Sri Sunarti

Sri Sunarti guru IPA MTs Negeri 2 Probolinggo, Hidup harus bermanfaat itu motto saya. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
                                                                         ARTIKEL

ARTIKEL

BAGAIMANA MENJADI GURU HEBAT

AGAR PRESTASI PESERTA DIDIK MENINGKAT

 

Guru merupakan profesi yang keberadaannya masih sangat diperlukan dalam dunia pendidikan di era millennial sekarang ini. Guru sebagai sumber belajar adalah sosok yang sangat dipercaya oleh peserta didik bukan hanya sekedar mengajarkan ilmu pengetahuan saja namun guru juga mempunyai tugas utama untuk mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Ada pepatah jawa yang mengatakan guru itu di gugu lan ditiru, makna pepatah tersebut sangatlah dalam jika kita mengartikan, pepatah tersebut mengandung arti, guru merupakan sosok yang akan menjadi inspirasi bagi peserta didiknya setiap tingkah laku dan perkataannya akan sangat mempengaruhi pola pikir peserta didiknya, baik dari segi penguasaan pengetahuan, penguasaan sikap maupun pengendalian tingkah laku peserta didik.

Guru yang hebat adalah guru yang selalu dinantikan kehadirannya oleh peserta didik, jika guru tidak datang dalam kelas pembelajarannya maka peserta didik akan merasa resah, gelisah, dan merasa kehilangan, namun ketika guru datang maka peserta didik akan bahagia, dia menjadi bersemangat dalam belajar.

Peserta didik merupakan generasi penerus bangsa, mereka merupakan anak bagi seorang guru, untuk itu seorang guru bertanggung jawab dalam meningkatkan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang berguna bagi Agama, Orang tua, Nusa dan Bangsa, sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional.

Ada beberapa kemampuan dimiliki guru berkaitan dengan profesi dan kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi peserta didik, kemampuan itu diantaranya :

1. Memiliki kepribadian yang kuat seperti :

- Mampu beradaptasi dengan kondisi dan situasi dalam kelas

- Humoris, Sportif, komunikatif, semua topik menjadi menarik

- Memiliki program dan administrasi sebagai syarat pembelajaran

- Antusias dan mampu memberi motivasi pada peserta didik

- Simpatik, kompetitif, hangat, perhatian diskusi dan bias sharing

2. Memahami Potensi dan karakteristik peserta didik

3. Menguasai Landasan Pendidikan

4. Menguasai Materi Pembelajaran

- Update materi

- Selalu belajar dan menambah wawasan

- Fokus dan menguasai teknologi IT

5. Memberikan pengalaman belajar nyata

6. Menyusun Program Pengajaran sesuai kurikulum yang berlaku

7. Melaksanakan Pembelajaran dengan efektif, inovatif, efisien

8. Menilai hasil, mengevaluasi proses dan pelaksanaan pembelajaran

9. Melaksanakan kegiatan Bimbingan.

Adapun langkah langkah untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik, maka penguasan guru terhadap materi dan pelaksanaan pembelajaran yang efektif, inovatif efisien dan meyenangkan bagi peserta didik harus betul-betul diperhatikan gruru harus mampu menempatkan posisinya dalam melakukan interaksi belajar mengajar secara professional sebagai berikut :

1.  Menjadi fasilitator, yang mampu menyediakan fasilitas belajar seperti bahan dan media pembelajaran yang sesuai agar peserta didiik mudah menerima pembelajaran

2.  Menjadi Pembimbing yang baik, yang mampu memahami potensi dan karakteristik peserta didik agar membantu perkembangan peserta didik kea rah yang lebih baik

3.  Menjadi motivator, Selalu memberikan motivasi, agar peserta didik selalu giat dan semangat dalam belajar untuk memperoleh prestasi belajar yang memuaskan.

Menurut Darwanto (2012:17) agar proses belajar mengajar sebagai interaksi dapat dialami siswa secara efektif dan efisien serta dapat menumbuhkan prestasi belajar yang baik maka harus ada lima kompunen utama yang harus ada dalam proses pembelajaran yaitu :

1. Kejelasan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

2. Tersedianya bahan untuk terjadinya interaksi dalam pembelajaran

3. Adanya metode pembelajaran dalam menunjang proses interksi belajar

4. Adanya alat untuk menunjang proses pembelajaran

5. Memiliki prosedur penilaian dan barometernya

Lima komponen yang dimaksud tersebut harus dipersiapkan dengan matang agar mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

 

BIODATA PENULIS

Nama penulis Sri Sunarti, tempat tanggal lahir Probolinggo, 13 Juni 1977, pengajar mata pelajaran IPA di MTsN 2 probolinggo, yang beralamat di Jalan Raya Karanggeger Nomor 418 Pajarakan, Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, email [email protected] , Nomor WA 082141995973.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post