SRI MURWANTO

Pria ini lahir di Klaten pada 25 Maret 1975 adalah alumni Pendidikan Biologi Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univer...

Selengkapnya
Navigasi Web
CANGMER  BAGUS
Foto Tanaman Kacang Merah

CANGMER BAGUS

Sebagai seorang siswa sebuah Sekolah Dasar (SD) Bagus banyak melakukan kegiatan-kegiatan rutinitas di rumah saja. Kegiatan yang dilakukan disamping belajar daring di rumah antara adalah bermain di sekitar rumah bersama teman-temannya, seperti: bermain layang-layang dan bermain sepeda. Beraktifitas rutin di rumah membantu kerja orang tuanya, seperti: beternak ayam, membersihkan lingkungan sekitar rumah dan memelihara, menanam tanaman di pekarangan rumah. Beraktifitas di kebun membantu kerja orang tuanya seperti: memetik kopi, menanam kacang merah, menanam sayur-sayuran dan menanam daun bawang.

Salah satu tanaman yang dikembangkan di kebun adalah tanaman Cangmer yaitu kacang merah. Tanaman ini cocok ditanam di daerah dataran tinggi yang berhawa sejuk seperti daerah tempat tinggal Bagus. Kebun orang tua Bagus tidaklah terlalu luas kira-kira luasnya 800 meter2. Lokasi kebunnya tidak jauh dari rumahnya kira-kira 350 meter.

Keluarga Bagus biasanya pergi ke kebun pagi, siang atau sore hari tergantung keadaan cuaca atau kesibukan lainnya. Selama masa pancemi Covid-19 banyak waktu luangnya sehingga sering pergi ke kebun, tetapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan memakai masker. Kegiatan berkebun ini dilakukan Bagus untuk mengisi waktu luang, rekreasi, hiburan dan melatih jiwa wirausaha

Tanaman Kacang Merah dikenal masyarakat Indonesia dengan sebutan Kacang Merah dengan nama dalam bahasa latin Phaseolus vulgaris sedangkan dalam bahasa daerah nya Bagus dikenal dengan sebutan Campe’.

Ciri-ciri tanaman Kacang Merah antara lain: Daun berwarna hijau muda sampai hijau tua dengan permukaan yang kasar, berbentuk segitiga dengan tulang daun menyirip. Batang berwarna hijau berbentuk bulat. Akar berbentuk serabut yang panjang dan berjumlah banyak. Tanaman ini dikembangbiakkan secara generative dengan menggunakan bijinya. Bunga berbentuk seperti kupu-kupu berwarna putih ungu. Buah berbentuk polong yang berisi biji di dalamnya. Biji berkeping dua.

Bagaimana cara menanam Kacang Merah? Bagus menjawab “Untuk menamam tanaman ini langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1) Menyiapkan alat dan bahan.

a) Alat: Linggis, garpu, sabit, parang, sekop penyemprot dan tali rafia.

b) Bahan: Kebun, Air, Pupuk urea, pupuk NPK, Pupuk Kotoran kambing, Biji Kacang Merah, Racun rumput (Polaris).

2) Membersihkan rumput-rumput dan tanaman liar lokasi kebun dengan sabit dan parang.

3) Menyemprotkan racun gulma (Polaris) di permukaan tanah kebun.

4) Menggemburkan tanah di lokasi kebun dengan cara menggali dan membalikkan menggunakan linggis, garpu dan sekop.

5) Membuat bedengan-bedengan tanah dengan sekop dan tali rafia untuk meluruskan selokan.

6) Membuat teras-teras (terassering) dengan pondasi dari tumpukan batu di lokasi yang tanahnya miring. .

7) Menanam biji-biji Kacang Merah pada bedengan-bedengan tanah yang telah dibuat dengan jarak tanaman 20 X 20 Cm satu lubang berisi 2-3 biji.

8) Rawatlah kebun yang sudah ditanami Kacang Merah tersebut dengan rutin menyiram bila kekeringan.

9) Gemburkanlah tanah di kebun setiap 1 minggu serta bersihkan dari rumput liar dan hama yang muncul.

10) Berilah pupuk Seperlunya supaya subur.

11) Kira-kira 3 bulan daun Kacang Merah sudah tua.

12) Kacang merah siap dipanen dengan cara mencabutnya.

Perawatan dan pemeliharaan daun bawang tidak terlalu susah, sehingga sering ditanam di lahan pekarangan rumah. Yang Hama yang biasa menyerang tanaman ini ulat daun dan kutu. Gulma atau tanaman liar berupa rumput sering mengganggu apalagi saat musim hujan oleh karena itu harus rajin menyiangi dan menggemburkan tanahnya. Pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk organik yang berasal dari kotoran kambing. Pupuk anorganik yang digunakan Urea dan NPK.

Kacang Merah yang sudah dipanen dikeringkan sampai kering kemudian dikeluarkan dari polongnya dan siap dijual ke penjual di pasar. Kacang Merah di Pasar dekat rumah dijual dengan harga pasaran antara Rp 10.000,- sampai dengan Rp 15.000,- per kilogram. Dalam satu kali panen biasa diperoleh 100 Kg berarti bila harga Rp 15.000,-/ Kg maka Bagus memperoleh hasil 100 X Rp 15.000,- = Rp 1.500.000,-. dalam sekali panen. Ya ada tambahan untuk pembeli beras dan ikan Mama Bagus di rumah ya.

Kacang Merah dipergunakan oleh kaum Emak-emak sebagai bahan sayur. Menu makanan yang sering menggunakan Kacang Merah antara lain sop ayam. Kacang Merah banyak mengandung vitamin A sedikit vitamin B dan vitamin C. Manfaat daun Kacang Merah diantaranya menurunkan kolesterol jahat, membantu peredaran memperlancar peredaran darah, meningkatkan nafsu makan, mencegah kanker dll.

Demikianlah kisah Bagus untuk mengisi kejenuhan rutinitas belajar di rumah saja dengan berkebun Kacang Merah. Ingatlah pesan Bagus.

Kacang Merah di tanam di kebun

Kebun Bagus dekat dari rumah

Siapa suka makan protein

Pastilah dia akan cepat tumbuh

Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi teman-teman yang lainnya. Aamiiiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Matap mas... Jadi ingat masa kecil.. kalau sudah musim panen, berebutan mengambil tanaman yang buahnya paling lebat,, hehe... Sukses selalu

16 Aug
Balas

Ok. Terima kasih Pak

16 Aug

Wah tulisan yang sangat informatif dan inspiratif. Sehat, bahagia, dan sukses selalu.

19 Aug
Balas

Aamiiin. Semoga bermanfaat

20 Aug

Wiihhh, ulasannya lengkap banget. Cangmer ini kesukaan ibu saya hehe.... Makasih sudah berbagi ilmunya.

08 Oct
Balas

Mantap ulasan bertanam cangmer. Salam buat Bagus yang rajin.

05 Sep
Balas

Ya. Bu.Terima kasih.

06 Sep

Keren ulasannya Bunda

22 Aug
Balas

Waduh kok Bunda ya. Salah BuSemoga bermanfaat

23 Aug

berkebun sambil berliterasi. amazing pak Murwanto

15 Aug
Balas

Betul Pak. Semoga bermanfaat

15 Aug

Asyik nih berkebun. Sehat dan sukses selalu

20 Aug
Balas

Ya. bu Jadi hiburan juga.Aamiiin

22 Aug

Wah ... keren banget artikelnya...sangat inspiratif... terima kasih sudah berkunjung di blog saya...semoga panjang umur dan salam semangat.

24 Aug
Balas

Ya. Bu. Saling mengunjungi untuk menambah wawasan. Aamiiin

24 Aug

Artikel yang sangat bermanfaat. Salam sukses selalu, Pak.

15 Aug
Balas

Ya. Bu. Aamiiin

15 Aug

Mantap ulasannya pak sukses selalu ya

21 Aug
Balas

Ya.Terima kasih bu

22 Aug

Keren sekali ulasannya. Salam sehat dan bahagia

17 Aug
Balas

Terima kasih Bu.Aamiiin

18 Aug

Tulisan yang sangat bermanfaat dan informatif... Sukses selalu pak

24 Aug
Balas

Terima kasih Bu.Semoga bermanfaat

24 Aug

ulasan yangkeren, semoga sukses terus aamiin

24 Aug
Balas

Alhamdulillah.Aamiiin

24 Aug

Mantap Pak,sangat bermanfaat.Sukses selalu

15 Aug
Balas

Ya. Terima kasih

15 Aug

MaasyaAllah. Cantik sekali buah kacangnya. Salam literasi.

18 Aug
Balas

Ya. Bu kacang merah. Salam literasi

18 Aug

Keren tayangannya, mantap, sukses selalu pak sri murwanto

21 Aug
Balas

Ya. Semoga berguna.Aamiiin

22 Aug

waw keren sejak dini di ajari berkebun

15 Aug
Balas

Betul Bu. melatih kemandirian dan kewirausahaan

16 Aug

Mantap Pak,sangat bermanfaat. Salam sehat dan Sukses selalu

15 Aug
Balas

Aamiiin. Terima kasih

16 Aug

Mantap Pak,sangat bermanfaat. Salam sehat dan Sukses selalu

15 Aug
Balas

Ya. Bu. Aamiiin

16 Aug

Ulasan yg mantap dan bermanfaat Pak Sri Nurwanto. Salam literasi dan sukses selalu

23 Aug
Balas

Aamiiin. Teima kasih.Salam Lierasi Bu

23 Aug

Lengkap sekali ulasannya Bapak. Sayangnya, di tempat saya tidak ada tanaman kacang merah. Adanya kacang tanah. Sukses selalu Bapak.

22 Aug
Balas

Ya. Bu Banyak jenisnya Kacang Bu.Silahkan dicoba. bibitnya biasa dujual di toko pertanian.Aamiiin

23 Aug



search

New Post