Sri Dewi Rokhimah

Bertugas di SMP N 1 Kuta Selatan. Badung. Bali Belajar, belajar dan terus belajar membaca, membaca dan terus membaca lalu tuangkan dalam karya tulis maka men...

Selengkapnya
Navigasi Web
D. Beberapa cara pemanfaatan semangka sebagai obat dan kecantikan, Bagaimana caranya?

D. Beberapa cara pemanfaatan semangka sebagai obat dan kecantikan, Bagaimana caranya?

D. Beberapa cara pemanfaatan semangka sebagai obat dan kecantikan

Oleh: DewiRo

Bagaimana cara penggunaan buah semangka ini untuk pengobatan maupun kecantikan ? Apakah sulit? Ternyata penggunaannya sangat mudah, tidak sulit.

Dari penjelasan di atas artinya bahwa bagian yang bisa digunakan untuk pengobatan adalah, kulit buahnya, daging buah dan bijinya. Yang dimaksud kulit buah adalah setelah isinya dimakan dan kulit lapisan luar dibuang, yang berwarna hijau maka setelah itu ada kulit buah yang berwarna putih bisa digunakan.kan dalam keadaan segar atau dikeringkan. Untuk obat yang diminum, rebus kulit semangka dan untuk buahnya bisa dijus.

Selain untuk pengobatan dari dalam, buah semangka ini juga untuk pengobatan luar, seperti menyembuhkan:

1. gatal-gatal karena tanaman beracun,

2. atau mencegah kerontokan rambut, dengan cara digosokkan kulit buah, pada kulit kepala.

3. Selain itu rebusan kulit buah semangka ini, bisa untuk mencuci muka yang berjerawat

4. atau kulit yang berkudis

5. dan juga menghilangkan biang keringat,

Sangat multifungsi.

Bagaimana cara untuk menghilangkan flek hitam pada wajah dan menghaluskan kulit?

A. Ada beberapa langkah untuk bisa menghilangkan flek hitam dan juga menghaluskan kulit.

Pertama jemur kulit semangka secukupnya sampai kering, lalu giling atau haluskan sampai menjadi serbuk, kemudian masukkan 2 sendok makan serbuk kulit semangka tadi ke dalam jus, yang dibuat dari satu batang lidah buaya ditambah 1 buah mentimun ukuran sedang, aduk sampai rata dan digunakan sebagai masker lakukan dalam seminggu 2 - 3 kali, sampai kelihatan hasilnya.

B. Selain untuk kecantikan juga bisa untuk mengatasi infeksi kandung kemih.

Caranya yaitu rebus biji semangka 2 sendok makan dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 5 menit dalam panci tertutup biarkan sampai dingin setelah itu baru siap untuk diminum, lakukan 3 sampai 4 kali sehari rebusan air tersebut sebagai minuman dengan takaran satu sendok makan lakukan setiap hari sampai sembuh.

C. Peringatan buah semangka jangan dimakan dengan gula aren, karena dapat terbentuk racun, yang sangat mengganggu bagi orang yang mempunyai pencernaan lemah. Racun ini dapat menimbulkan diare dan kejang kejang, bahkan menimbulkan kematian.

Demikianlah beberapa manfaat dari semangka baik untuk mengobati penyakit yang ringan sampai dengan penyakit yang berat bahkan bisa untuk kecantikan, tetapi ingat bahwa semangka jangan dimakan dengan gula aren karena akan menimbulkan keracunan.

Salam literasi

31-257

Bali, 28 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Baru tahu ternyata semangka segitu banyak manfaatnya. Terima kasih ilmu dan pencerahannya, bu Sri. Sehat dan sukses selalu

28 Sep
Balas

Terima kasih ulasan dan informasinya yang luar biasa Bu... Semangat selalu. Barokallah

28 Sep
Balas

Ulasan yang keren dan luar biasa ibu cantik.. Terima kasih sudah berbagi.... Salam santun dan sukses selalu ya bu

28 Sep
Balas

Luar biasa ulasannya bun.sangat bermanfaat. Salam sukses selalu.

28 Sep
Balas

Ulasan keren bunda, jangan makan semangka dengan gula aren, ternyata sampai bijinya pun ada manfaatnya, sukwes buat ibu, semoga diberi kemudahan dalam segala urusan.

28 Sep
Balas

Alhamdulillah ...terimakasih infonya, buun...sukses yaa

28 Sep
Balas

Mantap serial semangka kaya manfaat Bun.... Sukses selalu

28 Sep
Balas



search

New Post