SRIMAFIANTI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KESEMPATAN EMAS YANG MENYENANGKAN

Sore itu sontak saya sangat terkejut tidak kepalang karena dipanggil oleh kepala Kabid bagian TK untuk mengambil surat tugas ke kantor dinas Kota Padang Panjang Sumbar. Senang dan bagaikan mimpi saya terpanggil untuk mengikuti kegiatan Bimtek literasi penulisan buku tahun 2017 yang diadakan oleh P4TK dan PLB Bandung di Kota Medan. “waw..naik pesawat lagi nih ke Kota medan..Asyiiik” pikirku dalam hati.

Berbagai persiapan saya laksanakan untuk berangkat ke Kota Medan dua hari setelah mendapatkan surat izin tersebut. Mulai dari persiapan di sekolah seperti konfirmasi kepada kepala sekolah. Serta persiapan perlengkapan dan peralatan yang akan dibawa dan yang akan ditinggalkan juga saya kerjakan. Maklum ibu rumah tangga banyak hal yang dipersiapkan untuk dibawa dan di tinggalkan.

Minggu tanggal 07 mei 2017 hari keberangkatan, saya sangat bersemangat sekali..kendati hanya saya seorang utusan dari kota saya. Mulai dari keberangkatan dengan menggunakan pesawat udara bersama dengan rekan-rekan propinsi yang sama. “aiiih...senengnya saya bisa mampir ke kota Medan”. sampai pendaratan pesawat di bandara Kuala namu di Kota Deli serdang Propinsi Sumatera Utara. Jadi malu dalam hati karena sebelum mendarat memikirkan kalo bandaranya langsung ke Kota Medan, ternyata tidak saya melakukan perjalanan darat lagi selama 2 jam ke Griya Hotel tempat saya menginap. Saya menikmati tatanan gedung demi gedung jalan demi jalan sampai ke tempat tujuan menginap. “alhamdulillah....sampai di Griya Hotel, saya dan rekan-rekan langsung daftar sama panitia, check in kamar hotel, makan siang kemudian baru rehat sejenak di kamar hotel.

Kegiatan hari pertama ini adalah saya mengikuti pembukaan Bimtek literasi penulisan buku tahun 2017 yang diadakan oleh P4TK TK dan PLB Bandung oleh Bapak Ketua P4TK yaitu Bapak Syam Yond. Perasaan senang dan bangga menyelimuti hati ini, karena mungki tidak semua guru bisa mengikuti kegiatan ini. Berarti saya termasuk orang beruntung dan dapat rahmat oleh Allah untuk mengikuti kegiatan ini. Artinya setelah kegiatan ini saya harus bisa menerbitkan satu buku saja. Wah hal yang luar biasa bagi saya bisa menulis buku karena saya adalah tipe orang yang susah membaca, sukanya malah nonton daripada membaca. Dengan kegiatan ini saya harus mampu merubah kebiasaan dari suka nonton menjadi suka membaca dan harus bisa membuat hal-hal yang bisa dibaca.”prok.prok..” bunyi tepuk tangan peserta yang bergemuruh membangunkan kata hatiku.

Senin tanggal 08 Mei 2017 hari kedua dimulailah kegiatan hari ini dengan penjelasan dari Nara Sumber Bapak Eko Prasetyo tentang bagaimana cara-cara dan kiat kita untuk bisa menulis sebuah buku yang bisa kita terbitkan sendiri atau tidak. Intinya kita harus punya minat baca yang luar biasa sehingga bisa membuat sebuah karya tulis yang menyenangkan dan enak untuk dibaca oleh semua kalangan terutama anak-anak serta inspiratif bagi rekan rekan guru atau teman-teman lain. Buku boleh berupa naskah cerita bergambar bagi anak, pengalaman, karya tulis ilmiah dan lain sebagainya. Beliau mengatakan kalau dalam sebuah buku atau tulisan harus ada pesan yang kita sampaikan. Nah..cocok kan, artinya sesuai dengan minat saya dalam bercerita atau mendongeng. Dengan kegiatan ini saya bisa mengembangkan minat mendongeng dengan membuat berbagai cerita sendiri tanpa mem-plagiat karya orang lain.”catet..” enggak boleh plagiat.

Setelah bapak Eko Prasetyo menjelaskan, materi disambung oleh Bapak Muhammad Ihsan, beliau sangat menginspirasi semua peserta dengan memberi semangat dan dukungan serta dorongan agar semua peserta tidak merasa minder dan ragu untuk menulis sebuah buku, apapun jenis buku tersebut. Banyak kisah yang memberi semangat yang beliau tayangkan. Samapai saya dan beberapa peserta lainnya menitikkan air mata. Tetapi hal itu menambah semangat yang menggebu bagi semua peserta untuk menulis sebuah buku.

Kegiatan awal menulis buku kami mulai dengan tema kegiatan saya kali ini yaitu tentang Bimtek literasi penulisan buku tahun 2017. senang rasanya bisa mendapatkan pengalaman bimtek ini, kapan lagi kan saya bisa dapat kesempatan ini karena tidak semua orang beruntung seperti saya. Terima kasih pak Syam Yond telah mengadakan dan mengundang saya, terima kasih bapak Eko Prasetyo dan Muhammad Ihsan atas ilmunya. Semoga saya bisa menjadi penulis yang menyenangkan melalui buku yang enak untuk di baca. Amiiin...Pokoknya ! Kegiatan ini sangat menyenangkan.

Penulis adalah Peserta BIMBINGAN TEKNIS LITERASI PENULISAN BUKU TAHUN 2017 PPPPTK DAN PLB BANDUNG TANGGAL 07-10 MEI 2017 DI MEDAN

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

hobi menonton bisa menjadi tulisan/artikel. Tuliskan saja apa yang ditonton. Enak kan? Luar biasa. Tulisannya menginspirasi. Semoga mimpi Sagusabu menjadi nyata. Amiin.

08 May
Balas

Mantap... Awal pekerjaan yg baik.

08 May
Balas

Mantap... Awal pekerjaan yg baik.

08 May
Balas



search

New Post