Sri Suwarni

SRI SUWARNI Lahir di Kab.Semarang, profesi sebagai Guru SD sejak tahun 1984. Lulus D2 di IKIP Negeri Semarang, S1 di UNDARIS, S2 di STIEPARI Semarang. Se...

Selengkapnya
Navigasi Web
MRAPEN API ABADI (TANTANGAN HARI KE 11)
API ABADI MRAPEN

MRAPEN API ABADI (TANTANGAN HARI KE 11)

MRAPEN API ABADI

Tantangan hari ke 11

Sri Suwarni,S.Pd.M.Si

Setiap memperingati hari olah raga Api Abadi Mrapen selalu diambil untuk di nyalakan waktu perhelatan Olah raga,baik Pekan Olah raga se Asuia atau Sea Game,PON maupun memperingati hari olah raga.Api abadi Mrapen selalu diambil karena sudah tradisi selalu mengambil Api Abadi Mrapen. Setiap tahun api abadi juga digunakan untuk obor upacara hari Waisak bagi umat Budha.Konon api abadi itu timbul setelah Sunan kalijogo yang meminpin Demak mengalahkan Majapahit mencari mata air untuk Prajuritnya yang kelelahan dengan menancapkan tongkat ke tanah,namun lubang bekas dari lubang itu tak lama menyemburkan api yang sampai sekarang dipercaya merupakan titik awal munculnya sumber api abadi Mrapen.

Kemudian Sunan Kali jaga menancapkan tongkat lagi ditempat yang lain,lalu mengeluarkan semburan air yang jernih dan bersih,air tersebut dimanfaatkan oleh rombongan prajurit untuk diminum.Sumber mata air itu letaknya tidak jauh dari api abadi Mrapen.Tempat itu memiliki diameter tiga meter dan kedalaman sekitar dua meter yang diberi nama "Sendang Dudo".Menurut laporan masyarakat setempat mata air sendang Dudo airnya selalu mendidih meskipunairnya tidak panas,Jika dilihat air itu kelihatan keruh,tetapi anehnya apabila air tersebut dimasukkan kedalam gelas air itu berubah menjadi bening.Air di Sendang Dudo dipercaya bisa untuk mengobati penyakit kulit dan rematik.

Semburan Api tersebut abadi dan tidak bisa dipadamkan sampai sekarang,bahkan sekarang untuk tempat wisata.Banyak penelitian yang dilakukan ternyata semburan api tersebut dikarenakan adanya semburan gas magnesium yang ada didalam bumi.Kini masyarakat sekitar Mrapen memanfaatkan api tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari untuk memasak dengan cara menyalur dengan pipa lewat bawah tanah.Api Abadi tersebut juga digunakan untuk upacara hari Waisak dan untuk PON,Sea Game sampai sekarang.

Dengan adanya peninggalan Api Abadi Mrapen,sampai sekarang dijadikan objek wisata,baik wisata dalam negeri atau domestik maupun manca negara.Api abadi Mrapen ini juga dijadikan Api abadi oleh umat Budha,terbukti diambilnya api dari Mrapen.Menurut orang yang beragama Budha api abadi merupakan sumber kehidupan yang tidak pernah padam.Jadi menurut Umat Budha tidak hanya berdoa untuk sendiri tetapi juga untuk Bangsa dan negara Indonesia,agar "Harapannya semoga Bangsa Indonesia akan Jaya,maju akan terang hidup kita.Kita harapkan dengan adanya Api Abadi Mrapen ini kita sebagai Bangsa Indonesia bisa lebih maju menuju lebih baik".Api bisa dimanfaatkan untuk acara keagamaan,olahraga,dan kegiatan - kegiatan manfaat lainnya,Aamiin!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren

27 Jan
Balas

Sungguh luar biasa ciptaan Allah. di daerahku juga ada api alami Bu

27 Jan
Balas

Salam kenal bu sri, Ibu saya dulu pernah ke Mrapen kira2 di tahun1965. Dan sering menceritakan kepada saya ketika kecil sebagai pengganti dongeng sebelum tidur. Tapi sampai Ibu tiada saya belum juga sempat kesana. I hope soon..

27 Jan
Balas

wisata ke mrapen mbak,mampir ditempatku.

27 Jan
Balas



search

New Post