sri indahningrum

Belajar dan terus belajar itu yang bisa kulakukan.Belajar menjadi anak yang berbakti, belajar menjadi istri yang sholekha,belajar menjadi ibu yang amanah dan be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Sosial Emosional

Pembelajaran Sosial Emosional

Mendesain pengalaman belajar dan lingkungan belajar dengan menanggapi atau merespon kebutuhan belajar anak agar anak dapat mencapai tujuan pembelajarannya adalah sebuah langkah yang baik.Namun keberhasilan suatu pendidikan tidak hanya cukup dengan ketercapaian tujuan pembelajarannya saja.Karena sesuai pemikiran KHD bahwa pendidikan adalah menuntun tumbuh kembangnya benih – benih kebudayaan.Dan hal itu akan menjadi sia – sia jika anak - anak kita sebagai benih – benih kebudayaan, tumbuh dengan sosok yang tidak dapat mengelola sosial emosional pada dirinya hingga menimbulkan permasalahan – permasalahan sosial di Masyarakat.

Letak urgensi Pembelajaran Sosial Emosional adalah untuk mendorong tumbuh kembang anak secara holistik. Pembelajaran yang mampu menciptakan pengalaman belajar bagi anak untuk menumbuhkan dan melatih lima Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE), yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Agar dapat mendesain pembelajaran yang memenuhi kebutuhan belajar anak dan memberikan pengalaman belajar dalam mengelola sosial emosional mereka, maka bisa kita mulai dengan mengeksplorasi PSE melalui empat indikator yaitu, pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah, serta penguatan KSE pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) melalui keteladanan, proses belajar, dan kolaborasi dengan seluruh komunitas sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu

06 Aug
Balas



search

New Post