Sri Mulyaningsih

Guru Al-Qur'an Hadits MTs.Negeri 5 Jakarta Utara PNS 2015/IVa...

Selengkapnya
Navigasi Web
KBM TAHUN PELAJARAN BARU DI MASA COVID 19

KBM TAHUN PELAJARAN BARU DI MASA COVID 19

KBM TAHUN PELAJARAN BARU DI MASA COVID 19

30 MEI 2020

#Tantanganmenulisgurusiana hari ke-26

Kali ini saya akan mengulas terkait rencana pemerintah yang akan mengefektifkan kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah pada tahun ajaran baru 2020/2021 yakni tanggal 13 Juli 2020. Sepertinya kebijakan itu diambil sebagai wacana “New Normal” yang merupakan tatanan kehidupan baru. Atau bisa juga sebagai bentuk “berdamai dengan corona” seperti yang pernah disampaikan oleh presiden Bapak Jokowidodo. Meskipun hal tersebut telah menimbulkan keresahan baru di tengah masyarakat, apakah dengan mengefektifkan kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah, tidak akan berakibatnya para siswa menjadi terpapar covid 19 ini ? atau apakah juga sekolah sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik ? Dan bagaimana cara kegiatan belajar mengajar itu akan berlangsung, bagaimana dengan sekolah yang memiliki kuantitas jumlah murid yang amat besar, proses sosial distancing atau physical distancing akan dapatkah berjalan dengan efektif ? Tahu kan, bagaimana tingkah dan pola anak-anak, jika ada guru mungkin bisa berjalan efektif social dan physical distancingnya. Bagaimana jika terjadi pergantian jam belajar, mereka pasti sibuk dan menyibukkan diri dengan dunia mereka, saling canda, tawa, bahkan sempat-sempatnya bermain lari-larian , ngusilin teman dan beragam pola yang akan mereka lakukan.

Kehidupan berjalan sebagaimana mestinya saat tidak dalam pandemic covid 19 ini, sulit menjadi kenyataan. Begitupula kegiatan belajar mengajar, tidak mungkin dapat berjalan sebagaimana mestinya. Di masa wabah covid 19 ini, kesehatan atau dalam hal ini kekebalan imun seseorang amat sangat dibutuhkan untuk menangkal virus ini. Maka teramat penting pula untuk menjaga kondisi kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan , tanpa membuat anak stress atau berada dalam tekanan karena tugas-tugas yang diberikan. Oleh sebab itu guru perlu menyusun kegiatan belajar mengajar dengan media pembelajaran baik daring maupun luring, harus mempertimbamgkan juga sarana dan prasana siswa, maka diperlukan media pembelajaran yang tepat sasaran dan terjangkau oleh semua siswa.

Kegiatan belajar mengajar lembaga pendidikan di bawah naungan kantor wilayah kementerian agama provinsi DKI Jakarta di tahun ajaran baru yakni tahun 2020/2021 akan berjalan berdasarkan SK Dirjen Pendis No 2491 tahun 2020 tentang kalender pendidikan tahun pelajaran 2020/2021 dan SK Dirjen Pendis No 2791 tahun 2020 tentang kurikulum darurat.

1. Telah disusun draft SOP terkait pelaksanaan KBM di madrasah pada masa covid 19

2. KBM awal tahun ajaran baru di madrasah akan di mulai 13 Juli 2020 dengan format sebagai berikut :

a. 2 hari di sekolah { rencananya hari Senin dan Rabu} dengan cara ;

Hari pertama, yang masuk rombongan belajar kelas 7, 8, dan 9 sebanyak 50%. Hari kedua, yang masuk adalah yang 50% nya lagi dari rombongan belajar kelas 7, 8, dan 9.

b. 3 hari PJJ di rumah {rencananya hari Selasa, Kamis, pemberian materi dan hari Jum’at penugasan}

3. KBM dimulai pukul 07.30 sd. 12.00 {setelah sholat dzuhur berjama’ah}. Dimulainya pukul 07.30 dengan harapan siswa sudah sarapan di rumah dan orang tua sudah juga mempersiapkan bekal makanan agar siswa terjaga kesehatannya. Kantin ditiadakan untuk menghindari kerumunan, maka siswa diharuskan membawa makan siangnya masing-masing.

4. MGMP segera menyusun Tim yang menyusun materi pembelajaran sesuai dengan keadaan darurat. Dengan cara menyusun materi essensial yang akan diajarkan siswa, lengkap dengan RPP dan media pembelajarannya. Adapun perangkat yang perlu disiapkan dalam materi essensial ini adalah sebagai berikut:

a. Pemilihan materi yang akan diajarkan adalah hanya 50% saja dari materi normal

b. Media pembelajaran yang digunakan berupa; video, audio, rangkuman materi

c. Media evaluasi yang digubakan diharapkan penggunaan media pembelajaran dan evaluasi selalu memperhatikan kemampuan sarana dan prasarana siswa

d. Materi essensial yang dibuat dapat dikolaborasi dengan maple lain sehingga menjadi materi tematik.

Semoga kegiatan belajar mengajar yang akan efektif berjalan di tahun ajaran baru 2020/2021 dapat berjalan dengan lancar dan seluruh siswa, guru dan karyawan serta orang tua siswa, selalu disehatkan dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Amiin Ya Rabbal’alamiin.

Jakarta

By. Sri Mulyaningsih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga pandemi ini segera berlalu. Semoga Allah SWT memudahkan setiap ikhtiar kita. aamiin

31 May
Balas

Mesti arif dalam mengambil keputusan......

30 May
Balas

Bwtul Bun, ..haeus dwngan hati2 jangan gwradak gwruduk

31 May

Ha..ha..iya y..tp demi tdk bnyak beban jd hrs dipilih

31 May
Balas

Semua materi essensial ya.

31 May
Balas

Berencana tidak segampang melakukannya, bagaimana dengan anak2 yang sekolahnya jauh dari daerahnya, apa dia kebal dari virus yang tidak tahu sumbernya dari siapa..... Semoga kekuatiran kita cepat diganti dengan kenyamanan,ketentraman oleh yang maha kuasa

31 May
Balas

Semoga Allah SWT memberi perlindungan kepada semua Guru Indonesia dan semua pelajar Indonesia, dan seluruh bangsa Indonesia.

01 Jun
Balas



search

New Post