Soleh kamaludin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
1.1.a.10. Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah
Aksi nyata Modul 1.1.a.10 Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

1.1.a.10. Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah

Diterbitkan : 02 November 2021

Sumber : Pendidikan Guru Penggerak

Penulis : Soleh Kamaludin, S.Pd.

“Peningkatan Kemampuan dan Motivasi Belajar matematika

Melalui Penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning”

Oleh

Soleh Kamaludin,S.Pd

Calon Guru Penggerak

Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat

A.Latar Belakang

Siapa yang tidak kenal akan sosok Ki Hadjar Dewantara, perjalanan pendidikan di Indonesia tidak lepas dari kiprah beliau di dunia pendidikan. Ki Hadjar Dewantara menjadi pelopor terbentuknya perjalanan panjang proses dunia pendidikan di indonesia. Pemikirannya sangat relevan sampai sekarang. Sembonyan beliau yang sangat popular yaitu ing ngarso sung tulodo ing madyo mangun karso tut wuri handayani artinya di depan memberi teladan, di tengah menciptakan peluang untuk berprakarsa, dan di belakang memberi dorongan. Kita sebagai penerus beliau perlu merefleksikan kembali pemikiran Ki Hadjar Dewantara, seperti sekarang yang saya lakukan dan alami melalui pendidikan guru penggerak.

Tujuan pendidikan adalah memajukan seluru warga negara tanpa membeda-bedakan agama.etnis, suku,budaya,adat kebiasaan, status ekonomi, status sosial serta didasarkan pada nilai-nilai kemerdekaan sejati. Pendidikan sudah selayaknya bisa dinikmati oleh semua kalangan agar terciptanya para generasi penerus bangsa yang pintar dan mampu ikut serta untuk memajukan kehidupan untuk kemajuan bangsa dan Negara kita. Dimana kita tidak dijajah oleh bangsa lain. Lewat pendidikan para generasi penerus bangsa di bina dan diarahkan untuk mencapai tujuan untuk menciptakan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

B. Deskripsi Aksi Nyata

Gotong royong merupakan kearifan lokal bangsa Indonesia, oleh karena itu profil pelajar pancasila yang saya pilih adalah Gotong Royong . Nilai-nilai gotong royong saya terapkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Model Pembelajaran ini dapat mengembangkan akitivitas, kreativitas,berpikir, dan menumbuhkan perilaku sosial yang positif , misalnya sikap kepedulian terhadap sesama dan gotong royong antar siswa untuk menyelesaikan suatu masalah sehingga mendapat solusi untuk permasalahan tersebut dimana di kembangkan melalui diskusi dan kegiatan kelompok sesuai dengan yang diarahkan.

Dokumentasi Kegiatan Problem Based Learning

C. Tujuan Aksi Nyata

Tujuan aksi nyata ini adalah;

1. meningkatkan kreativitas, keaktifan, motivasi dan output berupa hasil belajar peserta didik

2. Mewujudkan pembelajaran berpusat pada peserta didik dan terwujudnya merdeka belajar

3. Mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan

D. Hasil Nyata

Peserta didik menjadi antusias dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik mampu memahami materi pembelajaran yang disampaikan secara tidak langsung melalui masalah yang dimunculkan.

E. Rencana Perbaikan

Penulis merencanakan perbaikan untuk pelaksanaan dimasa mendatang yaitu:

Melakukan inovasi pembelajaran yang menarik selain menggunakan model Problem based learning. Kolaborasi dengan teman sejawat agar tercipta kegiatan belajar yang menyenangkan

Ø Berbagi pengalaman dan informasi dengan teman sejawat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

terima kasih pak, masih belajar.

11 Dec
Balas

Kereeen ulasannya, Pak. Sukses selalu. Salam literasi!

11 Dec
Balas



search

New Post