Sofiawati .M. Si

Nama Sofiawati yang lahir dari keluarga biasa saja, tetapi bercita - cita jadi orang yang sukses walaupun banyak rintangannya dan memerlukan perjuangan yang men...

Selengkapnya
Navigasi Web
Panti Jompo

Panti Jompo

Sofiawati

Tagur 142

Panti Jompo

@@@

Oangtua adalah surga bagi anak-anaknya, apapun akan dilakukan oleh orangtua demi kebahagiaan dan kesuksesan anak-anaknya. Tidak jarang kita dengar bagaimana seorang ibu maupun ayah rela mengerjakan apa saja asalkan anak mereka dapat menikmati pendidikan dengan sukses seperti anak lainnya. Mulai dari pekerjaan yang mudah hingga pekerjaan yang sulit, semua itu dilakukan orangtua tanpa berkeluh kesah.

Apapun yang diminta anak, orangtua berusaha mengabulkan, termasuk tingkah polahnya yang membuat orangtua pusing. Sejak kecil terkadang anak tidak mau mandi, ibu dan ayah berusaha untuk membujuk mereka. Ketika anak tidak mau makan, maka ibu akan mengajak anak sambil bermain agar perut anaknya tidak kosong. Ketika tengah malam bangun, maka orangtua juga akan bangun menjaga anaknya dan kuatir jika terjadi apa-apa pada anak mereka. Semua itu dilakukan orangtua dengan bahagia dan penuh cinta.

Rasanya ketika melihat orangtua di Panti Jompo, tidak terasa airmata ini mengalir begitu derasnya, walaupun semasa ibu hidup, aku yang mendampingi dan tidak mengirim beliau ke Panti Jompo. Rasanya kok hati ini tak terima jika ada anak yang tega mengantar ibu atau ayah mereka ke panti jompo. Tetapi tentu saja tidak boleh sepenuhnya menyalahkan jika orangtua tersebut tidak ada lagi memiliki anak, maka keluarga terdekat mengantar mereka kesana.

Yang dibutuhkan orangtua sebenarnya kasih sayang dan perhatian anaknya, sebagaimana dulunya mereka sangat sayang saat anak mereka kecil, Tetapi kenapa saat ini seolah semua anak tidak mau menampung ibu dan ayah dirumah mereka.

Sedih pastilah ya, jika itu terjadi pada diri kita ataupun pada orangtua kita. Tetapi sebagai seorang istri terkadang tidak juga bisa membantah suami. Jika suami tak mengizinkan maka istri tidak akan berani meminta ayah dan ibunya tinggal bersama mereka. Beruntung jika suami memiliki kasih sayang kepada orangtua kita yang sudah menganggap mereka bukan lagi mertua tetapi orangtua mereka juga.

Beda dengan suami, yang terkadang juga tidak mendapatkan izin dari istri untuk menerima orangtua tingga bersama. Memang suami pemimpin rumah tangga, tetapi terkadang ini menjadi cikal bakal pertengkaran suami istri, ketika ada persoalan.

Banyak alasan kenapa orangtua diantar ke panti jompo, tetapi apapun alasannya, bagi yang masih memiliki orangtua, tinggallah bersama mereka diusia tuanya. Habiskan waktu bercanda dan mengasihi mereka sebagaimana dulunya ibu dan ayah sangat sayang pada kita anak-anaknya. Jangan biarkan mereka menangis dan merasa malang memiliki kita anak-anaknya yang tak berguna. Doa orangtua makbul dan dikabulkan Allah karena itu doa orangtua merupakan kebahagiaan dan kesuksesan kita dalam berumahtangga dan berkarir. Anak yang berbakti kepada orangtuanya di pastikan hidupnya bahagia dunia dan akhirat. Sebuah renungan disaat melihat orangtua menangis di panti jompo

Pariaman, 21 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang mengingatkan kita. Salam literasi Bunda

22 Jan
Balas

Mantap ulasannya, Bu Sofi. Salam sukses selalu.

21 Jan
Balas

Btl bgt bunda. Sayangnya sy & suami sdh lm yatim piatu jd tak sempat merawat ortu di masa tuanya

22 Jan
Balas

Ulasan yang mantap, Bu Sofi. Saya sering kunjungan ke panti. Sesek dada rasanya mendengar keluhan dan tangisan mereka. Semoga anak-anaknya mendapat pencerahan. Salam bahagia.

21 Jan
Balas



search

New Post