Sri Saktiani

Pemerhati, praktisi, konsultan pendidikan. Penggerak Batita Suka Baca, Penggagas Menulis Sejak BATITA (2004), Pendiri YAYASAN PERMATAHATI IBU(2004), PAUD GRATIS...

Selengkapnya
Navigasi Web

DILILIT UTANG

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'alla senantiasa menjauhkan kita dari segala kesulitan hidup dan lilitan hutang.

Dan Allah selalu mempermudah kita mendapatkan reseki yang melimpah halaalan thayyiban Aamiin.

Hutang adalah salah satu PENGHALANG masuk Surga walau sehebat apapun kesolehan dan pahala ibadah yang dimiliki.

JIKA:

punya hutang, ini ada beberapa DOA yang ampuh yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk memperlancar dan mempermudah membayar hutang sebesar apapun.

MAKA:

Langkah pertama adalah, maksimalkan upaya dan ikhtiar melunasinya.

Selain ikhtiar dan usaha, lengkapilah dengan DOA DOA dibawah ini, boleh salah satunya atau semuanya, minimal setiap selesai Shalat Fardu yang 5 x itu, inilah DOA nya;

1. PILIHAN PERTAMA, doa yang diajarkan Rasulullah kepada Ali Bin Abi Thaalib RA:

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

"Allaahummak finii bi halaaliKa ‘an haraamiKa,

wa ghninii bifadhliKa ‘amman siwsaKa".

“Yaa Allah, Cukupilah aku dengan rezekiMu yang halal, dan jauhkan aku dari yang haram. Perkayalah aku dengan karuniaMu sehingga aku tidak meminta pada selain Engkau.”

(Hadis Sahih Riwayat Al-Imam At-Tirmidzi).

2. PILIHAN KEDUA, Doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Muadz Bin Jabal RA :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

"Allaahumma innii a'udzu biKa minal hammi wal huzni wa ‘auudzu biKa minal ‘ajzi wal kasali, wa auudzu biKa minal jubni wal bukhli, wa auudzu biKa min ghalabatid daini, wa qahrir rijaali".

“Yaa Allah, saya berlindung pada-Mu dari kecemasan, galau dan kesedihan, dan saya berlindung pada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, dan saya berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan saya berlindung pada-Mu dari beratnya hutang dan ancaman orang”.

(Hadis Sahih Riwayat Al-Imam Dawud).

3. PILIHAN KETIGA, doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam kepada Sahabat Abu Umamah RA:

اللهم مالك الملك تؤتي الملك من تشاء وتنزع الملك ممن تشاء وتعز من تشاء وتذل من تشاء بيدك الخير إنك على كل شيء قدير رحمن الدنيا والآخرة ورحيمهما تعطيهما من تشاء وتمنع منهما من تشاء ارحمني رحمة تغنيني بها عن رحمة من سواك.

"Allaahumma Maalikal Mulki tu’til mulka man tasyaa’ wa tanzi’ul mulka mimman tasysaa’ wa tu’izzu man tasyaa’ wa tudzillu man tasyaa’ biyadikal khair, innaka ‘alaa kulli syain qadiir.

Rahmaanad

Dun yaa wal Aakhirati, wa Rahiimuhumaa tu’thiihumaa man tasyaa’ wa tamna’u minhumaa man tasyaa, irhamnii rahmatan tughniinii bihaa ‘an rahmati man siwaaka".

(Yaa Allah, Engkau Pemilik segala Kerajaan. Memuliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki.

Di tangan-Mulah semua kebaikan, Engkau Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, Yang Maha Penyayang di Dunia dan di Akhirat, dan Yang Maha Pengasih bagi semua. Engkau memberikannya kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan mencegahnya dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Kasihanilah aku dengan rahmat Mu yang cukup kepada saya.

Tidak ada yang dapat memberi rahmat selain Engkau yaa Allah.”

(Hadis Sahih Riwayat Al-Imam At-Thabrani).

Demikianlah Kak Abdul Hamid Husain yang

alumni Gontor Ponorogo,

King Abdulaziz University, Jeddah

-Umm Al Qura University, Makkah mengingatkan kita bagaimana saat dililit hutang. Semoga menjadi amal jariyah beliau Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tausiyah yang luar biasa bunda. inspiratif dan memncerahkan. Barokallahu fiik

29 Sep
Balas



search

New Post