Sri.Muliani,S.Pd

BIOGRAFI Telah dilahirkan seorang perempuan pada tanggal 12 Juni 1968 di kota Kuala sebuah kota kecil di Kabupaten Langkat yang terletak di Provnsi Sumat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bawang Liar Yang Bermanfaat. Oleh  SRI MULIANI,S.Pd   Tantangan Menulis Gurusiana Ke- 83

Bawang Liar Yang Bermanfaat. Oleh SRI MULIANI,S.Pd Tantangan Menulis Gurusiana Ke- 83

Bawang dayak itulah julukan untuk bawang tersebut. Aku sendiri tidak tahu mengapa namanya seperti itu padahal di daerahku Sumatera Utara jenis tumbuhan ini sudah ada sejak aku masih anak- anak. Mungkin asal muasal nya bawang ini memang banyak di temukan di Kalimantan. Tumbuhan ini ketika aku kecil hanyalah untuk mainan masak- masakan,aku sangat suka dengan warnanya yang merabela seperti sirup, saat disiram air. Tak banyak yang tau kalau tanaman ini ternyata banyak mengandung manfaat .

Sekarang berkat perkembangan teknologi Informasi pengetahuan orang semakin bertambah. Akibat browsing internet ternyata bawang dayak banyak manfaatnya .Dapat di manfaatkan untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Manfaat dari bawang dayak untuk kecantikan adalah: untuk menjaga kesehatan kulit mampu mencerahkan dan menghilangkan bintik –bintik hitam pada kulit wajah.

Beberapa manfaat bawang dayak untuk untuk kesehatan tubuh adalah:

1. Meningkatka metabolisme, Kandungan alkaloid dalam bawang dayak mampu meningkatkan sistem metabolisme dan membantu sistem pencernaan, juga mampu mencegah infeksi usus dan masalah ginjal

2. Menurunkan kadar gula darah karena dalam bawang dayak mengandung beberapa senyawa yaitu flavonoid,glikosida,alkaloid dan juga saponin.

3. Mengobati batu ginjal.Karena kegunaan bawang dayak mampumenurunka pH urine serta menurunkan kadar kalsium yang dapat membantu proses penghancuran batu dinjal.

4. Menurunkan tekanan darah

5. Menangkal radikal bebas.

Cara Mengolah Dan Mengkonsumsi Bawang Dayak

Ambil umbi bawang dayak sebanyak 3-4 buah lalu cuci bersih, Rajang /iris tipis – tipis seduh dengan segelas air mendidih,minum dalam keadaan hangat 2-3 kali sehari

Demikian sedikit ulasan tentang manfaat bawang dayak, semoga bermanfaat .

# Sekian dan terimakasih#

# Salam Literasi #

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dibelakang rumah saya banyak bu, memang ditanam sih. Sukses ya bu

03 Aug
Balas

Mantaap bu,sebagai apotik hidup,sekaligus penghijauan,sukses selalu ya

04 Aug

Salahnya jauh ya Bu Sri...kalau deket bisa minta dan di coba hehehe. Sukses ya Bu

04 Aug
Balas

Alah masih satu wilayah bu, kapan ada waktu datang lagi ke rumah,salam sukses selalu

04 Aug

Bnyak khasiatnya yaaa bund....terima kasih infonys

02 Aug
Balas

Terimakasih bun atas kunjungannya salam sukses selalu

02 Aug

Keren bu, terima kasih infonya.

02 Aug
Balas

Terimakasih juga bun atas kunjungannya,salam sukses selalu

02 Aug

Mantap Bun..

02 Aug
Balas

Terimakasih bun atas kunjunganya,salam sukses selalu

02 Aug



search

New Post