Sri Mulyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SEHAT DAN CERDAS DENGAN GARAM BERYODIUM

SEHAT DAN CERDAS DENGAN GARAM BERYODIUM

TANTANGAN HARI KE 9

#TANTANGAN GURUSIANA

Dalam kehidupan sehari hari , semua orang tidak lepas dari kebutuhan hidup ,yang utama kita butuhkan adalah makan dan minum ,karena makan dan minum merupakan cara untuk kelangsungan hidup seseorang . Namun kita harus berhati hati dengan makanan yang kita butuhkan.Ada kalanya makanan itu menyehatkan dan ada pula yang menggerogoti kesehatan kita .

Tidak sedikit petugas kesehatan dari puskesmas , yang memberikan penyuluhan tentang bagaimana caranya agar kita pandai pandai memilih makanan yang sehat .Contohnya kemarin di sekolah di datangi petugas kesehatan dari puskesmas kotakulon memberikan sosialisasi kepada siswa dan guru tentang garam beryodium .

Sebelum petugas datang ke sekolah ,ada pemberitahuan ,kepada pihak sekolah ,bahwa anak anak di suruh membawa garam dari rumah , dan itu di sampaikan oleh guru kelas yang bersangkutan. Banyak bermacam macam merk garam yang di bawa ,di kumpulkan di kelas masing masing Petugas dari puskesmas mengadakan tes garam yang mengandung yodium atau tidak , dari berbagai macam merk garam yang di kumpulkan oleh anak anak kelas ,garam tersebut di tes satu persatu ,di depan kelas dan hasil hasil tes tersebut langsung di sampaikan kepada anak anak , yang mana yang termasuk garam beryodium dan yang tidak .Anak anak memperhatikan secara seksama. Menurut petugas dari puskesmas ,selain garam beryodium menjelaskan juga ,bahwa yang tidak kalah pentingnya , kita harus menghindari makanan yang mengandung 5P .Apa itu 5P ? 5P adalah :

1 .Pemanis

2. Penyedap

3. Pewarna .

4. Pengenyal .

5 .Pengawet .

Lima unsur tersebut merupakan salah satu pemicu penyakit yang dapat mengganggu kesehatan kita ,karena hal tersebut ,dapat menggerogoti kekebalan tubuh kita, dan bisa menyebabkan tubuh kita sakit ,bahkan sakitnya merupakan penyakit berat yang di akibatkan oleh lima unsur tersebut . maka dari itu ,hindarilah 5P tersebut dan pilihlah makanan yang sehat agar tubuh kita selalu sehat . Ada tips atau cara mengetahui makanan itu mengandung pengawet atau tidak, misalnya ketika membeli ikan . Siapkan alat sederhana di bawah ini !

1. kunir secukupnya

2. lidi atau tusuk gigi .

3. Kain pembungkus .

Caranya : ambil kunir secukupnya dan di parut , kemudian parutan kunir tempelkan kepada lidi atau tusuk gigi yang sudah tersedia , lalu di bungkus kain yang sudah tersedia , setelah itu tusukkan lidi yang sudah terbalut dengan parutan kunir di tusukkan kepada ikan tersebut selama beberapa menit ,setelah itu cabutlah lidi tersebut ,dan hasilnya ,apabila lidi itu berwarna merah maka ikan itu ada pengawetnya atau formalin ,tetapi apabila lidi tersebut tidak berubah warna ,ikan tersebut tersebut ,bebas dari pengawet ,dan ikan seperti itu baik dan sehat untuk di makan .

Berikutnya tips kedua yang lebih sederhana lagi untuk memilih ikan yang sehat .

1.Carilah ikan yang warna matanya masih cerah .

2. Lihatlah sirip ikan ,apakah masih segar atau tidak .

3. Apabila ikan itu di datangi oleh lalat ,maka ikan itu bebas dari pengawet .

Demikian tips sederhana ,agar kita dapat membedakan makan yang mengandung 5P atau tidak , maka dari itu ,sebagai orang tua ,khususnya ibu ibu ,pandai -pandailah memilih makanan yang sehat ,agar keluarga kita sehat ,dan juga terhindar dari segala macam penyakit yang di sebabkan oleh makanan yang kurang sehat .

Semoga bermanfaat .

Bondowoso, 23 Januari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, keren Bu sri

27 Jan
Balas



search

New Post