Sri Ambarwati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sulitnya Membedakan Hoax atau Asli ( Tantangan Menulis 19)

Sulitnya Membedakan Hoax atau Asli ( Tantangan Menulis 19)

Mendeteksi hoax atau hoaks memang agak sulit membedakan di era serba digital ini. Edit sana edit sini sudah menjadi hal yang bisa dilakukan bagi pemalsu atau mengambil berita yang bisa membuat heboh tanpa memikirkan akibatnya. Orang awam seperti saya masih belum dapat memilah secara jeli dalam menangkap sebuah berita. Salah satu yang saya lakukan selain melihat sumber berita juga harus berpikir positif terhadap berbgai berita yang mudah seklai di share di medsos. Kebanyakan berita yang mudah di share di group whatsap. Pernah nih setelah baca di group kemudian langsung share ke group lain,..ee ternyata hoax. maksud hati mau nagjakin ke hal-hal yang positif ternyata salah. Waktu itu hanya bulan-bulan dalam islam yang diubah , maklum yang ngeshare ga apal bulan islam. Untung yang di share paham dan ngingetin jangan asal ngeshare sekarang bulan apa coba..wuaduh tepok jidat dan malu. sejak saat itu kudu selektif dech dalam membaca dan selektif. Hal yang perlu di cek alagi sumbernya selalu dicantumkan ketika menyebar berita.

Pernah juga sih kepikiran kita aja yang sering ngadep atau baca buku literasi yang lain aja kadang kejeglong/terperosok berita hoax, bagaimana dengan raakyat umum ya? ngeri rasanya mesti gampang diadu domba kayaknya. Kalau kita mungkin diingetin salah Ok mau benerin, tapi apa semua orang mau dingetin ya? entahlah kadang kepikiran di otak yang antah berantah ini. Sekarang bisanya cuma ati-ati aja dengan segala macam berita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kalau hoax, pasti gak ada yg asli bu..alias gak bener..kadang terlanjur di share juga sihh ..ampun banget..harus cermat dan hati-hati ya bu...salam

08 May
Balas



search

New Post