Soendari

Seorang ibu rumah tangga yang merangkap sebagai guru sebuah madrasah aliyah negeri di kabupaten Blitar. Alhamdulillah telah dikaruniai empat orang anak yang sho...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kantong Sedekah
Foto koleksi pribadi

Kantong Sedekah

Kantong Sedekah

Oleh: Soendari

Kebiasaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Kebiasaan bersedekah salah satu kebiasaan yang baik pula. Sedekah mengandung arti memberi sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerima. Bersedekah tidak harus dengan uang, berupa makanan, minuman atau apa saja yang pantas diberikan.

Sesuai dengan bunyi Surat Ali 'Imron ayat 17 yang mengatakan orang yang menginfaqkan hartanya dan memohon ampunan sebelum fajar. Nah, alangkah mulianya orang-orang yang bersedekah di waktu sebelum fajar. Saya memaknai sebelum fajar sebagai waktu subuh, maka selesai melaksanakan salat Subuh kita bisa melakukan sedekah sambil memohon ampun dan menuangkan hajat berupa keinginan. Doa minta kesehatan, rejeki, anak sholeh sholehah, dan sebagainya.

Melatih bersedekah di waktu Subuh memang membutuhkan kemauan dan kebiasaan. Saya menyiasatinya dengan membunyikan alarm (bunyi:sedekah) agar tidak terlupakan karena setelah Subuh banyak aktivitas yang harus dikerjakan. Setelah beberapa hari, kebiasaan bersedekah Subuh menjadi terbiasa. Walaupun sedekah itu hanya berupa uang receh yang dimasukkan dalam kantong ataupun kotak sedekah yang penting istiqomah. Setelah sebulan, sedekah receh dikumpulkan kepada pihak yang bertugas untuk disedekahkan kepada pihak yang berhak mendapatkan sedekah.

Semoga kebiasaan baik ini bisa istiqomah dan membawa berkah, amin.

Blitar, 23 Januari 2021 Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

23 Jan
Balas

Terima kasih bapak salam

23 Jan

Cerita yang bagus,semoga kita dapat mengikuti kebiasaan baik ini,bersedekah sesuai kemampuan. Sukses dan salam kenal

23 Jan
Balas

Insya Allah bunda, terima kasih, salam

23 Jan

Sangat inspiratif. Keren, Bu. Salam sukses selalu.

24 Jan
Balas

Semoga bisa istiqomah.

23 Jan
Balas

Semoga bisa istiqomah, terima kasih salam

23 Jan
Balas

Keren Bun.. terimakasih sudah mengingatkan kembali. Saya memang sering lupa Bun.. sukses selalu Bun.. terima kasih SKSSnya Bun..

24 Jan
Balas

Saling mengingatkan bunda, sama

24 Jan

Keren bunda, Sangat menginspirasi. Salam sukses selalu.

24 Jan
Balas

Terima kadih, alhamdulillah, salam

24 Jan

Inspiratif sekali Bu, keren sukses selalu ya bu

24 Jan
Balas

Alhamdulillah terima kasih bunda

24 Jan

Aamiin...setuju bunda...kebiasaan yang baik menghasilkan hal yang baik..keren bunda.. salam kenal.. sukses selalu

23 Jan
Balas

Alhamfulillah, terima kasih salam

23 Jan

Masya Allah sangat bermanfaat dan menginspirasi sekali.... terima kasih ilmunya bu

23 Jan
Balas

Alhamdulillah, terima kadih semoga barokah.

23 Jan

Amazing Bun cerita yang inspiratif salam literasi

23 Jan
Balas

Alhamdulillah, terima kasih, salam

23 Jan



search

New Post