Sri Suwarni

SRI SUWARNI Lahir di Kab.Semarang, profesi sebagai Guru SD sejak tahun 1984. Lulus D2 di IKIP Negeri Semarang, S1 di UNDARIS, S2 di STIEPARI Semarang. Se...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENYATU DENGAN ALAM (TANTANGAN HARI KE 15)
Menyatu dengan alam

MENYATU DENGAN ALAM (TANTANGAN HARI KE 15)

MENYATU DENGAN ALAM

Tantangan hari ke 15

Sri Suwarni,S.Pd.M.Si

Proses pembelajaran biasanya selalu dilaksanakan di dalam kelas saja,sebenarnya pelaksanaannya oleh dilaksanakan diluar,diarena yang luas,segar,dan beda dari peelajaran seperti kesehariannya.Memang boleh pembelajaran dilaksanakan diluar ruangan atau diluar kelas.Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial,Ilmu Pengetahuan Alam,maupun Olah raga.Bahkan pembelajaran diluar ruangan siswa lebih memperhatikan sekaligus siswa bisa menikmati indahnya alam lingkungan sekitar kita.Pembelajaran diluar ruangan siswa lebih sengang dan bersemangat,karena bisa menghilangkan kejenuhan dan kepenatan dalam mengikutu proses Pembelajaran.Tidak hanya siswanya yang senang gurunya pun senang bisa refresing,melihat-lihat keindahan alam sekitarnya.Yang jelas menjadi fres,sekaligus mensyukuri semua ciptaan Allah.

Kali ini siswa diajak pembelajaran pembelajaran Tematik yaitu gabungan pelajaran Ilmu Penegtahuan Alam,Ilmu Pengetahuan Sosial,Olah raga dan Matematika,karena siswa harus mau mengamati apa yang ada dilingkungan sungai yang mengalir.Bapak Guru memeritahkan pada siswa,"anal-anak tolong nanti setelah sampai disungai kalian mengamati apa saja yangkalian lihat atau temukan di sungai dan sekitarnya ya" Siswa menjawab,Siiiiaaap Ibu guru dengan serempak!."aku siap he he he... oke aku juga siiap,jawab teman yang lain."Ibu guru menyarankan nanti kalau disungai harus hati-hati tidak boleh saling mendorong,apalagi teman yang tidak bisa berenang,jangan didorong ke air ya" Anak-anak menjawab,"iya Bu guru.

Dalam perjalanan anak-anak saling mengira-ira nanti sungainya dalam apa dangkal ya,kalau dalam bisa berenang dong.Anak yang lain menimpali semoga dalam ya,kalau dalam nanti kan bisa berenang.Awas kita ada ttugas dari Bu guru yang penting mengamati perintah dari Bu guru dulu,yaitu disekitar sungai itu ada apa,airnya dalam apa dangkal,kira-kira lebar sungai berapa meter,ada batu pasir dan material apa saja itu nanti kan membuat laporan."o oo iya iya betul katamu.Nanti sampai sungai kita bergandengan ya,celetuk anak - anak perempuan.

Sesampai di sungai "Waauuu,Subkhanallah airnya mengalir jernih,batu batu yang besar kelihatan bersih,disamping kanan kiri panoramanya indah.Betapa senangnya anak-anak diadakan pembelajaran diluar kelas.Sekaligus mengeali lingkungan terdekat juga ada tempat yang indah dan menyenangkan.Anak yang bisa berenang memilih ditempat air yang mengalir tenang,ternyata banyak anak yang bisa berenang,ada yang bermain pasir,ada yang mengambil kerikil-kerikil kecil untuk hiasan dipot bunga.Anak-anak asyik bermain sendiri-sendiri ada yang berman air sambil bercengkrama.

Tidak terasa sudah satu setengah jam anak-anak belajar disungai,melihat keceriaan anak-anak guru juga ikut senang,dan menyimpulkan pembelajaran dialam bebas ternyata menyenangkan,membuat anak berani mengemukakan pendapat,mau bertanya hal -hal yang dilihat.Beberapa anak bilang besuk kesungai lagi ya Bu guru? Saya jawab insyaAllah besuk kapan-kapan ya,pembelajaran sambil melihat keagungan illahi itu pertanga anak mau menyatu dengan alam sekitarnya.Sungguh mengasyikkan dan menyenangkan bisa belajar,menyatu dengan alam,tidak takut dengan air,sekaligus bisa berenang.Anak mengenali lingkungan sungai,menjadi berani menyeberangi sungai,pokoknya asyik...asyik...asyik sekali.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren

29 Jan
Balas

Alahamdulillah belajar sekalian tadabbur alam. Sukses Bu. Barakallah

29 Jan
Balas

Ya mbak Fauziah n mbak Ririn teringat masa kecil dulu.

29 Jan
Balas



search

New Post