SRI RAHAYU

Guru kampung yang senang berbagi cerita lewat tulisan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentingnya Back up Data (Hari ke-358)

Pentingnya Back up Data (Hari ke-358)

Beberapa hari ini santer berita menghilangnya Jack Ma. Berbagai spekulasi muncul. Berita ini tidak begitu mengagetkan saya. Beda ketika jelang sore tadi, ketika membuka WAG Ketua Kelas Sagusabu menemukan postingan Komandan berupa screenshot pemberitahuan tentang menghilangnya FB MediaGuru. Alias ditutup Facebook.

Facebook memang mempunyai aturan yang tidak bisa ditawar. Apabila ada konten yang menyalahi aturannya, akan ditutup akun FB tersebut. Sebelumnya FB MG memang sudah sering ditegur/diingatkan masalah ini. Tapi, masih kecolongan juga. Baik yang posting maupun Admin yang memberikan persetujuan tayang. Apa boleh buat, nasi sudah jadi bubur.

Saya tidak ingin membahas panjang-panjang tentang ditutupnya akun FB MG. Apa yang menjadi keprihatinan adalah ternyata beberapa teman yang menulis di FB MG tidak memiliki salinan tulisannya. Walhasil tulisan-tulisan itu turut raib seiring ditutupnya akun tersebut. Bahkan ada yang sudah menulis puluhan Pentigraf langsung di timeline FB MG tanpa menyimpan salinannya. Sangat disayangkan.

Semoga kejadian ini menjadi pelajaran. Betapa pentingnya memiliki salinan tulisan atau data apapun. Paling tidak persiapkanlah media untuk back up data. Banyak media yang dapat menyimpan data dan dapat diakses di mana dan kapan saja. Selagi masih terhubung dengan jaringan internet. Seperti Google drive atau One drive. Minimal ya di hardisk sendiri.

Semoga ada solusi untuk mengembalikan akun FB MediaGuru kembali utuh seperti semula.

Salam Literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih infonya bun,,pantesan saja sebentar inigak bsa di share ke fbnya,,salam sukses selalu ya bun..

06 Jan
Balas



search

New Post