SO'IM

Navigasi Web
Kue Bingka Banjar (hari ke-354)

Kue Bingka Banjar (hari ke-354)

Bingka Khas Banjar

Kue Bingka adalah makanan camilan khas suku Banjar yang telah ada sejak masa sebelum berdirinya kesultanan Islam di Banjar. Dikisahkan, pada awalnya kue Bingka dibuat oleh Putri Junjung Buih, putri kerajaan Daha di Hulu Sungai Selatan, yang merupakan leluhur Sultan Suriansyah, Raja kesultanan Banjar. Kue bingka adalah hidangan khas anggota kerajaan Daha. Pada masa Kesultanan Islam kue Bingka sudah menjadi makanan umum masyarakat Banjar. Ketika bulan puasa kue bingka adalah makan faforit untuk tajil. Karena rasanya yang manis cocok untuk mengembalikan tenaga yang hilang setelah berpuasa. Saat ini kue bingka sudah menjadi ikon utama kota Banjarmasin dan kalimantan selatan.

Kue ini memiliki rasa yang manis dan teksturnya lembut dan agak sedikit berlemak. Bahan utama keu bingka adalah tepung terigu, kentang, santan kelapa, telur bebek, gula pasir, dan garam. Telur bebek inilah yang menjadikan kue bingka terasa padat dan khas. Kue bingka dimasak dengan cara dipanggang dalm oven. Saat ini telah banyak varian rasa kue bingka diantara rasa pandan, nangka, keju, waluh, tape, ubi, kismis, dan lain-lain.

Teringat pujangga Arab menukil firman Tuhan tentang nikmat karunia Tuhan:

وَأَنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللَّهِ لاَتَحْصُوْهَا

Hitunglah nikmat Allah, engkau tak akan dapat menghitungnya

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang bikin ngiler ni dari kemarin hehe.... Kereeennnnn

07 Mar
Balas

Terima kasih Bu Erna. Salam sehat

08 Mar

Wow mengundang selera pak Soim

07 Mar
Balas

Terima kasih Pak Trianto

08 Mar

Hmmm...yummy. kue kesukaan sy ini p Soim. Sht sllu slmt berkarya...sukses menyertai. Amin

07 Mar
Balas

Bingka sudah ada Jawa tengah juga Bu, salam sehat

08 Mar

Mantap, kue bingka. beberapa kali saya dibawain oleh oleh teman, memang rasanya mak nyos. Sukses Pak Soim

07 Mar
Balas

Terima kasih Pak Rochadi. Salam sukses

08 Mar

Sangat mengguggah selera. kue bingka yang disajikan dari khas suku banjar. sehat selalu saudaraku pak Soim.

07 Mar
Balas

Terima kasih saudaraku Pak Hustanil. Salam sehat selalu

08 Mar

Ulasan yg menarik dan informatif Pak So'im. Salam sehat dan sukses selalu

07 Mar
Balas

Terima kasih Bu Yayuk. Salam sehat

08 Mar

Enak banget ini kuenya jadi pengen pak So'im. Salam sehat dan sukses selalu.

07 Mar
Balas

Terima kasih Bu Nanik. Bingka sudah menasional. Di seluruh kota besar Indonesia sudah ada. Salam sukses

08 Mar



search

New Post