Sri Ambarwati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Syawalan (Talis 41)

Tradisi syawalan hampir tiap daerah mempunyai cara yang berbeda untuk melakukannya. Syawalan yang berada di Kaliwungu Kendal Jateng juga mmepunyai tradisi unik juga. namun masa pandemi benar-benar membuat semua tidak dapat menghormati acara syawalan tersebut.

Tradisi syawalan yang ada di Kaliwungu sebenarnya adalah ziarah ke makam Kyai Guru, yang terletak dikomplek makam Jabal Kaliwungu. Komplek makam ini terdapat banyak keturunan wali dan petinggi penyebar agama islam terdahulu. Ribuan peziarah ini datang dari berbagai daerah di seluruh pelosok bukan hanya dari kabupaten Kendal. Tradisi ini dilakukan setiap tanggal 8 syawal. di sepanjang jalan dari alun-alun kaliwungu/pasar sore hingga area menuju makam biasanya pedagang kakilima tumplek bleg sekaligus pasar malam juga penuh. tak heran hanya tradisi ini yang sangat ramai dan ditunggu-tunggu oleh masyrakat. Namun apadaya pandemi covid ini syawalan tak boleh ada keramaian/kerumunan. Jika keadaan normal maka pedangang yang berjualan akan diberi waktu sekitar satu hingga dua minggu bahkan satu bulan di sepanjang jalan menuju Jabal.

Syawalan tahun ini kita semua hanya bisa berdoa agar pandemi segera berlalu.

# Sywalan sepi berdoa dari rumah

# Gedong Patean Kendal, 30 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga semuanya segera berakhir... Aamiin

31 May
Balas

aamiin

07 Jun

Semoga pandemi ini segera berlalu. Aktivitas kembali seperti semula

31 May
Balas

aamiin

07 Jun

Semoga wabah ini segera berakhir dan kita kembali dapat beraktifitas kembali. Aamiin

30 May
Balas

aamiin

07 Jun



search

New Post