Sri Suwarni

SRI SUWARNI Lahir di Kab.Semarang, profesi sebagai Guru SD sejak tahun 1984. Lulus D2 di IKIP Negeri Semarang, S1 di UNDARIS, S2 di STIEPARI Semarang. Se...

Selengkapnya
Navigasi Web
PRESENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) TANTANGAN HARI KE 13
Presentasi PTK

PRESENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) TANTANGAN HARI KE 13

PRESENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Tantangan hari ke 13

Sri Suwarni,S.Pd.M.Si

Mulai tahun 2015 siapa saja yang akan naik tingkat harus membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ataupun Penelitian Tindakan sekolah (PTS).Pengajuan berkas untuk naik pangkat ke tingkat yang lebih tinggi diharuskan masing-masing guru membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah dan harus dipresentasikan dengan peserta seminar. Batas minimal dipresentasikan dengan jumlah peserta lima belas orang atau minimal tiga sekolahan.Waktu itu para guru dibuat bingung dengan adanya harus membuat Penelitian Tindakan Kelas(PTK) ataupun Penelitian Tindakan sekolah (PTS),karena hal baru harus mulai dari mana ini dalam membuat Penelitian.Jelas yang mau naik tingkat mulai dari golongan III/d ke IV/a harus membuat dua Penelitian Tindakan Kelas,dari IV/a Ke IV/b harus membuat tiga Penelitian Tindakan Kelas,ini betul - betul membuat nyali para guru menciut dan tidak akan maju untuk naik tingkat berikutnya.

Dalam beberapa waktu,dan dalam keputusasaan para guru yang akan mentok digolongan IV/a,akhirnya ada solusi,dimana-mana ada pelatihan membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) maupun Penelitian Tindakan sekolah (PTS).Alhamdulillah ada penerang atau petunjuk bagi para guru yang mau mengajukan kenaikan pengkat.Diantaranya saya pribadi,mengikuti tata cara pembuatan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) di SMK Tengaran yang di pandu dari Dosen UNNES,dan mengikuti pelatihan di SMPN 02 Susukan.Dari inilah saya berlatih untuk mencoba membuat Penelitian Tindakan Kelas(PTK).dalam pembuatan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) awalnya menentukan judul,mencari referensi,mencari masalah yang ada di sekolahan,membuat sistematika Penelitian Tindakan Kelas (PTK),dengan berulang-ulang saya konsep,setelah jadi saya ketik,diprin dan saya jilid.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sudah jadi,dalam diri sendiri bergumam bagaimana besuk waktu presentasi ya,kira-kira apa bisa saya?bertanya pada diri sendiri,berani tidak ya? kemudian ada teman yang menyuport ayo Bu,dicoba,harus berani,nanti ada pengalaman,yang akhirnya saya mengiyakan saran teman,dan Bismillah semoga bisa.Pada hari sabtu tanggal lima belas Febriari saya dan empat teman dijadwalkan mempresentasikan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) masing -masing yang akan dihadiri Ibu Kepala Dinas Ibu Dewi Praminingsih besrta Bapak Kabid PTK,dan Bapak Kabid Pendidikan Dasar Bapak Adi Prasetya besrta TIM Penilai PAK Kabupaten.

Dari UPTD Pendidikan Kecamatan Susukan nama waktu itu Presentasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di MTSN Susukan,kami berlima diundi dalam mempresentasikan penelitian Tindakan Kelas(PTK)nya,kebetulan saya mendapat urutan no 4,alhamdulillah waktu saya mempresentasikan PTK Ibu Kepala Dinas pendidikan Kabupaten beserta rombongan pas rawuh yang akhirnya saya mendapat saran dan koreksi dari TIM Penilai PAK secara langsung.Saran dari TIM PAK itulah yang menghantarkan saya untuk maju naik tingkat ke golongan IV/b bisa lancar,terima kasih Ibu Bapak atas sarannya,betul-betul manfaat bagi saya dan teman-teman yang mempresentasikan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Alhamdulillah presentasi yang membawa berkah,yang menghantarkan saya bisa naik tingkat ke golongan IV/b,ini pengalaman yang tidak akan terlupakan,terima kasih ya Allah,terima kasih semuanya.Presentasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pertama yang membawa keberkahan,semoga Allah selalu meridhoi...Aamiiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses bu. Salam kenal dari Babel

29 Jan
Balas

Good Luck

27 Jan
Balas

semoga dilancarkan kenaikan tingkatnya Bu

27 Jan
Balas

Aamiin trm ksh doanya mbak Ririn,semoga panjenengan juga dilancarkan naik tingkatnya,

27 Jan
Balas

Terima kadih mbak Fauziah dan mas Danang

27 Jan
Balas

Terima kasih mbak Fauziah dan mas Danang

27 Jan
Balas

Sukses bu

27 Jan
Balas



search

New Post