Sri Sugiyati,S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
TULISAN KE 87  BINTANG DI PMM MEDIA BELAJAR

TULISAN KE 87 BINTANG DI PMM MEDIA BELAJAR

Sebenarnya diriku tergolong pendidik yang sudah memasuki masa yang tiada lagi muda. Boleh dibilang perambatan usia berkepala hampir purna, kemampuan dan skill dalam bidang informatika sudah terbatas. Satu keyakinan secara otodidak dan bersharing dengan rekan - rekan yang profesional IT membangun motivasiku. Apalagi semenjak ada PMM yang diluncurkan Kemendikbud riset dan teknologi seakan menggugah semangatku ingin mencoba berekspresi mengembangkan literasiku. Usia dan kemampuan yang terbatas kutepis jauh - jauh. Seiring waktu kubuka fitur - fitur PMM, kucoba sedikit demi sedikit memahaminya. Long life education dari prinsip Ki Hajar Dewantoro kujadikan motivasi terkuatku. Dunia pendidikan memang harus kuikuti sesuai paradigma yang berjalan.Agar pembelajaran yang kuberikan kepada generasi sesuai peradaban zaman.

Belajar di PMM yang menyuguhkan berbagai variasi materi ternyata sungguh menarik dan multiguna. Materi itu amat berfungsi untuk diri sebagai bekal menjadi seorang pendidik yang profesional dan menjadi pendidik seutuhnya. Ilmu dan praktik - praktik dunia pembelajaran dan perkembangan berbagai metode maupun media banyak kutemukan. Dengan PMM membuat lebih mudah memperoleh informasi dan kolaborasi dengan teman sejawat yang memiliki kompetensi luar biasa. Belajar yang tanpa dibatasi waktu seakan memberikan ruangan baru untukku meningkatkan kapasitas diri.

Dari berbagai pelatihan mandiri seakan membekali dan menginspirasiku untuk menjadi pendidik yang sebenarnya mampu mendampingi peserta didik. Aku memperoleh berbagai konsep untuk menerima keberadaan dan perbedaan mereka sebagai kekayaan pembelajaran sesuai kurikulum merdeka yang dilaksanakan. Berbagai topik dengan segenap kemampuan yang ada terselesaikan, menuju aksi nyata yang dilakukan sebagai implementasi dari pembahasan topik - topik. Pelatihan mandiri menumbuhkan minat belajarku walau sudah di ambang perbatasan. Kucari peningkatan diri walau kadang banyak hambatan, namun dengan rasa senang semua dapat terselesaikan untuk mendapatkan bintang - bintang di profil belajar id PMM.

Kesempatan belajar dan meningkatkan keaktifan dunia literasi kurasakan ketika berekspresi di karya saya. Ketrampilan unggah karya dan bisa dimintakan umpan balik ke rekan sejawat memberikan motivasi positif. Bintang - bintang yang tertera seakan membekaskan makna bahwa belajar memang tanpa pandang usia. Kemajuan teknologi memberi peluang besar untuk pendidik selalu belajar, berkolaborasi dengan banyak komunitas, terinspirasi dengan video inspirasi dan karya pendidik lain. Dengan PMM seakan mengembangkan kreatifitas dan berusaha bereksplorasi mencari referensi baru untuk perkembangan diri. Tiada manusia yang bisa sempurna dan berwawasan luas tanpa adanya menghargai serta menjadikan inspirasi karya orang lain. Dengan bintang - bintang merasa lega, menandakan makna karya itu diapresiasi dan dibaca orang lain.Kurikulum merdeka membawa seorang pendidik mampu meningkatkan kapasitas diri sebagai bekal mengantarkan masa depan peserta didik dengan keberagaman karakter dan potensinya.

Magetan, 21 Agustus 2023

Penulis : Sri Sugiyati, S.Pd

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post