Soedarmini, S.Pd

SOEDARMINI KEPALA SDN RINGINKIDUL KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Perlunya Bimbingan Konseling di Sekolah

Jumat, 14 Januari 2022

TAGUR - 365 ( 14 )

Bimbingan konseling merupakan layanan pemberian bantuan yang dilakukan konselor kepada seorang klien, agar klien dapat memahami dirinya sendiri, membuat keputusan, memahami potensi dirinya yang dimiliki, mengetahui bagamaina mengembangkan potensi dirinya dan memiliki sifat tanggung jawab atas perbuatan yang diambilnya sendiri. Di sini yang bertindak sebagai konselor adalah guru kelas dan kliennya peserta didik karena di SD tidak ada khusus guru BK. Bimbingan konseling di SD diperlukan untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah dan mengembangkan potensinya. Selain itu bimbingan konseling juga akan membantu guru kelas dalam memberikan bimbingan dan pelayanan tentang kesulitan belajar dan permasalahan pribadi dan social. Agar siswa sekolah dasar mendapat layanan bimbingan dan konseling lebih maksimal maka perlu perhatian khusus agar siswa dapat mencapai prestasi belajar dan segenap potensi yang dimiliki siswa dapat berkembang secara optimal tanpa mengalami hambatan dan permasalahan yang cukup berarti.

Fungsi bimbingan konseling dalam pendidikan sekolah dasar, diantaranya : fungsi pemahaman, fungsi penyaluran, dan fungsi preventif. Pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar mengacu pada perkembangan siswa SD yang beradaptasi dengan lingkungan yang lebih luas dan belajar bersosialisasi dengan mengenal berbagai aturan, nilai, dan norma-norma.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren banget ulasannya Buk

29 Jan
Balas

Keren Bun. Salam literasi, sukses selalu.

14 Jan
Balas

MaasyaAllah. Betul sekali bunda. Salam sukses selalu.

29 Jan
Balas

Aamiin ,terima kasih supportnya, salam literasi

14 Jan
Balas



search

New Post