SRI RAHAYU

Guru kampung yang senang berbagi cerita lewat tulisan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kekuatan Niat Tagur (Hari ke-377)

Tantangan Gurusiana telah bergulir setahun. Beberapa Gurusianer berhasil menaklukkan menulis 365 hari tanpa jeda. Tulisan berbagai genre tersaji di akun blog Gurusianer masing-masing. Sebuah kontribusi yang patut diapresiasi.

Akan tetapi, di balik kegemilangan ini, terselip fenomena memprihatinkan. Hasrat menggebu ingin mendapatkan kartu emas menulis 365 hari, telah membuat beberapa Gurusianer terjebak "aroma" plagiat. Apakah ini karena ketidakpahaman atau kesengajaan, wallahu'alam bi shawab. Pastinya, sangat disayangkan.

Tak dapat dimungkiri, bahwa semangat tinggi tidaklah cukup. Perlu dibarengi dengan keilmuan dan etika. Benar kata Mas Eko Prasetyo, "menulis setiap hari itu berat. Rentan celah plagiat."

Solusi terbaik ada pada tujuan. Ya, apa tujuan utama mengikuti Tagur. Hal ini dapat terlihat dari tulisan yang ditayangkan setiap hari. Menulis juga butuh mental belajar agar diperoleh perubahan hasil signifikan setiap bulannya. Maksudnya semakin lama, "retak naskah" semakin minimalis.

Sejauh apa perubahan itu, tergantung pada kuat lemahnya niat suci mengikuti Tagur. Sekali lagi, niat suci.

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post