SRI WAHYUNI

Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 22 Batanghari, Jambi. Mengajar sejak 1 Desember 1995....

Selengkapnya
Navigasi Web
PINK NAN MENAWAN, FAIRY LILY
Bunga Bawang (Fairy Lily)

PINK NAN MENAWAN, FAIRY LILY

“Wah…cantik sekali halaman sekolah kita bu,” kata Bu Siti, seorang guru Bahasa Inggris di sekolahku sambil menunjuk halaman sekolah yang dipenuhi bunga pink dengan enam buah kelopaknya.

“Iya Bu. Dari sekian banyak tanaman bunga sekolah kita yang bisa bertahan walaupun terendam banjir adalah bunga ini,” Kataku kepada Bu Siti.

“Namanya bunga apa ya Bu? Cantik sekali bunganya berwarna pink,” kata Bu Siti masih terus mengagumi bunga pink yang sedang mekar di halaman depan sekolah.

“Kalau saya mengenalnya dengan sebutan bunga bawang, karena bunga ini memiliki umbi seperti bawang merah,” jawabku.

“Tapi ada juga yang menyebutnya bunga lily hujan (Fairy lily/Zepyranthes). Warnanya pun banyak jenisnya, pink, putih dan kuning. Kebetulan di sekolah kita hanya ada warna pink” lanjutku lagi.

Ya, bunga bawang atau bunga lily hujan ini adalah bunga yang tetap mampu bertahan di lingkungan sekolahku walau keadaan banjir merendamnya begitu lama. Jika banjir sudah mulai mengenangi halaman sekolah, biasanya penjaga sekolah dibantu guru-guru akan segera menyelamatkan tanaman yang ditanam dalam pot bunga. Namun ini tidak terjadi pada bunga bawang (bunga lily hujan) yang ditanam langsung di tanah halaman sekolah.

Sekolah tempatku bertugas, SMPN 22 Batanghari adalah sebuah sekolah yang berbentuk panggung. Hal ini sesuai dengan letak sekolah yang agak rendah atau berada di daerah cekungan sehingga rawan banjir bila musim penghujan tiba. Jika banjir sudah menggenangi halaman sekolah, maka taman sekolah menjadi rusak. Kami harus berbenah menanam kembali halaman sekolah jika banjir berlalu. Hal ini sudah jadi agenda sekolah kami.

Awalnya ketika banjir sudah mulai surut, tanaman bunga dan rumput hijau berubah menjadi hitam dan membusuk. Kami guru-guru dan tenaga administrasi sekolah membersihkan taman yang rusak tersebut. Biasanya kegiatan ini langsung diikuti dengan kegiatan menanam kembali.

Bunga bawang atau bunga lily hujan ketika terendam banjir, daun-daunnya juga mati membusuk. Kami tidak perlu menanam bunga ini kembali, asalkan masih ada umbinya di dalam tanah. Ya, bunga bawang (bunga lily hujan) ini adalah salah satu tanaman hias jenis umbu atau dari spesies bawang-bawangan yang sangat mudah ditanam dan tergolong jenis yang rajin berbunga.

Bunga bawang atau bunga lily hujan ini akan terus berbunga jika ia cukup air dan cukup sinar matahari. Bila musim hujan, bunganya akan bertambah banyak. Mungkin itulah sebabnya ada yang menamakannya bunga lily hujan (fairy lily). Bagi yang menamakannya bunga bawang-bawangan karena bunga ini memiliki umbi seperti bawang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Cantik tenan, saya jatuh hari padanya, boleh minta bibirnya Ibu Cantik? Salam literasi

25 Sep
Balas

Bibitnya, bukan bibirnya, jadi malu pula saya, efek jari jempol semua ni, he he

25 Sep



search

New Post