EVALUASI DARKOM DI SEKOLAHKU
Sekolah kami adalah sebuah sekolah SMP Negeri yang berada di ibu kota kecamatan Kami. Sekolah kami mempunyai 360 siswa yang terbagi dalam 3 tingkatan masing-masing tingkatan terdiri dari 4 kelas yaitu: VII terdiri 4 kelas, kelas VIII terdiri 4 kelas dan kelas IX terdiri 4 kelas. Siswa-siswa yang sekolah di sekolah Kami berasal 6 desa yang berada di sekitar kecamatan Kami. Sekolah Kami telah melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan model pembelajaran daring dan model pembelajaran luring yang dikombinasikan yang Kami sebut sebagai model pembelajaran Darkom (Daring kombinasi).
Setelah 1 bulan melaksanakan model pembelajaran Darkom Kami melaksanakan evaluasi. Model Darkom Kami anggap menjadi solusi yang efektif dalam pembelajaran di masa Pandemi Covid-19, tetapi dalam pelaksanaannya ternyata banyak kendala yang muncul. Apa saja kendala Darkom yang sudah berjalan? dan Bagaimana cara mengatasinya? Bacalah uraian tulisan dibawah ini. Kendala pelaksanaan darkom di sekolah Kami diantaranya:
1. Memori data Hand Phone (HP) guru-guru cepat penuh.
Siswa mengumpulkan tugas-tugasnya secara daring dengan mengirim foto-foto tugasnya ke No WhatsApp (WA) guru mata pelajaran ternyata membuat memori data guru di HP cepat penuh. Hal ini terjadi terutama pada guru-guru mata pelajaran yang jumlah siswanya banyak. Sehingga mereka harus segera memindahkan datanya nya ke labtob atau menghapusnya.
2. Guru menjadi ekstra super sibuk
Guru melaksanakan pembelajaran daring secara mandiri di rumah dengan siswa-siswa yang diajarnya secara intensif selalu berkomunikasi dan berinteraksi secara daring dengan siswa-siswanya. Selain itu guru dituntut harus luring dengan cara mendatangi semua siswa ke rumah masing-masing maka guru akan menjadi super sibuk dan kelelahan melaksanakannya.
3. Tidak semua siswa terlayani
Guru melaksanakan luring dengan cara mendatangi semua siswa ke rumah masing-masing maka guru terutama yang jumlah siswa diajarnya banyak akan kehabisan waktu karena terlalu banyak rumah siswa yang didatangi sehingga ada siswa yang tidak dapat terlayani.
4. Biaya kuota Internet guru dan siswa membengkak
Dengan pembelajaran daring maka harus memiliki fasilitas untuk pembelajaran daring seperti HP dan tentunya untuk mengoperasikan HP memerlukan kuota internet /pulsa yang harus dibeli. Sehingga biaya pulsa baik guru maupun siswa akan membengkak.
Bagaimana cara mengatasi kendala pelaksanaan model darkom di Sekolah Kami? Untuk mengatasi kendala tersebut ada beberapa alternatif yang ditempuh oleh sekolah diantaranya:
1. Membuat Posko-posko belajar
Posko-posko merupakan tempat untuk membantu proses belajar siswa secara laring. Karena siswa Kami berasal dari 6 Desa maka Posko-posko tempat belajar Kami buat 6 Posko-posko belajar. Posko yang dipergunakan antara lain rumah tempat tinggal guru-guru yang ada di desa-desa sekitar sekolah Kami, rumah siswa, pasar dll.
Posko-posko belajar berfungsi sebagai tempat siswa belajar secara luring, tempat untuk membimbing siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar dan tempat mengumpulkan tugas asli siswa-siswa.
Semua guru di sekolah Kami diberi tugas sebagai petugas posko belajar. Satu posko terdiri dari 5-8 petugas yang bertugas secara bergantian. Petugas posko belajar berfungsi untuk membimbing siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar, memberi informasi jadwal pembelajaran luring di posko, mengumpulkan dan menglasifikasikan tugas asli yang telah dikerjakan siswa-siswa secara berkala serta mendistribusikan LKPD kepada siswa-siswa.
Siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar secara daring karena keterbatasan jaringan, sarana HP, kuota internet maka tempat belajarnya di posko-posko belajar. Petugas posko akan membagi siswa-siswa dalam kelompok belajar sesuai dengan tingkatannya disesuaikan dengan jadwal luring guru mata pelajaran. Tiap-tiap kelompok maksimal terdiri dari 5 orang siswa/siswi sesuai peraturan yang telah ditetapkan. Dalam melaksanakan pembelajaran guru dan siswa-siswa tetap harus menerapkan aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah 3M yaitu: Mencuci tangan dengan bersih, menggunakan masker dan menjaga jarak.
2. Mengumpulkan tugas-tugas Asli siswa secara berkala.
Untuk mengatasi supaya memori HP guru-guru tidak cepat penuh maka siswa-siswa dilarang mengumpulkan tugas secara online ke guru-guru mata pelajaran. Tetapi siswa mengumpulkan tugas asli secara berkala ke Posko-posko belajar. Jadi siswa-siswa yang belajar daring tetap datang ke posko mengumpulkan tugasnya secara berkala (luring). Siswa yang tidak terlayani datang ke posko belajar secara luring dibimbing oleh guru mata pelajaran dan mengumpulkan tugasnya secara berkala.
Untuk menghindari tugas-tugas siswa bercampur kelas dan bercampur beberapa mata pelajaran maka guru-guru mata pelajaran memberi waktu kepada siswa untuk mengumpulkan tugas-tugas asli yang telah dikerjakan secara berkala. Setiap tugas satu Modul selesai baru disatukan dan dikumpulkan di posko-posko belajar. Petugas posko akan memisahkan tugas-tugas siswa berdasarkan kelas dan mata pelajarannya setelah itu baru dibawa ke sekolah untuk diberikan kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan.
3. Membuat Jadwal daring dan luring PBM
Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan Pengajaran membuat roster pembelajaran secara daring dan luring yang mengatur aktivitas pembelajaran dan membagi guru-guru yang bertugas di masing-masing posko belajar. Pembelajaran daring dilaksanakan dari sekolah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sekolah. Pembelajaran luring dilaksanakan di posko-posko pembelajaran juga menyesuaikan dengan roster yang telah dibuat sekolah .
4. Menganjurkan semua guru membuat Modul Pembelajaran
Untuk mempermudah pelaksanaan model pembelajaran Darkom (Daring kombinasi) maka guru-guru mata pelajaran dianjurkan membuat modul pembelajaran. Modul dapat berupa Lembar Kerja Peserta didik (LKPD). Dengan adanya LKPD maka siswa dapat bekerja secara mandiri di rumah sehingga guru tinggal mengontrol, memantau saja,memberi bimbingan dan arahan bila ada masalah /kesulitan pada siswa secara Darkom.
5. Menugaskan Guru BP/BK mendata siswa yang tidak terlayani
Guru-guru mata pelajaran membuat laporan belajar dari rumah (BDR) dikumpulkan ke sekolah. Laporan BDR berisi data siswa-siswa yang belajar secara daring, secara luring, secara darkom dan siswa-siswa yang tidak terlayani dalam pembelajaran kemudian sekolah menugaskan ke guru BP/BK untk menindaklanjuti. Guru BP/BK menindaklanjuti ke siswa yang tidak terlayani tersebut dengan kunjungan rumah (luring). Guru BP/BK kemudian melaporkan ke sekolah dan guru-guru mata pelajaran untuk memberi solusi pada masalah yang dialami oleh siswa yang tidak terlayani tersebut sehingga dapat belajar.
6. Memprogramkan Pemberian Kuota Internet kepada guru dan siswa
Program ini akan dibicarakan dengan semua komponen sekolah untuk memberi subsidi/bantuan kepada siswa yang berasal dari dana Biaya Operasional Sekolah (BOS), Pendidikan Emas, Bantuan Komite Sekolah atau ada program dari Pemerintah. Semoga segera ada solusinya.
Demikianlah evaluasi model pembelajaran Darkom di sekolah Kami yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 dapat berjalan lancar. Ingat Pesan Pantun ini ya:
Ayo Kita jalan-jalan ke bukit
Jangan lupa pakai masker
Agar tidak terkena penyakit
Penyakit sekarang jadi angker
Semoga masa pandemi Covid-19 segera berakhir dan sekolah dapat kembali melakukan aktivitas pembelajaran seperti semula, Aamiiiin.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Keren, Pak. Salam sukses.
Ya. Pak. Terima Kasih Salam Literasi
Aamiin. Inspiratif dan solutif. Jazakallah khairan berkenan berbagi, barakallah Aamiin
Teima kasih Bu. Semoga bermanfaat
luar biasa pak..mantap Darkomnya. izin follow pak
Terima kasih Pak Silahkan
Alhamduillah, prigram drakom nya bs dipraktikkan ke yg lain nih pak
Ya. Bun. Silahkan Sesuaikan sikon setempat
Memori data Hand Phone (HP) guru-guru cepat penuh.// ini betul Pak, yang saya rasakan juga begitu. Hp sempet hank juga. Keren pak tulisan dan kegiatannya. Barokalloh, sukses. salam kenal. Terimaksih telah berkunjung ke blog saya.
Sama-sama BuAamiiiin
Keren pisan pak.. Namun sayangnya sekolah kita siswanya berasal dari semua kabupaten/kota di provinsi, malah ada yang dari luar provinsi. Jadi jika ada siswa yang terbatas kemampuan ekonominya. Yaa terpaksa mencari solusi lain,, sesekali ke warnet,,, karena materi ajar melalui e-learning sekolah tetap bisa diakses kapanpun dan dimanapun.. Sukses selalu
Terima kasig Pak. Ya. Disesuaukan dengan Sikon Pak
Sangat bermanfaat
Silahkan dimanfaatkan Bun
Wah, luar biasa sekali saat metode guru mendatangi masing-masing siswa. Berapa siswa yang bisa terlayani dalam sehari? Sorenya si guru pasti berbaring dengan sangat lelah.
Betul Bun. Makanya Kami bentuk Posko-posko belajar Bun
Keren pak. Solusi permadakannya mantap. Semoga pandemi berakhir
Semoga Bu. Aamiiin
Nomor empat, mantap tuh
Benar Bu Mudah-mudahan terrealisasi
Amin ya rabbal alamin
Semoga terkabul Bu
Luar biasa
Ya. Bu
Luar biasa
Mantap
Luar biasa
Terima kasih Mbak Semoga bisa memberi sousi
Darkom yg inspiratif Pak.
Ya. Bu.Semoga dapat menginspirasi
Informasi nan mantul Pak, sehat dan sukses selalu
Terima Kasih Bun Aamiiin
Top markotop darkomnya. sehat dan sukses selalu buat bapak
Aamiiiin
Sukses tulisannya Pak Semoga selalu berbekas apayang diajarkan
Benar bu. Supaya menjadi pembelajaran bermakna pada siswa
Keren ulasannya bpk...
Oh. Iya. Bu
Keren banget tulisannya, mantap program Darkomnya
Ya Pak, Semoga bermanfaat
Memori data Hand Phone (HP) guru-guru cepat penuh. Lha ini salah satu permasalahannya. Sukses selalu
Semoga bisa membantu Terima kasih
Sukses selalu pak, darkom keren.
Terima kasih. Salam literasi
Keren luar biasa sangat bermanfaat tuh Pak smga semua berjalan lancar aamiin salam literasi
Aamiiiin. Semoga sukses
Mantap Pak, Semoga pandemi segera berlalu.
Ya Bun Aamiiiin
Luar biasa sistem Darkomnya smg disewa dpt terfasilitasi dengan baik dan sukses selalu pak
Typo sewa - siswa
Ya. Bun. Siap lanjutkan tetap perhatikan protokol kesehatanTerima kasih
Semoga sukses
Keren ulasanya pak, sukses selalu
Terima Kasih Bu. Salam literasi
Terima Kasih Bu. Salam literasi
Luar biasa dan hebat Pak, salam sukses
Terima kasih. Aamiiiin
Mantap darkomnya ya Pak. Selalu ada solusi.
Betul Solusi selalu dicari kalau ada kendala
Mantap, Pak. Sama kasus tapi beda solusi dengan di tempat kami. Salam sukses.
Sesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat ya, bu
Mantap Pak. Sukses selalu.
Terima kasih Salam literasi
Saya juga merasakan hal yang sama pak guru
Selamat melaksanakan bu. Semoga berhasil
Sangat terperinci pak penjelasannya. Salam literasi
Ya Bun. Semoga bermanfaat Salam Literasi
Tetap semangat, Bunda. Semoga pandemi segera berakhir. Aamiin.
Betul Bu. Aamiiiin
mantul.... salam sukses
Teima kasih Bun Aamiiiin
mantul.... salam sukses
Waalaikum salam
Keren pak... Solusinya. Siswa pun bisa bertanya kendala belajar di posko belajar. Bertemu dengan guru. "guru adalah penyemangat siswa belajar". Izin follow pak.. Salam literasi.
Ada komunikasi Bu antara guru dan siswa bu. Silahkan Bu
Ada komunikasi Bu antara guru dan siswa bu. Silahkan Bu
Keren solusi belajar di masa pandemi Covid-19 ini, semua siswa mendapatkan hak belajarnya. Keren Pak. Doa kita semua semoga wabah ini segera berakhir.
Aamiiiin Terima kasih
Waah kereen dan super. Menginspirasi sukses sll. Salam literasi
Mudah-mudahan bisa membantu. Salam Literasi
Super sekali darkomnya,pak. Guru yg luar biasa... Semoga guru senantiasa sehat dan tetap semangat. Salam sukses,pak
Aamiiiin. Terima kasih BuSalam literasi
Aamiin...luar biasa..keren darkomnya pak..Guru kreatif tak kehabisan ide untuk kecerdasan putra putri bangsa...tetap semangat...salam literasi
Ya. Bun Alternatif pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Terima kasih
Terima kasih. Insyaallah
Perjuangan yang luar biasa di masa PJJ. Semoga semua yang diupayakan dapat memberikan yang terbaik. Terima kasih informasinya yang lengkap. Tetap semangat. dan Sukses selalu
Benar Bu. Aamiiiin
Program pembelajaran yang mantap Pak. Semoga sukses selalu
Terina Kasih Bu. Lanjutkan
Terina Kasih Bu. Lanjutkan
Mantap Pak usaha mengatasi kesulitan saat daring..salam sukses selalu pak.
Terima kasih Bun. Aamiiiin
Sistim Darkom yang top. Sukaes selalu pak. Saya izin follow ya.
Terima kasih Silahkan
Mantap tulisan darkomnya..... sukses selalu
Terima kasih bu.
Terima kasih bu.
Bagus pak solusinya. Permasalahan yang dihadapi terkait pjj nyaris sama, namun solusinya bisa beda-beda. Mohon maaf tadi bapak komen di puisi saya yang kata bapak seperti cerita. Tadi saya panggilnya bunda Sri. Kirain ibu ibu karena gambranya kecil sementara mata saya silinder.
Betul Bu di sesuiakan dengan situasi dan kondisi setempat. Ya. Bu Salam literasi
Mantaap Darkomnya, Pak, bisa jadi inspirasi buat kita semua.
Alhamdulillah
Mantab pak guru ulasannya. Kegiatan yang kreatif dan penuh semangat dalam pandemi. Sukses selalu, tetap semangat dan terus berbagi
Ya Pak Insyaallah
Bagus, Pak. Kendala sama yg kami alami juga di sekolah. Semoga pandemi ini segera usai.
Aamiiiin Salam literasi Bu