Sri Hartuti Husin

Nama Sri Hartuti Husin kepala TK Darussalam kecamatan tilatang kamang tugas lainnya Asesor BANP Provinsi Sumatera barat dan Instruktur Nasional kab agam pendidi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Jadi Penulis Keren 9

Inspirasi merupakan hal yang sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak-anak ,di masa depannya. Mendapatkan pendidikan dari orang tua yang sangat menginspirasi akan menumbuhkan rasa percaya diri anak-anaknya, Bapak dan Amak adalah tokoh idola kami,dan hampir semua yang beliau lakukan semasa hidupnya menginspirasi kinerja kami dan kehidupan di dunia ini.

Saya sangat mengidolakan Amak dalam mendidik anak-anaknya,kesabaran,selalu bersifat jujur dan berbuat baik dengan semua orang yang ada disekeliling beliau membuat saya sangat menginspirasi itu semua.Orang tua sangat besar kasih sayangnya mereka melakukan yang terbaik untuk anak-anaknya tampa belas dan jasa namun mendidik dan membesarkan merupakan kewajiban dan amanah dari Tuhan.Keluarga yang berhasil dalam mendidik anak anaknya menjadi pribadi yang dewasa serta mampu bersosialisasi dengan lingkungan merupakan keberhasilan dari penanaman nilai karakter yang selalu menjunjung tinggi nilai nilai kebenaran.

Kesederhanaan adalah hal yang patut dijaga Amak adalah seorang perempuan yang sangat sederhana dan memiliki hati yang mulia,melalui kesederhanaan beliau mampu memberikan pendidikan kepada kami anak-anaknya walau hidup dalam keterbatasan ekonomi.

Peranan orang tua memberikan kontribusi akan kemajuan pendidikan di Negara ini jika semua keluarga mampu menciptakan keluarga yang harmonis dan selalu menanamkan nilai nilai kebenaran kepada anak-anaknya akan membuat perubahan pada nilai nilai karakter bangsa.

Menurut Bapak Kihajar dewantara keluarga ,sekolah dan masyarakat yang mendukung pendidikan di Indonesia jika salah satunya goyah dan tidak bekerja maka pendidikan akan mengalami ketimpangan dan keterpurukan.

Saya terlahir dari putri minagkabau yang menganut paham matriakat ,adat basandi sarak dan sarak basandi kitabullah merupakan sebagai dasar bagi masyarakat mingkabau dalam menjalani kehidupan,dengan adanya kemajuan ilmu dan teknologi dimana kini zamannya milenium dan dot com maka nilai budaya mengalami keterbelakangan dan hanya sebagai hal yang hanya perlu dikunjungi ,dilihat dan dijadikan maskot kabupaten kota.

Nilai nilai budaya seolah hal yang tidak penting lagi untuk dipertahankan,budaya adalah masa lampau dan hanya sebagai sejarah untuk generasi kedepan,namun akankah kita diam saja melihat semua ini ,apalagi guru sebagai abdi pendidikan yang akan ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa hanya melihat keterpurukan penanaman nilai budaya lokal dimasa yang akan datang.

Kisah hidup masa kecil bersama orang orang tersayang tidak akan pernah terlupakan,dunia mengalami perubahan yang sangat dahsat dan sejujurnya bangsa kita belum siap untuk menerima perubahan itu,namun akankah kita berpangku tangan disaat ketidakadilan,kekerasan,kemiskinan,penganiayaan dan menurunnya nilai nilai kebaikan di masyarakat kita tentu tidak,lalu apa yang akan kita lakukan agar terjadi perubahan kerah yang lebih baik.

Kisah hidup ini mengalami perubahan secara berlahan berkat kesabaran dan doa yang tidak henti untuk dipanjatkan kehadirat Allah SWT,disaat menulis tulisan ini ada suatu keinginan yang masih tersisa untuk memberikan kontribusi atas perkembangan pendidikan anak usia dini minimal di tempat mengajar,melakukan koordinasi dengan orangtua murid agar adanya sinergi yang kuat antara guru ,orang tua dan masyarakat.

Untuk mewujutkan tujuan pendidikan Naional.

Kehidupan yang menyenangkan dimasa kecil membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang menyenagkan dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.anak yang dimasa kecil selalu selalu bebas,lepas diberi kesempatan untuk berekspretif dan di saat kecil jarang dilarang melakukan sesuatu yang menantang maka anak tersebut akan tumbuh menjadi anak yang selalu memiliki rasa ingin tahu yang tingi dan suka melakukan hal hal yang baru.

Kisah hidup sang penulis dimasa kecil menyenagkan dengaan kebersamaan yang sangat erat bersama orang tua,figur orang tua yang mampu sebagai model dan teladan bagi anak-anaknya membuat mereka tumbuh sebagai pribadi menyenagkan dan hangat di lingukungan sosial.

Menulis sesuatu hal yang sudah menjadi kisah masa lalu merupakan invesstasi bagi generasi yang akan datang ,melalui tulisan akan mampu membentuk pola fikir seseorang berkembang.

Harimau mati meninggalkan belang manusia mati meninggalkan kenangan,Guru di gugu dan ditiru wahai guru nusantara alangkah indahnya dunia jika semua guru punya kenangan yang disampaikan lewat ranngkaian kata-kata yang teruntai egitu indahnya akan dibaca oleh teman,anak kita dan semua kalangan terutama guru akan menjadi referensi dan pijakan dalam melangkah ke depan.

Guru walaupun ini bukan cita cita semasa kecil akan tetapi sekarang menjadi pekerjaan yang menyenagkan terutama mengajar di taan kanak-kanak walaupun kadangkala pekerjaan ini dipandang sebelah mata namun itu tidak menghilangkan kita bersikap profesional dalam bekerja dan berkarya.

Impian menjadi penulis juga mampu terujut karena sebagai seorang guru Taman Kanak-Kanak ,melalui PPPPTK TK dan PLB terbang ke kota Medan untuk belajar dan berteemu dengan tokoh tokoh yang inspiratif ,kata orang kalau rezeki tidak akan kemana,walaupun belajar boleh dibilang beberapa hari namun strategi yang kami dapatkan membuat muncul penulis penulis yang inspiratif dari Kota Medan.

Kisah hidup atau perjalanan hidup akan selalu kita jalani sampai kita tua dan meninggal sebagai akhir dari segalanya.Suka dan duka telah membuat kita menjadi pribadi –pribadi yang tangguh,kuat dan tahan banting ,terbiasa hidup dalam keprihatinan membuat kita memelikikeinginan untuk selalu maju masa lalu adalah pemacu untuk menghadapi masa yang akan datang dan masa sekarang merupakan magnet untuk kita selalu bangkit dan berkarya ,karena kita akan merasa rugi dalam kehidupan ini jika kita tidak punya apa-apa,ungkin miskin dari segi ekonomi tidak bearti kita miskin dalam ilmu dan selalu melakukan hal terbaik untuk hasil kinerja kita.

Guru merupakan sosok yang sangat membanggakan saya bangga menjadi guru,tiada yang dapat diungkapkan di saat memakai pakaian sebagai seorang guru,begitu bersahaja,sederhana dan selalu tampil apa adanya mungkin itu adalah guru idola.

Tokoh –tokoh Inspiratif nanti akan diceritakan pada bab selanjutnya semoga tulisan menjadi penulis keren akan membuat tulian berikutnya muncul tampa terduga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post