Sri Kurnawati, S.Pd.

Tutor Kesetaraan PKBM Puspita Jl. Kuburan Komplek Timur Abepantai juga sebagai Tutor Bantu di SKB Kota Jayapura...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentingnya Motivasi

Pentingnya Motivasi

Pelatihan “Workshop Penulisan Bahan Literasi Bagi GTK PAUD dan Dikmas” sangat menyenangkan. Dalam pelatihan ini kita diajarkan untuk berani berkarya membuat tulisan yang kreatif. Kita dimotivasi bahwa guru pasti bisa untuk menulis. Membaca adalah kunci utama untuk dapat menambah bahan menulis kita.

Pelatihan ini lebih bagus lagi bila diadakan di setiap daerah, khususnya kami di Papua. Sebagian guru di Papua termasuk saya belum mengenal bagaimana cara menulis buku. Diperlukan sosialisasi kepada guru tentang pentingnya bahwa setiap guru diharapkan untuk menulis buku dan cara membuat buku. .

Untuk menumbuhkan minat baca bagi siswa kita, diharapkan guru harus lebih dulu memiliki minat baca. Guru sangat berperan penting dalam kemajuan siswanya. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, anak-anak lebih senang bermain HP dari pada membaca buku pelajaran, khususnya warga belajar keseteraan agar dapat menambah wawasan. Ini menjadi PR kita agar bagaimana caranya anak dan warga belajar dapat mempunyai minat baca, misalnya dengan kita membuat tulisan yang dapat dipahami dan menarik bagi pembaca.

Selain sebagai tutor kesetaraan, saya juga mengikuti kegiatan literasi untuk mengajak anak membaca buku. Di Papua sudah digerakkan Perpustakaan Jalanan gratis dari Sekolah Menulis Papua, tetapi pengunjungnya masih sedikit. Berbagai upaya sudah diupayakan dengan berbagai cara. Kita mendatangi tempat-tempat keramaian yaitu di Dinas Otonom Kotaraja dan di Taman Imbi Jayapura yang ramai dikunjungi. Kita sudah mengajak untuk membaca buku gratis, tetapi masih banyak orang menolaknya. Dalam kasus inilah harus dibutuhkan cara yang menarik agar kita di Papua khususnya Kota Jayapura mempunyai minat baca. Dengan minat baca yang tinggi, kita dapat membuat karya tulis.

Saya baru pertama kali mengikuti kegiatan ini, dan sangat menarik. Saya banyak mendapat ilmu dari kegiatan ini, yang sama sekali tidak tau cara menulis buku, di sini kita diajarkan dan langsung praktek menulis. Semoga kegiatan ini memotivasi saya dan peserta lain. Harapan saya ke depan, saya pulang Papua bisa berbagi ilmu yang di dapat dari kegiatan ini. Saya berharap guru-guru di Papua tidak kalah bersaing dengan guru yang ada di luar Papua dalam literasi. Salam literasi.

Keterangan: Penulis adalah peserta Workshop Penulisan Bahan Literasi GTK PAUD dan Dikmas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post