Sri Rahmiyati

aku hanyalah seorang pembelajar..... ingin banyak tahu, dan banyak mau agar terbuka pemahamanku ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Pentigraf Bersama Ahlinya Dalam  Webinar Mediaguru V

Belajar Pentigraf Bersama Ahlinya Dalam Webinar Mediaguru V

#Reportase

Mediaguru Indonesia kembali menggelar webinar untuk yang ke-5 pada hari Sabtu, 20 Juni 2020. Webinar Mediaguru V ini membedah tentang pentigraf. Pentigraf merupakan gaya penulisan cerpen yang saat ini tengah digandrungi oleh sebagian besar penulis yang tergabung dalam komunitas Mediaguru. Guna membekali para pentigrafis Mediaguru menulis pentigraf secara tepat, Muhammad Ihsan selaku CEO Mediaguru berinisiatif menyelenggarakan acara bertema “Meneroka Dapur Pentigraf” dan mengundang ahlinya. Dengan harapan para penulis Mediaguru semakin bersemangat. Acara webinar dimulai pukul 08.00 WIB dan berlangsung kurang lebih selama dua jam diikuti oleh kurang lebih 300 peserta yang berhasil masuk ke zoom dan sebagian besar peserta lainnya mengikuti kegiatan melalui MediaGuru TV di channel youtube Media Guru Indonesia. Materi inti tentang pentigraf disampaikan oleh Tengsoe Tjahjono, penemu pentigraf dan dosen Universitas Negeri Surabaya. Narasumber selanjutnya dari Mediaguru, menampilkan mas Eko Prasetyo selaku Pemred Mediaguru. Dan sebagai host kegiatan ini adalah pak CEO Mediaguru Muhammad Ihsan.

Prof. Dr. Tengsoe Tjahyono, dalam paparannya menjelaskan bahwa pentigraf adalah cerpen tiga paragraf yang merupakan salah satu karya sastra dengan keunikan tersendiri. Jenis karya ini merupakan cerpen singkat yang terdiri atas tiga paragraf dan tidak lebih dari 210 kata. Selain itu, ciri lain yang tidak boleh terlupakan oleh penulis adalah twits atau kejutan. Pentigraf berupa teks narasi dan jika terdapat dialog atau kalimat langsung, harus dibatasi untuk satu kalimat. Sumber ide bisa berupa fakta yang ada dalam kehidupan, diubah menjadi realita baru dengan daya kreasi tinggi. Diharapkan para guru memiliki kemampuan menulis pentigraf dengan benar dan bisa digunakan untuk mengajar berbagai mata pelajaran sesuai keahlian.

Dalam webinar tersebut, Mas Eko Prasetyo selaku Pemred MediaGuru menegaskan bahwa untuk menulis pentigraf yang bagus maka harus membaca karya pentigraf yang bagus pula. Sebagai contoh kita harus rajin membaca tulisan pentigraf karya Prof. Tengsoe.

Dalam acara webinar ini berlangsung interaktif, para narasumber membuka kesempatan untuk bertanya dan disambut antusias oleh peserta. Selain itu juga dilakukan kuis yang berhadiah buku berjudul Meneroka Dapur Pentigraf karya Prof Tengsoe Tjahjono. Webinar diakhiri oleh pak Ihsan selalu CEO Mediaguru dengan adanya tantangan menulis pentigraf bagi seluruh peserta.

Yogyakarta, 22 Juni 2020

Sri Rahmiyati

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

22 Jun
Balas

makasih pak Ali, saya baru belajar menulis reportase....

22 Jun

makasih pak Ali, saya baru belajar menulis reportase....

22 Jun

makasih pak Ali, saya baru belajar menulis reportase....

22 Jun

makasih pak Ali, saya baru belajar menulis reportase....

22 Jun

Tampilan yang keren menawan bun

23 Jun
Balas

Terimakasih Bu...

23 Jun

Mantap bu pentigrafnya

23 Jun
Balas

Terimakasih....

23 Jun

keren bun

22 Jun
Balas

Terimakasih atas kunjungannya...

23 Jun

Bagus bunda tulisan tertata rapi mudah diikuti pembaca...sukses sll nggih...salam literasi

24 Jun
Balas



search

New Post