dimana saja kita kehendaki. Seperti yang diungkapkan Soepena Ps (Buletin Pusat Perbukuan Nomor 03 1997, halaman 31): ... Dengan buku orang dapat merasakan lebih tenang dalam bekerja, karena setiap saat selalu dapat menyimak apa yang ingin dicarinya pada barang yang dapat diselipkan dalam tas atau bahkan di kantong .....”.

Karena itu, bagi Anda (kita) kolektor, pustakawan dan kutu buku, kadang sering di buat pusing dan jengkel bila kondisi dan keberadaan buku-buku koleksi pribadi, buku-buku penting layak baca di perpustakaan, maupun beragam buku keluarga yang kita miliki rusak hanya perkara sepele. Misalnya, sering kali dan mudah menjadi kumal, robek, dan lalu tidak utuh lagi, karena berbagai faktor alam lainnya.

Apalagi bila dihubungkan dengan kondisi saat ini, harga buku-buku baru dengan bahan yang berkualitas baik lumayan mahal. Bahkan yang lebih memprihatinkan, buku-buku tertentu (lama) itu kini susah memperolehnya kembali di toko buku. Kalaupun ada, harganya sudah berkali lipat dibanding harga sebelumnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul, Pak Guru. Bingung juga menjaga buku-buku yang sudah lama banget tapi isinya ruarrr biasa. Terus menyimak niki Pak. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

10 Jan
Balas

Aamiin ....

10 Jan



search

New Post