Sri Sugiyati,S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
(Tulisan ke 88 SRI SUGIYATI ) GELANG KARYA MEDIA SKILL PEMBINA

(Tulisan ke 88 SRI SUGIYATI ) GELANG KARYA MEDIA SKILL PEMBINA

Pembina Pramuka di sekolah memiliki peran yang sangat dominan dalam peningkatan untuk membangun karakter siswa. Upaya yang dilakukan agar karakter dan ketrampilan diri lebih baik salah satunya dengan kegiatan Gelang Karya oleh kwarcab Magetan. Pelaksanaan kegiatan 22 sampai 24 September 2023. Pesertanya semua pembina Pramuka yang diwakili dari tingkat siaga, penggalang dan penegak semua kwaran Magetan. Lokasi kegiatan di bumi perkemahan Alastuwo Poncol. Aku sebagai pembina Pramuka, berusaha mengikuti kegiatan itu dengan antusias. Apalagi meskipun sudah belasan tahun menjadi pendidik, bekalku di dunia kepramukaan masih teramat sedikit. Keinginanku membangun karakter penggalang di pangkalan gugus depanku menjadi motivasi utama dan pertamaku.

Sharing pengetahuan dan ketrampilan dari berbagai pembina, kolaborasi ide dan pendapat yang berbeda, memberikan banyak wawasan baru. Satu yang sebenarnya terselinap di lubuk hatiku, ada rasa kagum kepada kakak pembina dan pelatih yang mengabdikan diri tanpa rasa pamrih. Pengabdian yang membukakan rasa keiklasan dan pengorbanan di perjalanan usia yang hampir senja. Karakter dan jiwa kepramukaan yang luar biasa telah tertempa di kehidupan, seakan cinta untuk membentuk karakter anak bangsa ini sebagian dari hidupnya. Pembiasaan kegiatan yang selalu menghargai keberagaman kepribadian dan selalu menerima perbedaan, mengajarkan pada diriku untuk menghargai insan tanpa keraguan. Kolaborasi di alam terbuka, terpampang kerja sama dan rasa saling ketergantungan sebagai dinamika kehidupan berkelompok.

Gelang Karya sebagai media, dimana kompetensi diriku mulai mengerti pembaharuan dalam menerapkan pembelajaran karakter melalui Pramuka. Organisasi yang selalu menjadi idola dan kebanggaan dunia pendidikan. Di kegiatan inilah kutemukan metode untuk mengubah mindset seseorang dengan menyenangkan tanpa membiarkan kecemasan mendera dirinya. Belajar menjadi pribadi yang kuat, disiplin dan siap menerima pembaharuan sesuai perkembangan era digital yang meroket hari ini. Ketrampilan baru yang banyak kuperokeh dari berbagi di kelompok, memberikan bekal baru diriku kembali ke pangkalan gudep tempat adik - adik penggalang ku. Keindahan berbagi dan merasa dihargai dari semua potensi akan dapat berkembang dengan baik. Generasi yang sukses dan beraklak mulia, berdisiplin serta memiliki semangat kuat mengikuti perkembangan dunia akan tercipta di dunia sekolah. Pramuka yang berjiwa luas tanpa rasa lelah mengubah pribadi dan dunia sekitar menuju kemajuan yang tetap beretika dan bermoral Pancasila. Terima kasih kwarcab Magetan dengan semua upaya untuk peningkatan kapasitas diri menjadi pembina yang lebih berkompeten.

Magetan, 24 September 2023

Penulis : Sri Sugiyati

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ini giatnya! Salam pramuka! Kakak

04 Jan
Balas



search

New Post