SRI MURWANTO

Pria ini lahir di Klaten pada 25 Maret 1975 adalah alumni Pendidikan Biologi Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univer...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBURU  SUNSET  DI BUNTU GALLANG
Buntu Gallang

MEMBURU SUNSET DI BUNTU GALLANG

Pada hari minggu  26 Juni 2022  mulai  pukul 15.00  Wita bertempat di Kolam Pemandian Puncak Buntu Gallang yang berlokasi di  Dusun Liangbai, Desa Eran Batu Kecamatan   Buntu Batu, Kabupaten Enrekang, provinsi Sulawesi Selatan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ranting Sumbang 2 Cabang Curio  Kabupaten Enrekang mengadakan kegiatan refreshing.

Ketua PGRI Ranting Sumbang 2  Mahir, S.Ag., M.Pd  yang juga  seorang guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPS) dan mempunyai isteri  yang berasal  dari Dusun Liangbai mengatakan Daerah ini memiliki  kondisi tofografi berupa:  pegunungan, lembah, bukit, terdapat  beberapa  sungai serta  hamparan persawahan dan pertanian. Dengan posisi ketinggian tempat 890-2500 meter Diatas Permukaan Laut (DPL), terletak 48 Km dari Ibu kota Kabupaten Enrekang  atau  4 Km  dari Ibu kota Kecamatan Buntu Batu. Dusun Liangbai mempunyai sebuah bukit yang bernama  Buntu Gallang. Di  puncak  Buntu Gallang terdapat sebuah kolam pemandian. Kolam pemandian Buntu Gallang dipilih sebagai tempat kegiatan karena  tempat  ini  menyediakan  tempat  untuk  pertemuan, mushalla, kamar mandi/WC dan warung sederhana  yang menyediakan: makanan, minuman, snack. Meskipun fasilitas pemandian yang tersedia hanya satu kolam renang untuk dewasa  tetapi didukung dengan  dengan gasebo  yang tertata rapi di pinggir  kolam, pemandangan bukit-bukit  dan pegunungan  yang alami  dengan cuaca  yang sejuk  cocok sebagai tempat olah raga, rekreasi dan  refreshing terangnya.

Yang diundang pada kegiatan ini adalah seluruh anggota  PGRI Ranting Sumbang 2 dan Pengurus harian  PGRI Cabang Curio. Kegiatan ini  dipimpin oleh ketua PGRI Ranting Sumbang 2 Mahir, S.Ag., M.Pd   dihadiri 2 Pengurus harian  PGRI Cabang Curio: Wakil Ketua Sultan, S.Pd., M.Pd, Sekertaris Sri Murwanto, S.Pd., M.Pd

Susunan acara pada kegiatan ini antara  lain: 1. Pembukaan oleh protokol (Sri Murwanto, S.Pd., M.Pd), 2. Sambutan ketua PGRI Ranting Sumbang 2 Mahir, S.Ag., M.Pd, 3. Sambutan Wakil Ketua PGRI Cabang Curio (Sultan, S.Pd., M.Pd), 4. Penutup oleh protokol (Sri Murwanto, S.Pd., M.Pd).

Dalam pembukaanya Sekertaris PGRI Cabang Curio Sri Murwanto, S.Pd., M.Pd menyatakan bahwa tujuan diadakan acara  ini selain untuk mempererat silaturahmi, persaudaraan, kebersamaan  diantara  pengurus-pengurus dan anggota-anggota PGRI Ranting Sumbang 2, meningkatkan  kompetensi kepribadian, kompetensi sosial,  serta untuk refreshing setelah berbulan bulan bergelut dengan  kesibukan pekerjaan timpalnya.

Dalam Sambutannya  ketua PGRI Ranting Sumbang 2 Mahir, S.Ag., M.Pd mengucapkan terima kasih  yang sebesar-besarnya  atas kehadiran anggota PGRI Ranting Sumbang 2   dan meminta  kepada  seluruh anggota  yang hadir untuk tetap menjaga kekompakan, kebersamaan di PGRI Ranting Sumbang 2  dan tetap semangat dalam bekerja. Selain itu juga menjelaskan bahwa PGRI Ranting Sumbang 2 adalah  organisasi profesi  guru yang beranggotakan  30 guru di UPT SMP Negeri 4 Alla  yang beralamat Jalan poros Sudu-Curio Desa sumbang,  Kecamatan   Curio, Kabupaten Enrekang. Insyaallah kedepan akan digendakan  acara refreshing kembali janjinya.

Dalam Sambutannya  Wakil Ketua PGRI Cabang Curio Sultan, S.Pd., M.Pd menyatakan memberikan ucapan terima kasih  yang sebesar-besarnya dan memberikan apresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh PGRI Ranting Sumbang 2, terkesan dengan keelokan buntu gallang  dengan hidangan kue, minuman  yang sangat berkesan serta  berharap kegiatan seperti ini  ada  tindak  lanjutnya  dan dapat  diikuti oleh  pengurus PGRI Ranting lainnya  tambahnya.

Setelah acara  selesai  dititup dengan hamdallah oleh Sekertaris PGRI Cabang Curio Sri Murwanto, S.Pd., M.Pd. Dilanjutkan sholat  maghrib berjamaah di mushola, makan malam Bersama, sholat  Isya  berjamaah di mushola. Setelah sholat isya  2 pengurus  harian  meninggalkan lokasi. Sementara  anggota  PGRI Ranting Sumbang 2 yang  hadir  bermalam di tenda  dan  di gazebo  yang telah tersedia sambil  menikmati cantiknya  pemandangan  malam Buntu  Gallang dengan lampu-lampu  yang  menyala imbuhnya.

Pada  acara  ini   sempat  hadir  juga  Anton, S.Pd Kepala  seksi  Kebudayaan di  Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Enrekang yang  memberikan apresiasi  atas  kekompakan anggota  PGRI Ranting Sumbang 2 jelasnya.

Arna, S.Pd salah seorang  anggota PGRI Ranting Sumbang 2 yang datang  bersama  suami tercinta  dan anak bungsu  kesayangannya menyatakan sangat senang diadakannya acara  seperti ini karena  dapat bertemu dan berkumpul  dengan teman-teman dapat berdiskusi, rekreasi, sambil  olah raga, melihat   pemandangan yang indah dan membuat foto-foto shelfi serta  berharap  kedepannya  ada  acara  seperti ini imbuhnya.

Bakri, S.Pd salah seorang  anggota PGRI Ranting Sumbang 2 yang paling senior datang  mengatakan sangat senang sampai  di tempat  ini   karena  dapat  menikmati  pemandangan yang sangat elok  dan melihat  dari kejauhan  desa-desa  serta  kecamatan  di sekitar  dari  Buntu  Gallang  serta   bertemu  dengan  penduduk setempat  yang dapat  di ajak berdiskusi  dan berbagi cerita tentang  pengalamannya  masing-masing tambahnya.

Matsnah, S.Pd yang datang  bersama  suami tercintanya  merasa gembira  menyaksiskan keindahan alamnya  tetapi  sangat menyayangkan tidak  dapat  menyaksikan keindahan Sunset  di Buntu Gallang  karena   cuaca  yang kurang  bagus, berawan gerimis  dan  berkabut sehingga  matahari  tidak terlihat terangnya.

M. Saiful, S.Pd anggota laki-laki PGRI Ranting Sumbang 2 yang termuda  merasa  senang dapat  mandi  dan berenang di kolam pemandian Buntu  Gallang  bersama-sama M. Shaleh, S.Pdi, Muhajir, S.Pd,  Alfath dkk serta merasakan   dinginnya  air kolam yang jernih dan alami ini  setelah mandi  langsung memanaskan tubuhnya dengan segelas kopi khas  dan semangkok  mie siram serta  sepiring gorengan yang masih hangat menyertainya jelasnya.

Nurjannah, S.Pd mengatakan sangat  terkesan dengan acara  makan  malam yang disajikan pada sepelepah daun pisang makan bersama teman-teman duduk  lesehan di gazebo menikmati nasi, ikan bakar, sambal dabu dabu dan  sayur tumis kangkong jelasnya.

Sri Murwanto, S.Pd mengatakan setelah  sekitar  2 jam tadi siang  berhujan-hujan di perjalanan  menuju  lokasi  akhirnya  sampai  di lokasi  dengan  selamat dan kondisi  yang baik  telah terbayar dengan menyaksikan keelokan alamnya, suasana  lingkungannnya,  cuaca  disana yang dingin sama dengan cuaca di tempat tinggalnya  dan  mengucapkan  terima  kasih kepada Pak Ketua PGRI Ranting Sumbang 2 beserta  keluarganya  yang telah  mempersiapkan semua  fasilitas serta  akomodasinya tambahnya.

Pagi hari setelah sholat  subuh berjamaah di mushola, menikmati  keindahan alam dan  segarnya udara  di pagi hari sambal ditemani secangkir kopi khas  Liangbai yang cukup mantap dan sarapan pagi. Bersiap-siap meninggalkan lokasi  Buntu  Gallang  menuju ke rumah masing-masing.    

Demikianlah  reportase kegiatan Refreshing  PGRI Ranting Sumbang 2 Cabang Curio. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan teman-teman . Amin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

02 Jul
Balas

Terima kasih Bu.

03 Jul

Mantaaap reportasenya, semoga sukses selalu ya amin

03 Jul
Balas

Aamiiin

04 Jul

Keren reportasenya dan pemandangan yang indah pak Murwanto, semoga sehat selalu

01 Jul
Balas

Terima Kasih Bu.Aamiiin.

01 Jul

Keren reportassbya Pak semoga PGRI de-Nusantara selalu jaya. Terima kasih telah berkunjung . Salam

03 Jul
Balas

Ya. Bun.Terima Kasih.Amin

01 Jul
Balas

Ulasan yang sangat mantap dan informatif Murwanto salam kenal ijin follow jika berkenan follow back ya terima kasih

01 Jul
Balas

Terima Kasih Bun.Silahkan

01 Jul

Semangat ya, pak . Semoga selalu sehat dan sukses.Aamin.

01 Jul
Balas

Aamiiin

01 Jul



search

New Post