Sri Musalifah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

#Tantangan GuruSiana# Tantangan Hari ke- 25 #

Chwei Mie Pangsit Malang

Ada berbagai kuliner khas kota kelahiranku. Malang, memang dikenal dengan makanan enak selain kotanya memang menyenangkan. Jangan cerita telah berkunjung ke kota Malang apabila belum mencicipi bakso Malang. Kuliner yang terkenal di dunia.

Namun kali ini saya tidak membahas si bulat berbahan dasar daging nan lezat tiada tara ini. Bakso Malang punya teman akrab yang tak kalah enaknya. Dialah Chwei Mie Pangsit Malang.

Sedikit kita akan bersejarah ria tentang mi.

Mi berasal dari Negara China. Catatan paling awal soal mi ditemukan dalam buku dari masa Eastern Han Dynasty antara tahun 25 – 220 Masehi. Kata “mi” berasal dari dialek Hokkian dari kata “mian’ (baca:myen). Menurut Aji, mi sendiri didefinisikan sebagai adonan tipis dan panjang, digulung dan dimasak dalam cairan mendidih. Cairan bisa berupa air biasa, kuah hingga minyak. Mi juga terdiri dari beberapa jenis tergantung bahan bakunya. Yakni dari millet, wheat (gandum/terigu), beras, kentang (potato). (Kompas.com dibaca pada Selasa, 25 Februari 2020, pukul 21.23)

Chwei Mie Pangsit Malang ini sengaja saya rekomendasikan karena cita rasanya yang aduhai. Berbahan dasar mi dengan tambahan protein daging ayam segar cinang dengan bumbu sederhana dilengkapi dengan sayuran hijau dan krupuk pangsit yang kemriyuk heboh. Bumbunyapun sederhana hanya paduan bawang putih, lada/merica, minyak wijen, kecap, kaldu dan tentunya bumbu rahasia masing-masing koki.

Sensasi kuliner ini sungguh sangat menggoda. Segar, sedap, mantap tanpa aroma dan tentunya lezat.

Begitu Anda dihidangkan sajian kuliner ini, indra penciuman Anda langsung mengirim pesan singkat ke indra perasa “awas, jangan kaget rasanya pasti nendang”. Dijamin Anda pasti lupa dengan Bakso.

Begitu banyak penyedia Chwei Mie Pangsit Malang ini di kota Malang. Mulai dari warung rumahan, pedagang keliling, pedagang menetap kaki lima, restoran skala sedang sampai restoran di hotel berbintang. Herannya semua lezat. Bahkan sampai tak mampu membedakan ini Chwei Mie produk kaki lima atau hotel berbintang. Lezato perfecto pokoknya.

Sebagai contoh saya punya rekomendasi pengrajin Chwei Mie Pangsit Malang yaitu Pangsit Mie Bang Dints yang berlokasi di Ruko Karangploso Square Kav 11, Jl. Kertanegara Karangploso Malang. Hasil karya rumahan namun kualitas sajian dan rasa setara hotel berbintang. Untuk harga tentu tak sesuai dengan rasa. Maksudnya harga sesuai kantong rasa luar biasa.

Saya katakan pengrajin. Karena menurut saya kuliner itu adalah bagian dari seni. Bagaimana seorang tukang masak mengolah bahan makan, menghidangkan kemudian dinikmati. Itu membutuhkan daya kreasi yang luar biasa.

Namun pesona Chwei Mie Pangsit Malang ini belum setenar teman akrabnya yaitu Bakso Malang. Si bakso sudah lebih dulu melanglang buana. Hampir diseluruh sudut kota maupun desa di Indonesia tercinta ini kita mudah mendapatkan warung Bakso.

Kota Arang, 24 Februari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post