Sri Purnama Dewi

Sri Purnama Dewi, guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Semarang, lahir di kota yang sama tanggal 14 Januari 1968. Kegemarannya menulis telah menelorkan satu buku...

Selengkapnya
Navigasi Web
Webinar Ke-5, Sudah Dapat Ilmu Dapat Sertifikat Pula

Webinar Ke-5, Sudah Dapat Ilmu Dapat Sertifikat Pula

Cerpen Tiga Paragraf (Pentigraf) sangat popular di kalangan Gurusianer. Meski belum memiliki ilmu yang jelas, mereka berani melabeli karya mereka yang terdiri dari tiga paragraph sebagai pentigraf.

Webinar ke-5 (20/6/20) yang bertema Meneroka Dapur Pentigraf membuka wawasan para gurusianer tentang pentigraf yang sebenarnya. Mereka belajar ilmu pentigraf langsung dari penemunya, Prof. Tengsoe Tjahjono, Dosen Unesa. Paparan panjang yang disampaikan oleh sang Professor itu terasa singkat, meski berdurasi lebih dari 120’.

Para guru pembelajar mengikuti webinar melalui dua aplikasi. 300 peserta bergabung melalui Zoom meetings dan yang lainnya melalui live streaming MediaGuru TV di Channel Youtube Media Guru Indonesia.

Pentigraf diciptakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan bahan bacaan yang singkat, menghibur dan memiliki pesan moral. Sesuai dengan namanya, pentigraf ditulis dalam tiga paragraf. Hal-hal yang patut dicermati dalam penulisan pentigraf adalah memuat maksimal satu kalimat langsung, mengupas satu tokoh, mengandung 210 kata, berangkat dari pengalaman, memiliki kejutan di akhir paragraph (paragraph ketiga) dan memiliki elemen narasi (tema, tokoh, alur dan latar yang berkelindan jadi satu/ erat satu sama lain). Tokoh dapat berupa manusia, alam, hewan dan tumbuhan. Konflik yang dibangun berasal dari manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengan manusia, manusia dengan alam dan manusia dengan Tuhan. Pentigraf berbeda dengan stand up komedi maupun puisi panjang. Ia juga bukan curahan hati, melainkan mengangkat realita menjadi realita baru yang mengandung unsur sastra.

Webinar kali ini benar-benar memanjakan para peserta. Mereka tidak hanya berkesempatan mendulang ilmu dari pakarnya, tetapi juga menerima sertifikat pelatihan.

Terimakasih MediaGuru dan sukses selalu untuk Bapak M. Ihsan beserta timnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih ilmunya

22 Jun
Balas

Terimaksih telah berkunjung bunda

22 Jun

terimaksih ilmunya bunda

22 Jun
Balas

Terimakasih juga telah berkunjung

22 Jun

Mantap, terimakasih ilmunya ya bu

22 Jun
Balas

Sama sama terimakasih juga atas kunjungannya

23 Jun

Mantap, terimakasih ilmunya ya bu

22 Jun
Balas

Terimakasih atas kunjungannya pak Giri

07 Jul

Mantap, terimakasih ilmunya ya bu

22 Jun
Balas

Mantap, terimakasih ilmunya ya bu

22 Jun
Balas

Mantul. Saya lihat ibu bertanya. Dalam kenal Bu.

23 Jun
Balas

He he he njih bu...ikut viral. Salam kenal

23 Jun

Trimakasih bunda sudah berbagi

22 Jun
Balas

Terimakasih juga atas kunjungannya

23 Jun

Terimakasih sudah dibagi ilmunya bunda

22 Jun
Balas

Sama sama bunda Anita. Terimakasih telah mau berkunjung.

22 Jun

Mantap ulasan bu. mudah dipahami., tinggal prakteknya lagi.

22 Jun
Balas

Terimakasih apresiasinya

23 Jun

Terimakasih ilmunya.

22 Jun
Balas

Terima kasih atas kunjungannya

23 Jun



search

New Post