Sri Mulyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PESONA LOMBA SKOTSA BONDOWOSO

PESONA LOMBA SKOTSA BONDOWOSO

TANTANGAN HARI KE 1 #GURUSIANA PESONA LOMBA SKOTSA ( SEKOLAH KOTAkULON 1 ) Pada hari sabtu tanggal 18 januari tahun 2020 , telah di laksanakan lomba kebersihan antar kelas di SDN Kotakulon 1 Bondowoso ,lomba ini di program oleh kepala sekolah ,Bapak Abdul Kholik SPd Bapak Kholik nama panggilan akrab sehari hari di sekolah .Beliau Jauh sebelumnya dan beberapa waktu sebelum lomba sudah menyampaikan program ini kepada semua warga skotsa ,baik kepada pihak guru, maupun siswa –siswinya , pemberitahuan lomba ini di sampaikan melalui guru kelas , dan juga di sampaikan kepada siswa langsung ,khususnya pada waktu upacara sekolah, setiap hari senin beliau menyampaikan ,agar siswa siswi SDN Kotakulon 1 juga ikut serta mempersiapkan diri untuk bekerja sama dan ikut serta berpartisipasi dalam lomba kebersihan kelas ini.

Selain guru dan siswa serta orang tua siswa juga ikut terlibat dalam kegiatan ini, masing masing kelas di bentuk paguyuban ,dan mereka ikut bertanggung dan berpartisipasi serta bergotong royong bekerja dalam menata kelas dan memodifikasi agar kelas itu menjadi kelas yang bersih, ndah dan menyenangkan ,sehingga membuat anak anak kerasan dan tidak jenuh dalam belajar dan itu terbukti dari lima belas kelas yang ada di SDN Kotakulon 1, hampir semua kelas menjadi kelas yang indah, bersih, segar dan menyenangkan setiap mata yang memandang pasti akan terpana . Setiap insan yang lewat pasti akan terpesona, Adapun kriteria penilaian lomba kebersihan antar kelas ini mencakup beberapa hal ,di antaranya :kebersihan kelas , menjadi dominasi pertama dalam hal penilaian .Kreatifitas kelas meliputi bagaimana kekreatifan guru,siswa dan paguyuban dalam bekerja sama dan berkolaborasi dalam mendesain ruangan kelas,juga menjadi penilaian tersendiri .Mereka selalu bergotong royong ,bekerja ,sampai tidak sedikit dari mereka yang lembur demi mencapai tujuan ,selain itu kelengakapn pajangan di kelas seperti slogan slogan yang erat kaitannya dengan pendidikan dan kebersihan serta keindahan lingkungan juga menjadi penilaian lomba ini .

Bagaimanakah dengan tanaman perdu atau tanaman hias yang ada di sekitar kelas? Apakah juga termasuk dalam kriteria penilaian ? Tentunya iya , karena tanaman itu sebagai pendukung utama ,agar ruang kelas itu bisa indah ,sejuk dan menyenangkan , maka dari itu tidak sedikit ,dari para siswa dan para orang tua ,yang berkreasi dalam menanam dan menata tanaman bunga tersebut , berbagai cara mereka lakukan ,dengan cara membawa bunga langsung dari rumah ,di bawa ke sekolah dan di tata supaya tanaman bunga itu terlihat indah . wah……pokoknya hari hari sebelum lomba suasana SDN Kotakulon 1 Bomdowoso sangat berkreasi dan mempesona .

Lalu penilaian apalagi yang menarik dalam lomba ini ? yaitu : Perpustakaan mini yang menjadi sudut baca bagi anak anak ,untuk membaca buku ,di waktu jam kosong seperti waktu istirahat ,atau di jam menunggu waktu ,di perpustakaan mini kelas , terdapat berbagai macam buku seperti buku cerita ,buku kumpulan doa ,buku komik dan lain sebagainya ,perpustakaan mini itu ,menjadi tempat yang menarik dan sangat penting bagi siswa untuk menjadi gerai literasi Skotsa .

Bagaimana peran para orang tua ,khususnya paguyuban kelas dalam lomba kebersihan ini ? Apa yang mereka lakukan ketika penilaian berlangsung ? tentunya peran mereka sangat penting sekali , contohnya ,ketika juri menilai masuk ruangan , paguyuban atau para orang tua siswa ,sudah mempersiapkan diri di kelas ,dan mereka itu juga mendapat bagian pertanyaan dari dewan juru ,contohnya seperti yang di lakukan oleh salah satu juri Bapak Matyono MPd ,ketika bertanya kepada siswa kelas 2B , ini contoh pertanyaannya .di manakah ada tulisan visi dan misi ? dengan serempak anak kelas 2B menjawab ,di sana pak …..sambil menunjuk kearah tembok yang ada tulisan visi dan misi . Bapak Matyono menyuruh anak anak ,untuk membacanya ,dengan serempak pula anak anak membaca tanpa melihat tulisa itu ,karena mereka sudah hafal bacaan visi dan misi . Setelah bertanya kepada siswa ,Bapak Matyono selaku dewan juri .langsung bertanya kepda para orang tua ,yang ada di kelas itu . Apakah bapak ibu faham dengan visi misi itu ? para orang tua siswa menjawab : faham pak ,dan mereka berbincang bincang tentang sekolah dan penilaian ,Nah…di situlah peran orang tua siswa khususnya paguyuban dalam lomba kebersihan ini .

Siapakah yang menjadi juri dari lomba ini ? Bapak Kholik ,selaku kepala sekolah , menunjuk juri dari luar sekolah , yaitu bapak pengawas SD untuk menjadi juri , dua orang pengawas yaitu ,Ibu Sumarlin SPd MPd ,Drs Sujito MM ,dan Bapak Matyono MPd kepala SDN Dabasah 1 Bondowoso .Mereka bertiga yang memberikan penilaian di masing masing kelas ,dengan penuh teliti dan cermat ,masing masing kriteria penilaian mereka beri poin ,poin demi poin terkumpul akhirnya menjadi nilai kejuaraan .

Kemudian siapakah yang berhasil menjadi juara ? Semua kelas nilainya baik , dari semua kriteria mereka semua mendapat nilai yang baik , namun namanya lomba tentunya di pilih yang terbaik di antara yang baik .Akhirnya tepat pukul 11.00 kepala sekolah memberitahukan semua guru ,berkumpul di ruang guru ,dan di situlah ,semua dewan juri memberikan pengarahan , sekaligus mengumumkan siapakah pemeneng lomba kebersihan kelas SDN Kotakulon !1 Bondowoso ,dengan penuh hati hati beliau mengumumkan ,tentunya yang mendengarkan merasa deg degan dan dag dig dug der ....Akhirnya di umumkan bahwa pemenangnya adalah: Juara 1 kelas 2A guru kelas Ibu Erwin Adriati SPd Juara 2 kelas 6B Guru kelas Bapak Pujiono ,SPd Juara 3 kelas 3A Guru kelas Ibu Rieka Indrawati SPd Harapan 1 kelas 1A Guru kelas Ibu Rahmatika ,SPd Harapan 2 kelas 4A Guru kelas Ibu Titi Nurul Khotimah,SPd Harapan 3 kelas 3B Guru kelas Ibu Tien Sofiantini SPd Semoga dengan adanya lomba ini, skotsa selalu bersih ,indah dan mempesona ,sehingga sedap di pandang mata , selain itu tujuannya untuk menanamkan karakter pada siswa tentang budaya dan peduli lingkungan .

Lomba kebersihan kelas SDN Kotakulon 1 kecamatan Bondowoso ,Kabupaten Bondowoso ini , di laksanakan bukan semata mata karena lombanya ,atau hadiahnya ,atau pemenangnya ,namun lomba ini di laksanakan dalam rangka untuk mencapai tujuan dari visi misi SDN Kotakulon 1 yaitu : Tercapainya prestasi ,berwawasan global,yang di landasi dengan akhlak mulia,berbudaya dan peduli lingkungan . SDN kotakulon 1 selalu komitmen dengan visi misinya contoh tercapainya prestasi ,dalam hal prestasi baik siswa maupun guru SDN Kotakulon 1,sudah membuktikan bahwa mereka dapat berprestasi ,baik di bidang akademik maupun non akademik ,wawasan global mereka miliki ,ahlak mulia mereka terapkan dalam kehidupan sehari hari ,baik di sekolah maupun masyarakat dan peduli lingkungan mereka amalkan ,kapanpun dan di manapun kita berada .

Kegiatan SDN Kotakulon 1 hari ini , walaupun di terpa dengan berbagai macam kesibukan kerja ,dan tuntutan kreatifitas ,namun guru , siswa orang tua siswa khususnya kepala sekolah ,tidak pernah merasa mengeluh ,atau surut dalam bekerja , karena mereka sadar bahwa ini semua merupakan tugas dan tanggung jawab kita, sebagai pendidik ,yang selain menjadi pendidik juga menjadi pembimbing bagi anak didik kita ,untuk menjadi siswa yang bertagwa ,selain itu menjadi siswa yang cerdas,berkarakter ,menyenangkan ,luar biasa dan hebat . PESONA SKOTSA ,TERUSLAH BERKREASI

Bondowoso, 19 Januari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga tulisan ini ermanfaat .Amin .

19 Jan
Balas

Semoga tulisan ini bermanfaat.Amin .

19 Jan
Balas



search

New Post