sri indahningrum

Belajar dan terus belajar itu yang bisa kulakukan.Belajar menjadi anak yang berbakti, belajar menjadi istri yang sholekha,belajar menjadi ibu yang amanah dan be...

Selengkapnya
Navigasi Web

Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT atas rahmat dan ridhonyalah sampai juga saya pada modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai – nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin.

Tak terasa saya sudah menyelesaikan modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai - Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin.

Modul ini merupakan modul awal dari paket modul 3. Sama seperti modul sebelumnya di setiap akhir pembelajaran , saya harus melakukan refleksi pembelajaran yang sudah saya peroleh dari modul ini. Di sini saya akan meyampaikan hasil refleksi saya dengan menggunakan model 4 F atau 4P yaitu Facts ( Peristiwa ), Filling ( Perasaan), Findings ( Pembelajaran ) dan Future ( Penerapan ).

1. Facts ( Peristiwa )

Karena modul 3.1 adalah modul pembuka dari paket modul 3, maka pembelajaran materi – materi pada modul ini diawali dengan pelaksanaan pre – test dengan jumlah soal 18 butir. Selanjutnya sama seperti modul sebelumnya pembelajaran dilakukan dengan alur MERDEKA (Mulai dari diri, Eksplorasi konsep,Ruang Kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi Pemahaman , Koneksi antar materi dan Aksi nyata ).

Tahap pertama mulai dari diri yaitu kegiatan ini dimulai dengan menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan pengambilan keputusan berbasis nilai - nilai kebajikan sebagai pemimpin. Kemudian melakukan survey dengan dihadirkan satu kasus dan melakukan analisa secara mandiri jika menjadi seorang kepala sekolah.

Tahap kedua yaitu Eksplorasi Konsep. Pada tahap ini, CGP secara mandiri melakukan pembelajaran dan mendalami semua materi modul 3.1 yang ada di LMS. Di sini CGP mempelajari kasus dilema etika dan bujukan moral. Dibagian akhir dari eksplorasi terdapat forum diskusi dimana para CGP melakukan analisa terhadap kasus yang ada di LMS

Tahap ketiga yaitu Ruang Kolaborasi . Di Ruang Kolaborasi CGP dibagi menjadi beberapa kelompok, dan saya masuk pada Kelompok B1 yang beranggotakan Ibu Nurul Hidayah, Ibu Putriana Tri Rosmalinda, Bapak Ma’ruf Amarudin dan saya sendiri (Sri Indahningrum).

Pembelajaran dilakukan secara online melalui Gmeet yang di pandu oleh fasilisator kami Bapak Samsu Hidayat. Kami menganalisa sebuah kasus dari permasalahan yang di ambil dari sekolah Bu Nurul. Dan keesokan harinya kami melakukan presentasi atas hasil diskusi kami.

Tahap keempat yaitu Demonstrasi Kontekstual. Kami ditugaskan untuk mewawancarai 2 -3 kepala sekolah mengenai praktik pengambilan keputusan dalam kasus dilema etika yang terjadi di sekolah mereka. Disini CGP melakukan wawancara dan hasil wawancara tersebut saya tulis dan terbitkan pada blog gurusiana dengan link https://www.gurusiana.id/read/sriindahningrum/article/modul-31-pengambilan-keputusan-berbasis-nilai-nilai-kebajikan-sebagai-pemimpin-3693790

Tahap kelima adalah Elaborasi Pemahaman yang di awali dengan membuat pertanyaan. Kemudian tanggal 21 September 2023 CGP mengikuti Vcon Elaborasi Pemahaman dengan instruktur Bapak Yanuar Khaldun agar CGP lebih memahami mengenai pengambilan keputusan berbasis nilai - nilai kebajikan sebagai pemimpin.                

Tahap keenam yaitu koneksi antar materi, mengaitkan materi pengambilan keputusan berbasis nilai - nilai kebajikan sebagai pemimpin dengan materi pada modul sebelumnya.

Terakhir adalah aksi nyata. Dimana CGP diminta untuk mempraktikkan proses pengambilan keputusan, paradigma, prinsip dan pengujian keputusan di sekolah.

Tangal 18 September 2023. Saya melaksnakan PI4 bersama ibu Nanik Kurnia. Di sini saya mendapatkan ilmu teknik coaching klinik supervisi akademik dan saya juga melakuka praktik mengajar di hadapan beliau yaitu pembelajaran berdiferesnisasi sosial emosional.

Dan 23 September 2023 kegiatan Lokakarya 4 Program Pendidkan Guru Penggerak Angkatan 8 Lokasi di SMP Negeri 01 Batang, dengan materi coaching untuk supervisi akademik dan kami banyak belajar praktek coaching sesama CGP

Foto Bersama KetikaLokakarya 4, dok. pribadi

2. Filling ( Perasaan )

Perasaan saya setelah mempelajari modul 3.1 adalah sangat bersyukur, karena banyak pemahaman baru yang saya peroleh dalam mengambil suatu keputusan. dan saya merasa tertantang untuk menerapkan dan terus ber;atih 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan jika saya mengalami dilema etika di kehidupan saya. Pengambilan keputusan yang tepat tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif aman dan nyaman bagi semua semua pihak.

3. Finding ( Pembelajaran )

Pembelajaran yang saya peroleh dari modul 3.1 ini adalah bahwa dalam pengambilan suatu keputusan haruslah berdasarkan nilai - nilai kebajikan, berpihak pada murid dan dipertanggung jawabkan. Kemudian kita harus mengidentifikasi terlebih dahulu apa permasalahan yang dihadapi apakah dilema etika atau bujukan moral. Penerapan 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan sebagai langkah awal untuk menentukan apakah masalah tersebut dilema etika atau bujukan moral.Dimana dilema etika itu adalah situasi keduanya benar dan bujukan moral itu situasi benar atau salah. Apabila sebuah kasus sudah dipahami sebagai pelanggaran hukum , maka langkah - langkah pengambilan keputusan tidak perlu dilanjutkan karena sudah melewati uji legal ( hukum ) yang menyatakan kasus tersebut adalah benar lawan salah ( bujukan moral)

4. Future ( Penerapan )

Dengan pemahaman dan pengetahuan yang saya peroleh diari modul 3.1 ini, saya akan mulai menerapkan 4 paradigma pengambilan keputusan , 3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan jika saya dihadapkan dengan permasalahan situasi dilema etika. Dan saya akan terus berlatih dan berbagi pengalaman dengan rekan sejawat saya mengenai langkah - langkah pengambilan keputusan ini. Agar nantinya kami dapat mengambil keputusan sesuai dengan nilai - nilai kebajikan universal dapat dipertanggung jawabkan dan semuanya berpihak pada murid.

Terima kasih

Salam dan Bahagia

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post