Sri Ratnasari Mahmudah

Pendidik di SMK Batik 2 Surakarta ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kuliah Onlie Karakter Plus Batch_2

Apa Sih Kuliah Online Karakter Plus Batch_2????

Kuliah online Karakter Plus Batch_2 merupakan salah satu media untuk kuliah online yang diikuti oleh para guru, orang tua, guru, maupun praktisi pendidikan yang ingin menambah wawasan di bidang karakter.

Kegiatan ini (Kuliah online Karakter Plus Batch_2) diprakarsai dan dengan narasumber Muhammad Barli A. Muflih. Beliau adalah:

· Founder Motivation Training Club (MTC 2009-2010)

· President Universal Islamic Economic (UIE 2010-2011)

· Certified Hypnotherapy from YHI

· Manager program TK ABC Preschool

· Promotor STIF In Padang Panjang

· Praktisi Manajemen Karakter Islam

Kegiatan kuliah online Kamakter Plus Batch_2 ini dilaksanakan melalui Daring (Dalam Jaringan) menggunakan aplikasi whatsapp. Para peserta yang telah melakukan registrasi selanjutnya dimasukkan ke dalam grup, dan melalui grup inilah dilaksanakan kegiatan kuliah online.

Waktu pelaksanaan kuliah online dijadwalkan setiap pekan sekali, yaitu hari Ahad, selama 3 (tiga) kali, yaitu pada tanggal 3 Pebruari, 10 Pebruari, dan 17 Pebruari. Setelah sesi perkuliahan selama 3 pertemuan, diberikan tambahan informasi dan petunjuk untuk tugas akhir dan evaluasi, dimana tugas ini diberikan melalui aplikasi telegram.

Secara pribadi saya sangat interest terhadap kegiatan ini dengan alasan saya merasa perlu menambah wawasan yang belum saya miliki terkait pendidikan karakter. Saya tertantang untuk lebih mendalami materi ini dan ingin berusaha untuk mengimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran saya di sekolah serta dalam pendidikan anak di rumah. Tumbuh kembang karakter merupakan tantangan yang ingin saya lakukan treatment terhadap anak-anak didik di sekolah dan terhadap anak-anak di rumah.

Perkuliahan online Karakter Plus Batch_2 diawali dengan registrasi yang harus dilakukan oleh para peserta yang hendak mengikuti. Setelah kegiatan registrasi dilakukan, admin membentuk grup kelas online dengan anggota seluruh peserta yang telah registrasi tersebut. Pada jadwal perkuliahan online, yaitu tanggal 3, 10, dan 17 Pebruari 2019, sebelum sesi penyampaian materi dan tanya jawab, para peserta diwajibkan mengisi presensi, baik secara online maupun offline. Presensi ini merupakan salah satu persyaratan untuk mendapatkan sertifikat bagi para peserta. Setelah kegiatan presensi dilakukan oleh para peserta, penyampaian materi dilakukan oleh narasumber, disertai dengan kesempatan tanya jawab. Dikarenakan keterbatasan waktu, maka tanya jawab dilanjutkan di luar jadwal perkuliahan, bahkan menjelang kegiatan kuliah online pada sesi berikutnya. Kegiatan perkuliahan online ini diakhiri dengan kegiatan evaluasi dan penugasan, dimana kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengukur dan mengetahui pemahaman selama mengikuti perkuliahan online ini, terkait pengetahuan serta motivasi para peserta mengikuti perkuliahan online Karakter plus Batch_2. Selain evaluasi, kegiatan akhir yang harus diselesaikan oleh para peserta adalah membuat sebuah laporan kegiatan yang merupakan jawaban atas pertanyaan 5W 1H dan diposting pada blog gurusiana maupun blog yang lain. Pembuatan artikel tentang pengembangan karakter juga merupakan tugas akhir yang harus dipenuhi pula oleh para peserta pada akhir kegiatan ini, dimana pengumpulan tugas artikel ini dilakukan melalui email. Seluruh tugas akhir wajib diselesaikan oleh peserta kuliah online Karakter Plus Batch_2 maksimal tanggal 1 bulan Maret.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wahhh...tertarik saya utk ikut kuliah online ini. Keren tulisannya Mba Sri.. Semangat... Jangan lupa mampir di lapak tulisan saya...

27 Feb
Balas

Terima kasih bu noerhayati, insyaallah saya mampir nt. Alamatnya kl blh tau?

27 Feb



search

New Post