SRI MURWANTO

Pria ini lahir di Klaten pada 25 Maret 1975 adalah alumni Pendidikan Biologi Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univer...

Selengkapnya
Navigasi Web
EVALUASI  DARKOM  DI SEKOLAHKU

EVALUASI DARKOM DI SEKOLAHKU

Sekolah kami adalah sebuah sekolah SMP Negeri yang berada di ibu kota kecamatan Kami. Sekolah kami mempunyai 360 siswa yang terbagi dalam 3 tingkatan masing-masing tingkatan terdiri dari 4 kelas yaitu: VII terdiri 4 kelas, kelas VIII terdiri 4 kelas dan kelas IX terdiri 4 kelas. Siswa-siswa yang sekolah di sekolah Kami berasal 6 desa yang berada di sekitar kecamatan Kami. Sekolah Kami telah melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan model pembelajaran daring dan model pembelajaran luring yang dikombinasikan yang Kami sebut sebagai model pembelajaran Darkom (Daring kombinasi).

Setelah 1 bulan melaksanakan model pembelajaran Darkom Kami melaksanakan evaluasi. Model Darkom Kami anggap menjadi solusi yang efektif dalam pembelajaran di masa Pandemi Covid-19, tetapi dalam pelaksanaannya ternyata banyak kendala yang muncul. Apa saja kendala Darkom yang sudah berjalan? dan Bagaimana cara mengatasinya? Bacalah uraian tulisan dibawah ini. Kendala pelaksanaan darkom di sekolah Kami diantaranya:

1. Memori data Hand Phone (HP) guru-guru cepat penuh.

Siswa mengumpulkan tugas-tugasnya secara daring dengan mengirim foto-foto tugasnya ke No WhatsApp (WA) guru mata pelajaran ternyata membuat memori data guru di HP cepat penuh. Hal ini terjadi terutama pada guru-guru mata pelajaran yang jumlah siswanya banyak. Sehingga mereka harus segera memindahkan datanya nya ke labtob atau menghapusnya.

2. Guru menjadi ekstra super sibuk

Guru melaksanakan pembelajaran daring secara mandiri di rumah dengan siswa-siswa yang diajarnya secara intensif selalu berkomunikasi dan berinteraksi secara daring dengan siswa-siswanya. Selain itu guru dituntut harus luring dengan cara mendatangi semua siswa ke rumah masing-masing maka guru akan menjadi super sibuk dan kelelahan melaksanakannya.

3. Tidak semua siswa terlayani

Guru melaksanakan luring dengan cara mendatangi semua siswa ke rumah masing-masing maka guru terutama yang jumlah siswa diajarnya banyak akan kehabisan waktu karena terlalu banyak rumah siswa yang didatangi sehingga ada siswa yang tidak dapat terlayani.

4. Biaya kuota Internet guru dan siswa membengkak

Dengan pembelajaran daring maka harus memiliki fasilitas untuk pembelajaran daring seperti HP dan tentunya untuk mengoperasikan HP memerlukan kuota internet /pulsa yang harus dibeli. Sehingga biaya pulsa baik guru maupun siswa akan membengkak.

Bagaimana cara mengatasi kendala pelaksanaan model darkom di Sekolah Kami? Untuk mengatasi kendala tersebut ada beberapa alternatif yang ditempuh oleh sekolah diantaranya:

1. Membuat Posko-posko belajar

Posko-posko merupakan tempat untuk membantu proses belajar siswa secara laring. Karena siswa Kami berasal dari 6 Desa maka Posko-posko tempat belajar Kami buat 6 Posko-posko belajar. Posko yang dipergunakan antara lain rumah tempat tinggal guru-guru yang ada di desa-desa sekitar sekolah Kami, rumah siswa, pasar dll.

Posko-posko belajar berfungsi sebagai tempat siswa belajar secara luring, tempat untuk membimbing siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar dan tempat mengumpulkan tugas asli siswa-siswa.

Semua guru di sekolah Kami diberi tugas sebagai petugas posko belajar. Satu posko terdiri dari 5-8 petugas yang bertugas secara bergantian. Petugas posko belajar berfungsi untuk membimbing siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar, memberi informasi jadwal pembelajaran luring di posko, mengumpulkan dan menglasifikasikan tugas asli yang telah dikerjakan siswa-siswa secara berkala serta mendistribusikan LKPD kepada siswa-siswa.

Siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar secara daring karena keterbatasan jaringan, sarana HP, kuota internet maka tempat belajarnya di posko-posko belajar. Petugas posko akan membagi siswa-siswa dalam kelompok belajar sesuai dengan tingkatannya disesuaikan dengan jadwal luring guru mata pelajaran. Tiap-tiap kelompok maksimal terdiri dari 5 orang siswa/siswi sesuai peraturan yang telah ditetapkan. Dalam melaksanakan pembelajaran guru dan siswa-siswa tetap harus menerapkan aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah 3M yaitu: Mencuci tangan dengan bersih, menggunakan masker dan menjaga jarak.

2. Mengumpulkan tugas-tugas Asli siswa secara berkala.

Untuk mengatasi supaya memori HP guru-guru tidak cepat penuh maka siswa-siswa dilarang mengumpulkan tugas secara online ke guru-guru mata pelajaran. Tetapi siswa mengumpulkan tugas asli secara berkala ke Posko-posko belajar. Jadi siswa-siswa yang belajar daring tetap datang ke posko mengumpulkan tugasnya secara berkala (luring). Siswa yang tidak terlayani datang ke posko belajar secara luring dibimbing oleh guru mata pelajaran dan mengumpulkan tugasnya secara berkala.

Untuk menghindari tugas-tugas siswa bercampur kelas dan bercampur beberapa mata pelajaran maka guru-guru mata pelajaran memberi waktu kepada siswa untuk mengumpulkan tugas-tugas asli yang telah dikerjakan secara berkala. Setiap tugas satu Modul selesai baru disatukan dan dikumpulkan di posko-posko belajar. Petugas posko akan memisahkan tugas-tugas siswa berdasarkan kelas dan mata pelajarannya setelah itu baru dibawa ke sekolah untuk diberikan kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan.

3. Membuat Jadwal daring dan luring PBM

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan Pengajaran membuat roster pembelajaran secara daring dan luring yang mengatur aktivitas pembelajaran dan membagi guru-guru yang bertugas di masing-masing posko belajar. Pembelajaran daring dilaksanakan dari sekolah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sekolah. Pembelajaran luring dilaksanakan di posko-posko pembelajaran juga menyesuaikan dengan roster yang telah dibuat sekolah .

4. Menganjurkan semua guru membuat Modul Pembelajaran

Untuk mempermudah pelaksanaan model pembelajaran Darkom (Daring kombinasi) maka guru-guru mata pelajaran dianjurkan membuat modul pembelajaran. Modul dapat berupa Lembar Kerja Peserta didik (LKPD). Dengan adanya LKPD maka siswa dapat bekerja secara mandiri di rumah sehingga guru tinggal mengontrol, memantau saja,memberi bimbingan dan arahan bila ada masalah /kesulitan pada siswa secara Darkom.

5. Menugaskan Guru BP/BK mendata siswa yang tidak terlayani

Guru-guru mata pelajaran membuat laporan belajar dari rumah (BDR) dikumpulkan ke sekolah. Laporan BDR berisi data siswa-siswa yang belajar secara daring, secara luring, secara darkom dan siswa-siswa yang tidak terlayani dalam pembelajaran kemudian sekolah menugaskan ke guru BP/BK untk menindaklanjuti. Guru BP/BK menindaklanjuti ke siswa yang tidak terlayani tersebut dengan kunjungan rumah (luring). Guru BP/BK kemudian melaporkan ke sekolah dan guru-guru mata pelajaran untuk memberi solusi pada masalah yang dialami oleh siswa yang tidak terlayani tersebut sehingga dapat belajar.

6. Memprogramkan Pemberian Kuota Internet kepada guru dan siswa

Program ini akan dibicarakan dengan semua komponen sekolah untuk memberi subsidi/bantuan kepada siswa yang berasal dari dana Biaya Operasional Sekolah (BOS), Pendidikan Emas, Bantuan Komite Sekolah atau ada program dari Pemerintah. Semoga segera ada solusinya.

Demikianlah evaluasi model pembelajaran Darkom di sekolah Kami yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 dapat berjalan lancar. Ingat Pesan Pantun ini ya:

Ayo Kita jalan-jalan ke bukit

Jangan lupa pakai masker

Agar tidak terkena penyakit

Penyakit sekarang jadi angker

Semoga masa pandemi Covid-19 segera berakhir dan sekolah dapat kembali melakukan aktivitas pembelajaran seperti semula, Aamiiiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren, Pak. Salam sukses.

21 Oct
Balas

Ya. Pak. Terima Kasih Salam Literasi

21 Oct

Aamiin. Inspiratif dan solutif. Jazakallah khairan berkenan berbagi, barakallah Aamiin

25 Oct
Balas

Teima kasih Bu. Semoga bermanfaat

26 Oct

luar biasa pak..mantap Darkomnya. izin follow pak

16 Oct
Balas

Terima kasih Pak Silahkan

16 Oct

Alhamduillah, prigram drakom nya bs dipraktikkan ke yg lain nih pak

17 Oct
Balas

Ya. Bun. Silahkan Sesuaikan sikon setempat

17 Oct

Memori data Hand Phone (HP) guru-guru cepat penuh.// ini betul Pak, yang saya rasakan juga begitu. Hp sempet hank juga. Keren pak tulisan dan kegiatannya. Barokalloh, sukses. salam kenal. Terimaksih telah berkunjung ke blog saya.

17 Oct
Balas

Sama-sama BuAamiiiin

18 Oct

Keren pisan pak.. Namun sayangnya sekolah kita siswanya berasal dari semua kabupaten/kota di provinsi, malah ada yang dari luar provinsi. Jadi jika ada siswa yang terbatas kemampuan ekonominya. Yaa terpaksa mencari solusi lain,, sesekali ke warnet,,, karena materi ajar melalui e-learning sekolah tetap bisa diakses kapanpun dan dimanapun.. Sukses selalu

14 Oct
Balas

Terima kasig Pak. Ya. Disesuaukan dengan Sikon Pak

14 Oct

Sangat bermanfaat

19 Oct
Balas

Silahkan dimanfaatkan Bun

19 Oct

Wah, luar biasa sekali saat metode guru mendatangi masing-masing siswa. Berapa siswa yang bisa terlayani dalam sehari? Sorenya si guru pasti berbaring dengan sangat lelah.

15 Oct
Balas

Betul Bun. Makanya Kami bentuk Posko-posko belajar Bun

15 Oct

Keren pak. Solusi permadakannya mantap. Semoga pandemi berakhir

17 Oct
Balas

Semoga Bu. Aamiiin

18 Oct

Nomor empat, mantap tuh

16 Oct
Balas

Benar Bu Mudah-mudahan terrealisasi

16 Oct

Amin ya rabbal alamin

24 Oct
Balas

Semoga terkabul Bu

26 Oct

Luar biasa

23 Oct
Balas

Ya. Bu

27 Oct

Luar biasa

23 Oct
Balas

Mantap

27 Oct

Luar biasa

23 Oct
Balas

Terima kasih Mbak Semoga bisa memberi sousi

23 Oct

Darkom yg inspiratif Pak.

17 Oct
Balas

Ya. Bu.Semoga dapat menginspirasi

17 Oct

Informasi nan mantul Pak, sehat dan sukses selalu

14 Oct
Balas

Terima Kasih Bun Aamiiin

14 Oct

Top markotop darkomnya. sehat dan sukses selalu buat bapak

16 Oct
Balas

Aamiiiin

16 Oct

Sukses tulisannya Pak Semoga selalu berbekas apayang diajarkan

23 Oct
Balas

Benar bu. Supaya menjadi pembelajaran bermakna pada siswa

23 Oct

Keren ulasannya bpk...

22 Oct
Balas

Oh. Iya. Bu

22 Oct

Keren banget tulisannya, mantap program Darkomnya

18 Oct
Balas

Ya Pak, Semoga bermanfaat

19 Oct

Memori data Hand Phone (HP) guru-guru cepat penuh. Lha ini salah satu permasalahannya. Sukses selalu

18 Oct
Balas

Semoga bisa membantu Terima kasih

18 Oct

Sukses selalu pak, darkom keren.

17 Oct
Balas

Terima kasih. Salam literasi

18 Oct

Keren luar biasa sangat bermanfaat tuh Pak smga semua berjalan lancar aamiin salam literasi

19 Oct
Balas

Aamiiiin. Semoga sukses

19 Oct

Mantap Pak, Semoga pandemi segera berlalu.

16 Oct
Balas

Ya Bun Aamiiiin

16 Oct

Luar biasa sistem Darkomnya smg disewa dpt terfasilitasi dengan baik dan sukses selalu pak

14 Oct
Balas

Typo sewa - siswa

14 Oct

Ya. Bun. Siap lanjutkan tetap perhatikan protokol kesehatanTerima kasih

15 Oct

Semoga sukses

27 Oct

Keren ulasanya pak, sukses selalu

19 Oct
Balas

Terima Kasih Bu. Salam literasi

19 Oct

Terima Kasih Bu. Salam literasi

19 Oct

Luar biasa dan hebat Pak, salam sukses

18 Oct
Balas

Terima kasih. Aamiiiin

18 Oct

Mantap darkomnya ya Pak. Selalu ada solusi.

22 Oct
Balas

Betul Solusi selalu dicari kalau ada kendala

23 Oct

Mantap, Pak. Sama kasus tapi beda solusi dengan di tempat kami. Salam sukses.

20 Oct
Balas

Sesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat ya, bu

20 Oct

Mantap Pak. Sukses selalu.

19 Oct
Balas

Terima kasih Salam literasi

19 Oct

Saya juga merasakan hal yang sama pak guru

19 Oct
Balas

Selamat melaksanakan bu. Semoga berhasil

20 Oct

Sangat terperinci pak penjelasannya. Salam literasi

20 Oct
Balas

Ya Bun. Semoga bermanfaat Salam Literasi

21 Oct

Tetap semangat, Bunda. Semoga pandemi segera berakhir. Aamiin.

19 Oct
Balas

Betul Bu. Aamiiiin

19 Oct

mantul.... salam sukses

20 Oct
Balas

Teima kasih Bun Aamiiiin

21 Oct

mantul.... salam sukses

20 Oct
Balas

Waalaikum salam

21 Oct

Keren pak... Solusinya. Siswa pun bisa bertanya kendala belajar di posko belajar. Bertemu dengan guru. "guru adalah penyemangat siswa belajar". Izin follow pak.. Salam literasi.

17 Oct
Balas

Ada komunikasi Bu antara guru dan siswa bu. Silahkan Bu

17 Oct

Ada komunikasi Bu antara guru dan siswa bu. Silahkan Bu

17 Oct

Keren solusi belajar di masa pandemi Covid-19 ini, semua siswa mendapatkan hak belajarnya. Keren Pak. Doa kita semua semoga wabah ini segera berakhir.

16 Oct
Balas

Aamiiiin Terima kasih

16 Oct

Waah kereen dan super. Menginspirasi sukses sll. Salam literasi

20 Oct
Balas

Mudah-mudahan bisa membantu. Salam Literasi

21 Oct

Super sekali darkomnya,pak. Guru yg luar biasa... Semoga guru senantiasa sehat dan tetap semangat. Salam sukses,pak

21 Oct
Balas

Aamiiiin. Terima kasih BuSalam literasi

21 Oct

Aamiin...luar biasa..keren darkomnya pak..Guru kreatif tak kehabisan ide untuk kecerdasan putra putri bangsa...tetap semangat...salam literasi

24 Oct
Balas

Ya. Bun Alternatif pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Terima kasih

15 Oct
Balas

Terima kasih. Insyaallah

18 Oct
Balas

Perjuangan yang luar biasa di masa PJJ. Semoga semua yang diupayakan dapat memberikan yang terbaik. Terima kasih informasinya yang lengkap. Tetap semangat. dan Sukses selalu

15 Oct
Balas

Benar Bu. Aamiiiin

16 Oct

Program pembelajaran yang mantap Pak. Semoga sukses selalu

14 Oct
Balas

Terina Kasih Bu. Lanjutkan

14 Oct

Terina Kasih Bu. Lanjutkan

14 Oct

Mantap Pak usaha mengatasi kesulitan saat daring..salam sukses selalu pak.

14 Oct
Balas

Terima kasih Bun. Aamiiiin

15 Oct

Sistim Darkom yang top. Sukaes selalu pak. Saya izin follow ya.

16 Oct
Balas

Terima kasih Silahkan

16 Oct

Mantap tulisan darkomnya..... sukses selalu

22 Oct
Balas

Terima kasih bu.

22 Oct

Terima kasih bu.

22 Oct

Bagus pak solusinya. Permasalahan yang dihadapi terkait pjj nyaris sama, namun solusinya bisa beda-beda. Mohon maaf tadi bapak komen di puisi saya yang kata bapak seperti cerita. Tadi saya panggilnya bunda Sri. Kirain ibu ibu karena gambranya kecil sementara mata saya silinder.

15 Oct
Balas

Betul Bu di sesuiakan dengan situasi dan kondisi setempat. Ya. Bu Salam literasi

16 Oct

Mantaap Darkomnya, Pak, bisa jadi inspirasi buat kita semua.

18 Oct
Balas

Alhamdulillah

18 Oct

Mantab pak guru ulasannya. Kegiatan yang kreatif dan penuh semangat dalam pandemi. Sukses selalu, tetap semangat dan terus berbagi

18 Oct
Balas

Ya Pak Insyaallah

19 Oct

Bagus, Pak. Kendala sama yg kami alami juga di sekolah. Semoga pandemi ini segera usai.

27 Oct
Balas

Aamiiiin Salam literasi Bu

27 Oct



search

New Post