Sri Hastuti, S. Pd., M.Pd.

Sri Hastuti atau Diena Esha Hastuti dilahirkan di Ngawi tanggal 24 Juli. Lahir dibawah naungan zodiak LEO. Pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama...

Selengkapnya
Navigasi Web
WAHAI GURU, PERANMU TAK KAN TERGANTIKAN

WAHAI GURU, PERANMU TAK KAN TERGANTIKAN

WAHAI GURU, PERANMU TAK KAN TERGANTIKAN

Tantangan hari ke-329

#Tantangan Gurusiana

By : Sri Hastuti, S.Pd.,M.Pd.

 

Setiap orang dalam menimba ilmu pengetahuan pada era sekarang ini sangatlah mudah. Tak perlu lagi bersusah payah, hanya dengan menekan tombol "Klik" maka semua informasi langsung muncul. Segala informasi, ilmu, pengetahuan cukup browsing, download dari Google. Maka segala informasi sudah di tangan.

Era milenial dimana perkembangan teknologi demikian luar biasa. Semua serba digital. Kemajuan di era industri 4.0 pada abad 21 sangatlah cepat, siapa yang tidak mengikuti perkembangan teknologi informasi maka akan tergilas oleh zaman. Lama kelamaan akan menjadi penonton saja apabila tidak kreatif, inovatif. Namun, guru tetap dibutuhkan karena profesi guru merupakan tugas yang mulia. Guru tidak hanya berfungsi mentrasfer ilmu pengetahuan, melainkan juga menanamkan nilai-nilai kehidupan serta keteladanan juga mempunyai rasa kasih sayang dan cinta. Guru bukanlah robot, benda dari besi yang digerakkan dengan pemograman atau aplikasi buatan manusia. 

Guru merupakan profesi mulia. Manusia ciptaan Tuhan YME yang paling sempurna, memiliki akal, hati dan perasaan dengan sepenuh perhatian dan kasih sayang. Peran inilah untuk membentuk kepribadian siswa. Pada era milenial ini tantangan guru sangatlah berat dan mulia, mendampingi siswa, mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai dan mengevaluasi.

Guru di era sekarang harus menghadapi generasi yang secara aktif menggunakan teknologi, media elektronik yang setiap detik setiap waktu menyajikan informasi yang sangat cepat. Guru dituntut untuk mampu menyesuaikan pembelajaran dengan menguasai teknologi , jangan sampai gagap teknologi/gaptek.

Oleh karena itu guru dituntut memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi. Jangan sampai kalah dengan siswa yang notabene lebih cepat menyerap ilmu pengetahuan dikarenakan siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap hal-hal yang baru. Dengan demikian peran guru tidak akan tergantikan. Selain menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempunyai jiwa untuk menanamkan karakter yang baik bisa menjadi teladan siswa.***has***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post