Sri Sugiyati,S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sri Sugiyati Tulisan ke 65 POJOK LITERASI KELAS

Sri Sugiyati Tulisan ke 65 POJOK LITERASI KELAS

Literasi saat ini merupakan langkah yang diambil pemerintah untuk menggiatkan kembali masyarakat dan siswa gemar membaca. Di sekolah berbagai upaya dilakukan agar budaya literasi kembali mengakar di pembiasaan siswa. Sementara memang kondisi pandemi, siswa dan guru seakan terabaikan dengan fasilitas sekolah yang memupuk kegiatan literasi. Mereka juga fokus dengan gawai untuk pembelajaran daring. Buku - buku yang berjudul ratusan tertata rapi di rak perpustakaan tanpa ada yang menyentuh. Perpustakaan sebagai sumber belajar dan media untuk membaca seakan terlupakan. Untuk itu sebagai pegiat literasi sekolah banyak langkah yang bisa dilakukan. Memberikan fasilitas yang dekat dan mudah dijangkau siswa meluangkan waktunya membaca. Salah satunya dengan menciptakan pojok literasi di setiap kelas. Bentuknya berdasarkan selera masing - masing kelas. Pegiat literasi bekerja sama dengan pihak perpustakaan untuk membagikan beberapa buku di kelas sebagai modal penciptaan pojok literasi. Selanjutnya siswa maupun guru untuk menambah koleksi buku itu.

Dengan mengadakan pojok literasi di kelas diharapkan budaya siswa membaca paling tidak 10 - 15 menit setiap hari bisa terjangkau. Membaca sesuai selera, dengan tujuan mereka mendapatkan wawasan dan informasi baru dari dunia luar. Beberapa buku yang disediakan ada bermacam - macam, boleh fiksi maupun non fiksi. Meluangkan waktu di saat jam yang memungkinkan untuk gemar membaca. Selain itu bertujuan agar mereka menyadari betapa pentingnya pembiasaan ini. Semua materi baru atau keinginan untuk mendapatkan ilmu baru harus dengan mencermati sumber dulu. Cinta membaca akan menumbuhkan juga aspek ketrampilan 4 berbahasa dengan baik. Siswa yang gemar membaca, mencari literatur e dan membaca hasil karya orang lain akan memacu mengkomunikasikan kepada orang lain. Sehingga alur membaca, menyimak ,berbicara dan menulis saling kerja sama. Suatu langkah yang baik untuk sekolah ketika program pojok literasi diwujudkan. Pojok literasi yang walaupun koleksi bukunya terbatas, bisa juga menginspirasi siswa untuk berkarya yang dipajang di pojok literasi. Berbagai kesempatan yang ada akan memberikan wahana kepada siswa untuk menghargai karya orang lain. Bahkan bisa digunakan sebagai motivasi dirinya untuk berkarya sesuai potensi yang dimilikinya. Ibarat pepatah mengatakan kalau tak kenal maka tak sayang. Begitu juga dengan berliterasi sebaiknya diperkenalkan dari yang sederhana di lingkungan mereka. Setelah menjadi pembiasaan akhirnya mereka seperti kecanduan ingin berekspresi. Menyadari bahwa literasi itu luas maknanya tidak hanya membaca dan menulis saja. Namun berawal dari kesadaran mereka memanfaatkan buku di pojok literasi sebagai sarana mengembangkan budaya literasi. Lambat laun mereka seakan kecanduan dengan membaca untuk peningkatan kompetensi dirinya.

Penulis : Sri Sugiyati.S.Pd.

Magetan, 29 November 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

29 Nov
Balas

Mantaaap bunda. Tulisan yg bagus bund. Barakallah. Sukses selalu. Sdh saya follow ya bund

30 Nov
Balas

Sdh saya follow back bunda

30 Nov

Semoga budaya membaca anak bisa ditingkatkan. Sukses selalu buat Ibu Sri Sugiyati

29 Nov
Balas

Menginspirasi sekali, sukses Bu

30 Nov
Balas

Mantap Bunda

30 Nov
Balas

Sangat menarik ulasan tentang pojok literasi kelas bun keren salam literasi

30 Nov
Balas

mantap bunda giatnya, semoga literasi di sekolah semakin berkembnag nggih

30 Nov
Balas

mantap bunda giatnya, semoga literasi di sekolah semakin berkembnag nggih

30 Nov
Balas

Sangat inspiratif bunda

30 Nov
Balas

Keren sekali tayangannya, mantap, sehat dan sukses selalu Bu Sri

30 Nov
Balas

Mantap ulasannya dan menginspirasi Bunda. Salam sukses dan seht selalu

29 Nov
Balas

Mantap ulasannya dan menginspirasi Bunda. Salam kenal jg dr Nganjuk. Sdh sy follback Bunda. Salam sehat, bahagia dan sukses selalu

29 Nov
Balas

terima kasih bunda Yayuk, bunda seir, bunda Endri kunjungannya

29 Nov
Balas

terima kasih pak Syamsul dan pak Dede, salam sehat

29 Nov
Balas

Tulisan yang keren ... sukses selalu

29 Nov
Balas

Sangat menginspirasi Bunda Sri. Sukses selalu salam literasi

29 Nov
Balas



search

New Post