SRI HARDIYATI WAHYURINI

Karanganyar bumi kelahiranku. Sekarang tinggal di Kota Semarang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menulis Itu Indah

Banyak jenis tulisan yang akan kita ungkapkan kepada pembaca. Ada puisi, pantun, artikel, opini, cerpen, reportase, dan seterusnya. Semua itu memiliki ciri atau gaya kekhasan tersendiri bila kita hendak menulisnya. Dan masing-masing orang bisa berbeda dalam menulis meskipun ide dan temanya sama.

Secara umum bagian-bagiannya ada pembuka, isi, penutup. Bagian-bagian itu dikembangkan sesuai ide dan kemampuan kita. Di sini kita bisa bermain kalimat atau diksi sesuai jenis tulisan yang kita pilih. Semakin banyak kita berlatih menulis dalam jenis yang berbeda, semakin terasa dan mudah untuk membedakannya.

Menulis pantun harus paham ciri-cirinya terlebih dahulu, seperti jumlah barisnya 4, rimanya abab, ada sampiran dan isi, begitu seterusnya. Menulis puisi bebas lebih menonjolkan isi dan diksinya. Beda lagi dengan tulisan karya sastra bentuk prosa, misalnya cerpen, novel, pentigraf, riwayat, dan lain sebagainya. Menulis bentuk karya sastra lebih bebas dan santai karena lebih terfokus pada ungkapan perasaan, daya imajinasi dan kreativitas penulis.

Ada yang menulis jenis tulisan yang sifatnya ilmiah dan serius misalnya PTK, jurnal, artikel, laporan. Gaya atau ciri tulisannya ada yang membedakan. Bahasanya ilmiah, pasti, sesuai ejaan, terstruktur. Semua itu perlu dilatihkan, tidak sekadar tahu teorinya tetapi bisa menulisnya.

Kalau ada peluang dan kesempatan alangkah baiknya kita berlatih menulis di semua jenis atau bentuk tulisan. Lama kelamaan kita bisa memahami kesulitan dan kekurangan apa yang terdapat dalam tulisan kita. Belajar dari kekurangan itu kita bisa menyempurkan tulisan menjadi lebih baik dan indah. Dengan menulis kita bisa menyampaikan apa saja yang kita inginkan. Menulis apa saja. Menulis itu indah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bener banget bu, menulis itu indah. Sukses ya bu.

18 Jun
Balas

Inspiratif..salam kenal

18 Jun
Balas

Makasih. Aamiin. Sukses juga untuk Kakak

10 Jun
Balas

mantap, tulisan yang penuh inspratif, salam.smg sukses

01 Jun
Balas



search

New Post