Sri Hastuti, S. Pd., M.Pd.

Sri Hastuti atau Diena Esha Hastuti dilahirkan di Ngawi tanggal 24 Juli. Lahir dibawah naungan zodiak LEO. Pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENDAMPINGI ANAK DALAM LITERASI DIGITAL

MENDAMPINGI ANAK DALAM LITERASI DIGITAL

#MENDAMPINGI ANAK DALAM LITERASI DIGITAL

Tantangan hari ke-336

#Tantangan Gurusiana

By: Sri Hastuti,S.Pd.,M.Pd,

Literasi digital di era millenial sangat penting diajarkan kepada siswa dan anak-anak kita di rumah. Pembelajaran secara online merupakan salah satu literasi digital.

Anak-anak kita hidup di dunia maya dan dunia nyata. Banyak sisi positif dan negatif sebagai dampak makin majunya teknologi. Maka tugas orang tua bertambah yaitu mengawasi di dunia maya dan dunia nyata. Apa yang harus dilakukan saat mendampinginya?

1. Kenali temannya

Teman di dunia nyata apalagi di dunia maya. Kenali siapa teman berkomunikasi, teman berinteraksi, usia temannya di medsos juga di lingkungannya. Konten apa yang sering dibuka, apa saja isi perbincangan, status dan komentarnya,dan sebagainya.

2. Pantau akun medsosnya

Orangtua harus tahu akun si anak. Password yang digunakan, ajarkan anak terbuka, saling berkomunikasi, berinteraksi, melacak konten dan akunnya. Pantau dan beri wawasan dan bimbingan.

3. Ajarkan arti tanggung jawab

Mengajarkan tanggung jawab di mulai dari barang-barang pribadinya, mainannya, meletakkan kembali ke tempat semula ketika digunakan dan setelah digunakan. Konsekuensi atas perbuatan apabila melakukan kesalahan, tanamkan hukuman apabila melanggar sebaliknya beri reward hadiah bila melakukan kebaikan dan prestasi.

4. Penuhi rasa keingintahuannya

Sering anak-anak merasa ingin tahu yang besar tentang informasi atau berita kekinian. Orangtua sebagai guru di rumah juga keluarga terdekat harus selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jangan sampai anak-anak kita los-control . Mengajak mereka berdiskusi merupakan salah satu membangun sikap terbuka sehingga rasa keingintahuan bisa terpenuhi.

5. Sibukkan dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat

Aktivitas yang positif seperti kerjasama, kegiatan sosial keagamaan sangat penting diajarkan,dikenalkan. Melakukan gotong royong di lingkungan rumah, sekolah, tempat -tempat ibadah,dan sebagainya. Membuat game edukasi, poster dan media pembelajaran lainnya.

Demikian antara lain yang dilakukan saat mendampingi anak dalam literasi digital di rumah dan di lingkungan sosialnya.**has***

Lite

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih ilmunya Bu... Suka dengan sharingnya... Salam sukses.

10 Mar
Balas



search

New Post