Sri Dewi Rokhimah

Bertugas di SMP N 1 Kuta Selatan. Badung. Bali Belajar, belajar dan terus belajar membaca, membaca dan terus membaca lalu tuangkan dalam karya tulis maka men...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pola Makan Golongan Darah A

Pola Makan Golongan Darah A

Pola Makan Golongan Darah A

Oleh DewiRo

Anda yang bergolongan darah A, adalah sang pengolah tanah, hidup menetap penuh keteraturan dan berjiwa kooperatif.

 

Anda yang bergolongan darah A, untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghambat perkembangan berbagai penyakit berbahaya, memerlukan makanan yang sealami mungkin. Untuk itu cocok sekali mengkonsumsi makanan vegetarian, berupa sayuran hampir seluruh sayuran dapat dikonsumsi oleh anda yang bergolongan darah A karena sayuran merupakan sumber mineral antioksidan dan enzim.

Jenis sayuran yang sangat baik untuk golongan darah A adalah, wortel, bayam, labu, brokoli dan bawang bombay, merupakan penguat sistem kekebalan tubuh yang sangat bagus, karena mengandung zat kuerzetin atau anti oksidan yang sangat kuat.

 

Minyak zaitun adalah lemak tak jenuh yang mempunyai efek positif terhadap jantung dan membantu menurunkan kolesterol darah, untuk itu sangat baik dikonsumsi dengan salad atau sayuran yang dikukus ini akan membantu sistem pencernaan.

Namun, ada sayuran palawija dan rempah-rempah, yang perlu dihindari oleh anda yang bergolongan darah A antara lain, tomat, kol, merica, kentang dan ubi, karena sayuran ini mengandung lektin yang berdampak negatif pada saluran pencernaan.

 

Anda yang bergolongan darah A, sebaiknya menghindari produk yang berjenis daging, apalagi produk daging olahan seperti sosis, ham, dan potongan daging beku. Karena daging olahan tersebut banyak mengandung nitrat yang dapat memicu kanker lambung pada orang berkadar asam lambung rendah, yang menjadi salah satu karakter golongan darah A. Selain itu, ada beberapa ikan yang harus dihindari yaitu ikan berdaging putih seperti: cumi, ikan lele, ikan flounder, katak, kepiting, dan belut. Makanan tersebut mengandung lektin yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, hindari juga produk instan seperti makanan beku dan mie instan.

 

Karena salah satu kelemahan dari golongan darah A adalah pencernaan yang kurang baik, untuk itu harus menghindari susu murni dan juga membatasi mengkonsumsi telur. Boleh mengkonsumsi sejumlah produk susu yang difermentasi seperti: yogur,t kefir, krim tawar tanpa lemak, dan produk susu lainnya yang difermentasi. Susu kambing segar merupakan pengganti susu murni (sapi) yang cukup baik.

 

Untuk menutupi minimnya protein hewani yang dikonsumsi bagi Anda yang bergolongan darah A, maka kacang-kacangan dan biji-bijian menjadi komponen protein yang sangat penting. Dianjurkan sesering mungkin memakan kacang tanah beserta kulit arinya, karena mengandung lektin pembasmi kanker. Juga bisa mengkonsumsi seporsi kecil mentega kacang sesering mungkin, untuk mengatasi masalah dengan kantong empedunya. Golongan darah A, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi segala macam olahan dari kacang dan kedelai seperti: tahu, tempe, susu, kacang kedelai, dan keju kedelai, sebagai bahan baku utama dalam pola makannya.

 

Apabila sedang dalam kondisi yang tidak fit seperti menghasilkan banyak lendir misal pada saat (pilek), asma atau sering terkena infeksi. Sebaiknya Anda membatasi mengkonsumsi gandum dan olahannya, karena gandum akan memicu produksi lendir. Sebagai pengganti gandum dapat digunakan tepung kedelai dan tepung beras.

 

Sangat disarankan mengkonsumsi buah yang bersifat basa seperti, melon untuk menyeimbangkan asam lambung, nanas juga bagus untuk pencernaan karena membantu proses pencernaan dan membersihkan lendir.

 

Namun perlu diingat, golongan darah A ini tidak cocok mengkonsumsi buah-buahan tropis seperti mangga, jeruk dan pepaya karena dapat menyebabkan iritasi lambung dan menghambat masuknya beberapa mineral penting. 

Tetapi untuk jeruk keprok dan kiwi, ini sangat bagus karena memberikan efek positif pada lambung, sebab mengandung banyak vitamin c, yang berkhasiat sebagai antioksidan dan penting untuk mencegah kanker lambung. Jus buah yang bersifat basa seperti srikaya dan sirsak yang berkonsentrasi tinggi, sebaiknya diencerkan dengan air gula agar bersifat basa. Sementara itu lektin pada pisang bisa mengganggu saluran pencernaan sebagai penggantinya bisa mengkonsumsi buah-buahan lain yang kaya kalium seperti semangka biji, kesemek, melon dan jambu biji.

 

Bawang putih merupakan penguat sistem kekebalan tubuh dan anti biotika alami, yang baik untuk darah, ini bermanfaat juga bagi semua golongan darah. Namun perlu diperhatikan bagi yang bergolongan darah A harus berhati-hati mengkonsumsinya, karena sistem kekebalan tubuh golongan darah A akan menjadi rentan terhadap sejumlah penyakit yang dihambat oleh bawang putih.

Cuka harus dihindari karena bersifat asam. Anda yang bergolongan darah A ini diperbolehkan mengkonsumsi coklat dan gula tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit.

 

Buah-buahan yang disarankan untuk golongan darah A antara lain :

Semua jenis Cherry, semua jenis plum, apel atau sari buah apel, kismis hitam dan merah, kurma, kiwi kesemek, kismis, strawberry, semangka biji, sagu, advokat, buah sukun, anggur, melon, lemon, nanas, belimbing, jambu biji, labu kuning, persik, delima, dan pir.

Buah yang tidak disarankan:

Pisang tanduk, jeruk, pepaya mangga kelapa dan santan limau

 

Sayuran yang disarankan untuk golongan darah A:

Lobak, wortel, bawang putih, bawang bombay, daun peterseli, bawang prei, jamur maitake, bayam, asparagus, bit, kecambah, pakis muda, jahe, pare, lada, ganggang laut, rebung, jagung, ercis, selada kacang panjang, mentimun, kembang kol, jamur kancing, dan seledri air.

 

Sayuran yang tidak disarankan:

Kol, kentang jamur shitake, ubi, tomat, uwi, acar, terong, dan pare.

 

Demikian beberapa buah dan sayuran serta makanan lain yang disarankan dan tidak disarankan untuk Anda yang bergolongan darah A, semoga bermanfaat.

 

Untuk selanjutnya kita akan membahas pola makan untuk golongan darah B, pada artikel berikutnya.

Salam literasi

32/258

Bali, 30 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Say...info menarik, keren!

02 Oct
Balas

Coxok sekalj...mantap...

01 Oct
Balas

Informatif dan sangat bermanfaat, makasih bu atas sharingnya

30 Sep
Balas

Alhamdulillah siana sudah siuman jadi bisa berkunjung nikmati tulisan bude yang penuh gizi ini. Bermanfaat sekali ini bude, terimakasih

30 Sep
Balas

Trims Bunda... Saya gol. darah A

01 Oct
Balas

Informatif sekali tulisannya Bun....terima kasih sudah berbagi Bun, jadi tahu deh sayuran dan buahan yang bisa konsumsi. Sukses selalu bu

01 Oct
Balas

Informatif sekali.. terima kasih...

30 Sep
Balas

Mksh infonya, Bu....kbtln pas...sy gol. Darah A

01 Oct
Balas

Makasi buk..sangat bermanfaat buat saya. Gol darah A.

02 Oct
Balas



search

New Post