Sri Hastuti, S. Pd., M.Pd.

Sri Hastuti atau Diena Esha Hastuti dilahirkan di Ngawi tanggal 24 Juli. Lahir dibawah naungan zodiak LEO. Pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama...

Selengkapnya
Navigasi Web
PGP AWAL YANG BERKAH

PGP AWAL YANG BERKAH

PGP AWAL YANG BERKAH

Tantangan hari ke-341

#Tantangan Gurusiana

By : Sri Hastuti, S.Pd.,M.Pd.

 

 

Sungguh, awal yang baik untuk memulai hal yang baru dan berbeda. Dikatakan baru karena seumur hidup baru ada kegiatan yang diprogramkan oleh Kemendikbud yaitu Program Guru Penggerak. Sudah berjalan dan sukses pada tahap 1 kini merangkak memasuki tahap 2. Selanjutnya nanti akan ada tahap 3, 4,5 dan seterusnya. Berbeda, dikatakan demikian karena program ini sangat berbeda dengan program-program lainnya.

Program Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon guru penggerak. Selama program guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru. Pada program yang sudah satu tahun berjalan ini  Kemendikbud mempersiapkan peluncurannya dengan membuka kesempatan bagi Widyaiswara, guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan praktisi pendidikan untuk menjadi fasilitator dan pendamping calon Guru Penggerak.

"Kami mengajak para insan pendidikan terbaik bangsa untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan Indonesia dengan bergabung menjadi tim pendukung Guru Penggerak." terang Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Iwan Syahril dalam siaran pers yang diterima Kompas.com beberapa bulan lalu. "Transformasi pendidikan yang kita cita-citakan bersama, hanya bisa terwujud di saat semua pemangku kepentingan berorientasi pada murid." imbuhnya.

Berbekal pengalaman maka Penulis mencoba mendaftar program guru penggerak yang diselenggarakan mulai awal bulan Januari hingga Pebruari 2021. Setelah melalui seleksi yang super ketat dari seleksi administrasi yang super berat, seleksi praktik mengajar, seleksi wawancara akhirnya tibalah pada pengumuman dan dinyatakan lolos hingga sekarang memasuki tahap Pembekalan sebagai Calon Fasilitator Program Guru Penggerak. Ada 3 jenis di sini yaitu seleksi sebagai Fasilitator, sebagai Instruktur dan sebagai Pengajar Praktik. Qodarullaah Penulis masuk dalam Calon Fasilitator PGP.

Adapun tugas Fasilitator PGP yaitu memberikan fasilitasi, melakukan refleksi, mencatat, menganalisis perkembangan peserta secara daring. Instruktur tugasnya memberikan materi melalui metode daring. Sedangkan Pengajar Praktik tugasnya mendampingi peserta dalam proses refleksi, menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) secara individu dan lokakarya.

Tugas dan tanggung jawab baik sebagai Fasilitator, Instruktur maupun Pendamping Program Guru Penggerak akan mampu mencetak SDM unggul yang berkompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Bergotong-royong dengan semua pemangku kepentingan untuk mencetak SDM unggul adalah kunci transformasi pendidikan untuk mencapai Visi Indonesia 2045. Semoga berkah.***has***

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post