SOLEHAN ARIF

Nama : SOLEHAN ARIF, M.Pd alamat : JL Gatot Koco RT.001 RW.004 Dusun Nyabagan Kel. Kolpajung Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan Unit Kerja : SDN Toket 2 Gur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Festival Baca Al-Qur'an di Proppo Meraih Prestasi dan Memupuk Semangat

Festival Baca Al-Qur'an di Proppo Meraih Prestasi dan Memupuk Semangat

Proppo, Pamekasan - Semarak lantunan ayat suci Al-Qur'an mewarnai Ruang PKG dan Mushalla al-Aqsa Kecamatan Proppo, Pamekasan pada tanggal 22-23 April 2024. Festival Baca Al-Qur'an Tingkat Kecamatan yang diselenggarakan oleh Korwilcambidikbud Kecamatan Proppo yang bekerjasama dengan KKGPAI Kecamatan Proppo, dan didukung oleh KKKS Kecamatan Proppo ini menjadi wadah bagi 176 siswa kelas 6 terbaik se-Kecamatan Proppo untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an.

Sebanyak 50 lembaga pendidikan di Kecamatan Proppo antusias mengikuti kegiatan ini. Para peserta terbagi menjadi empat kategori, yaitu tartil putra, tartil putri, tahfidz putra, dan tahfidz putri. Dalam perhelatan ini, para peserta diuji oleh 4 orang penguji yang berkompeten dalam bidang Tartil dan Tahfidz Al-Qur'an.

Festival ini dibuka langsung oleh Bapak Amrul Wasik, selaku Korwilcam Bidikbud Kecamatan Proppo. Beliau berharap agar penilaian dalam festival ini berlangsung transparan dan objektif sehingga terpilih peserta yang benar-benar mampu dalam bidang tartil al-Qur’an dan tahfid al-Qur’an yang nantinya bisa mewakili Kecamatan Proppo di Tingkat Kabupaten.

Penilaian untuk kategori Tartil didasarkan pada kelancaran, tajwid, fashahah, dan makharijul huruf. Sedangkan untuk kategori Tahfidz, penilaian didasarkan pada banyaknya hafalan, sambung ayat, dan Kelancaran dalam membaca al-Qur’an, tajwid, fashahah, dan makharijul huruf.

Puncak acara ini adalah pengumuman juara dan pemberian trophy serta sertifikat kepada para pemenang. Juara pertama dari masing-masing kategori akan mewakili Kecamatan Proppo untuk maju ke Festival Baca Al-Qur'an Tingkat Kabupaten.

Para juara dalam seleksi ini yaitu, untuk kategori tartil putra, juara pertama diraih oleh Abdul Muhsin dari SDN Lenteng dengan total nilai 355, diikuti oleh Muhammad Nazril Ilham dari SDN Mapper 1 dengan nilai 338 sebagai juara kedua, dan Arifin Ilham dari SDN Proppo 1 dengan nilai 315 sebagai juara ketiga. Sedangkan dalam kategori tartil putri, Rofiatul Hasanah dari SDN Candi Burung 1 meraih juara pertama dengan total nilai 365, diikuti oleh Ummatus Safira dari SDN Banyubulu 3 dengan nilai 356 sebagai juara kedua, dan Zakya dari SDN Proppo 2 dengan nilai 350 sebagai juara ketiga.

Sementara itu, dalam kategori tahfidz putra, juara pertama diraih oleh Muhammad Dani dari SDN Jambringin 2 dengan total nilai 505, diikuti oleh Shohibul Burhan dari SDN Panaguan 1 dengan nilai 476 sebagai juara kedua, dan Pawaidul Mubarok dari SDI Nurul Islam dengan nilai 471 sebagai juara ketiga. Untuk kategori tahfidz putri, Lailatus Syarifah dari SDN Batokalangan 2 meraih juara pertama dengan total nilai 570, diikuti oleh Lulut Ulfiana dari SDN Jambringin 1 dengan nilai 568 sebagai juara kedua, dan Farhatil Qolbi A dari SDN Samatan dengan nilai 561 sebagai juara ketiga.

Festival Baca Al-Qur'an ini bukan hanya menjadi ajang perlombaan, tetapi juga menjadi momen untuk meningkatkan motivasi dan semangat para siswa dalam mempelajari dan memahami Al-Qur'an. Selain itu, festival ini juga menjadi bukti nyata bahwa Uji Keterampilan Al-Qur'an (UKA) di Kecamatan Proppo telah menghasilkan putra-putri terbaik dalam bidang Tartil maupun Tahfidz Al-Qur'an.

Suksesnya penyelenggaraan Festival Baca Al-Qur'an ini patut diapresiasi. Diharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya dengan semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas peserta.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post