Sri Rahmiyati

aku hanyalah seorang pembelajar..... ingin banyak tahu, dan banyak mau agar terbuka pemahamanku ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Biarkan Mereka (Belajar) Berpuasa

Biarkan Mereka (Belajar) Berpuasa

Saya masih ingat pada saat berlatih puasa di umur 6 tahun. Bapak dan ibu memotivasi dengan luar biasa. Pelayanan yang diberikan sangat istimewa, di mulai dari sesi makan sahur yang disuapi (padahal saat itu sudah bisa makan sendiri). Kemudian digendong saat bangun tidur dan mau cuci muka ke kamar mandi., disediakan lauk istimewa sesuai kesukaan dan diajak jalan-jalan ke Taman Sari, Stasiun Tugu atau melihat Kraton Jogja sepulang jamaah subuh di masjid. Yang masih terkenang-kenang adalah saat berbuka, kita boleh makan apa saja sesuai keinginan. Tak ayal sejak pagi sudah sibuk mengumpulkan makanan ini itu. Lalu boleh bermain di masjid dan sekitarnya sepanjang hari, karena sekolah libur penuh selama ramadhan. Kenangan belajar puasa yang menyenangkan.

Puasa secara bahasa artinya menahan dari sesuatu. Adapun secara istilah syar’i artinya menahan diri dari makan, minum dan segala pembatal puasa yang disertai dengan niat dari mulai terbitnya fajar shadiq hingga terbenanmnya matahari.

Puasa diwajibkan bagi orang yang beriman, yang berusia baligh laki-laki maupun perempuan. Puasa pada anak-anak belumlah wajib. Namun melatih mereka untuk berpuasa sangat dianjurkan. Sebagai ajang latihan, anak-anak yang berumur 4-8 tahun dapat menjalankan puasa setengah hari (puasa bedhug, di berbuka di tengah hari), atau puasa tiga perempat hari di belakang (puasa ‘ashar, berbuka pada saat adzan ‘ashar).

Membersamai dan mengajarkan berpuasa pada anak-anak adalah kewajiban orang tua, dengan cara memberi motivasi dan pendekatan yang baik. Sehingga anak-anak mau berlatih puasa dengan sukarela. Beberapa manfaat puasa yang dapat kita jelaskan pada anak adalah :

1. Puasa mendekatkan anak pada agama

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al-Baqarah: 183).

Ayat tersebut jelas, bahwa puasa diwajibkan. Tugas orang tua adalah mengajak anak untuk taat pada perintah Allah. Melatihnya berpuasa, sama artinya dengan melatihnya untuk taat kepada Allah. Taat kepada Allah menjadikan anak akan mengenali agamanya, memahami dan menjalankan sesuai perintah dan larangan.

Beri motivasi dan pujian terus sampai mereka menyelesaikan puasanya. Jelaskan juga bahwa segala sesuatu punya tujuan, maka puasa juga punya tujuan. Membangun rasa cinta Allah dan RasulNya dimulai dari menaati perintahNya.

2. Puasa mengajarkan anak untuk menjaga keseimbangan hidup

Pada hakikatnya kita adalah hamba Allah yang diperintahkan untuk beribadah. Namun karena kesibukan pekerjaan, sekolah, bermain dan lain-lain membuat kita sering melupakan kewajiban kita, Pada bulan puasa ini kita melatih diri untuk kembali mengingat dan melaksanakan seluruh kewajiban tersebut. Menyeimbangkan hidup bersama anak adalah menghidupkan suasana Ramadhan dengan amalan-amalan yang baik, serta mengajarkan bahwa puasa tidak juga menghalangi aktifitas keseharian kita.

3. Puasa melatih kedisiplinan soal waktu

Untuk menghasilkan puasa yang tetap fit dan kuat di siang hari, maka tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Hal ini mendidik tubuh kita untuk tidur lebih teratur. Bangun untuk makan sahur di pagi hari dan berbuka di waktu yang sesuai dengan jadwal di sore hari, ada dua waktu yang dinanti dan ditaati anak.

Point penting dari puasa dalam melatih kedisiplinan adalah: tidur teratur, sahur dan buka tepat waktu, belajar mengatur waktu antara kegiatan ramadhan dan aktifitas harian.

4. Puasa mengajarkan rasa empati dan silaturahmi

Dalam Islam ada persaudaraan sesama muslim, yang tampak jelas di bulan Ramadhan adalah orang-orang memberikan takjil buka puasa di masjid dengan ikhlas, lebih banyak bersedekah, menjalin silaturahmi saat jamaah sholat di masjid.

Selain itu belajar berpuasa, akan memahamkan kepada anak bagaimana rasanya lapar dan haus. Diharapkan tumbuh empati kepada orang yang kurang beruntung secara ekonomi yang ada di lingkungan sekitarnya.

5. Puasa menyehatkan badan

Puasa membantu anak mengatur pola makan menjadi teratur.

Puasa juga melatih anak untuk makan makanan yang sehat. Pada saat sahur dan berbuka kita dapat memberikan makanan cukup gizi, menahan anak-anak dari jajan sembarangan. Juga perlu diberi penjelasan bahwa puasa dapat mengistirahatkan pencernaan dan perut dari kelelahan kerja yang terus menerus sepanjang hari sepanjang tahun. Selain itu puasa juga membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi).

6. Puasa menanamkan kejujuran

Anak yang berpuasa, melatih mereka untuk jujur. Jujur pada orang tua, orang lain dan diri mereka sendiri. Jujur pada diri sendiri diperoleh dengan mereka menyadari harus menahan rasa haus, rasa lapar dan sikap-sikap buruk. Dan jika mereka tidak kuat, mereka akan jujur mengatakan bahwa memang tidak kuat untuk minta berbuka duluan. Tak apa, namanya juga belajar.

Puasa juga mengajarkan pada anak untuk menahan segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa.

Metode saya dengan metode orang tua saya dalam melatih puasa pada anak-anak saat mereka masih kecil, tidak jauh berbeda. Jika ada perbedaan terletak pada bonus di hari raya. Dulu jika puasa saya penuh berarti mendapat baju baru dua potong. Anak-anak saya (kemarin dulu) jika puasa penuh dapat angpao banyak, dari kakek, nenek, paman, bibi dan saudara. Tidak mengajarkan matre, tapi sebagai bentuk penghargaan saja dari orang-orang dewasa. Toh, sekarang mereka tetap puasa wajib dan sunat meski jauh dari orang tua dan tidak pantas lagi mendapat angpao di hari raya. Lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikannya, begitu juga lain keluarga maka beda juga cara melatih anak dalam menjalankan ibadah puasa ini.

Sebagai tambahan yang mungkin berguna bagi kita, ada tips cantik ala Sara Risman (dari Parenting With Elly Risman and Family), Tips Ramadhan Day #2:

Anak yang masih di bawah usia 7 tahun boleh sahur sebangunnya jika setelah dibangunkan pada waktu sahur belum berhasil bangun juga.

Mereka puasa sekuatnya sampai waktu yang sama selama 3 hari ke depan

Setelah itu tambah minimal 1 jam, untuk 3 hari ke depan.

Jadi misalnya kalau hari ini hanya bisa sampai jam 11, maka besok dan lusa harus minimal jam 11.

Hari ke-4 minimal sampai jam 12, untuk 3 hari ke depannya.

Hari ke-7 sampai jam 13 dan begitu seterusnya Dengan metode ini, seharusnya target sebelum hari raya sudah berhasil puasa full Jika sudah berbuka, tidak boleh puasa lagi.

Karena puasa tidak boleh putus sambung sesuka hati Dan mengizinkannya hanya akan mengacaukan konsep puasa. Itu metode lama dan salah. Zaman sudah berganti.. Generasi berubah, ilmu semakin nambah jadi cara juga harus berubah. Lebih baik mengasuh langsung dengan benar sekalian, daripada memperbaiki yang sudah terlanjur salah. Ya kalau umur kita cukup panjang untuk membetulkannya.. Kalau tidak?

Puasa adalah proses yg harus dilalui seumur hidup, buat semenyenangkan mungkin

Mungkin masih ada dari kita yang eman-eman ketika mau melatih berpuasa pada anak-anak dengan berbagai alasan. Tentunya hak masing-masing dalam mendidik anak, pendapat boleh berbeda. Tugas kita sebagai orang tua adalah melakukan yang terbaik untuk anak-anak kita.

Mengajarkan dan melatih beribadah yang diperintahkan Allah SWT adalah salah satu usaha kita, dan itu dapat dimulai sejak dini.

Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih dwngan rincian manfaat puasanya bu Sri.

29 May
Balas

Terima kasih juga bapak, sdh memberi banyak inspirasi lewat tulisan2 panjenengan.

30 May



search

New Post